Arti Ping, VC, TC, PC, PM, di Whatsapp

Taukah kamu, jika aplikasi messenger yang sedang kamu gunakan tersebut, kini memiliki pengguna yang semakin banyak.

Bahkan aplikasi ini, menempati urutan pertama aplikasi messenger dalam hal jumlah pengguna.

Akan tetapi, menurut fakta menyebutkan jika sebagian besar pengguna Whatsapp belum mengetahui tentang istilah-istilah yang kerap digunakan pada Whatsapp.

Istilah-istilah di Whatsapp

Dalam penggunaan Whatsapp masa kini, terdapat beberapa istilah yang sering digunakan. Biasanya istilah-istlah tersebut sering digunakan di kalangan, pelajar, pekerja, hingga pengusaha.

Jadi untuk mempermudah kamu ketika sedang chating menggunakan Whatsapp, berikut istilah-istilah yang perlu kamu ketahui:

1. Ping

Mungkin bagi kamu yang pernah menggunakan aplikasi BBM, sudah tidak asing lagi dengan kata ping. Nah, istilah ping sendiri biasanya digunakan untuk mengecek apakah kontak yang dituju sedang aktif atau tidak.

Jika pada aplikasi BBM sudah ada fitur untuk mengirimkan ping secara otomatis, maka berbeda dengan Whatsapp yang harus kamu tuliskan secara manual. Pada umumnya, ping hanya digunakan untuk obrolan pribadi saja bukan pada grup.

Mengenai pencekan jaringan, saya kasih tahu sedikit jika kamu bisa menggunakan ping 8.8.8.8.

Arti ping 8.8.8.8 ialah cara untuk mengecek kecepatan internet menggunakan CMD atau Command Propmt menuju ke alamat DNS yang diinginkan dengan cara berikut:

  • Buka web browser yang ada pada HP kamu.
  • Setelah itu, tulislah ping 8.8.8.8 di kolom URL.
  • Nantinya, kamu akan menerima balasan yang berisikan tentang kecepatan koneksi internet dan juga koneksi dari dua perangkat yang terhubung

Akan tetapi, penggunaan dari kata ping ini kerap dianggap kurang sopan karena menggantikan kata salam ketika hendak melakukan obrolan.

2. PM

Ya, arti PM sendiri adalah pesan pribadi yang berasal dari bahasa Inggris Private Message. Namun, biasanya PM tersebut lebih sering digunakan dalam hal yang bersifat formal.

Misalnya saja ketika kamu sedang melakukan bisnis ataupun jual beli melalui sosial media.

Maka dari itu, kamu tidak usah heran ketika sering melihat kata PM ini pada grup jual beli di dalam Whatsapp. Itu artinya, orang tersebut ingin mengajak kamu untuk berunding secara pribadi di luar grup.

3. VC

Selain arti PC TC Whatsapp, kamu juga perlu tahu tentang arti VC. Istilah VC ini sering digunakan untuk meminta kontak yang dituju agar melakukan panggilan suara. Arti VC sendiri adalah singkatan dari kata Voice Call.

Akan tetapi, ternyata VC tidak hanya digunakan untuk istilah Voice Call saja loh. VC juga bisa diartikan sebagai singkatan dari Video Call untuk mempersingkatnya.

Namun jika kamu bingung, maka kamu perlu menuliskan Voice Call ataupun Video Call secara lengkap.

4. PC

Dalam Whatsapp sendiri, arti PC adalah Personal Chat yang berasal dari bahasa Inggris dari kata percakapan pribadi. Terkadang kata PC ini juga sering diartikan sebagai Private Chat yang berarti sama, yakni percakapan pribadi.

Ciri khusus dari PC ini adalah sebuah percakapan yang hanya dilakukan oleh dua orang saja.

Ketika ada seseorang yang mengajak kamu untuk melakukan PC, maka berarti orang tersebut ingin mengajak kamu agar melakukan percakapan secara pribadi di luar grup.

5. P

Pastinya kamu sudah pernah menerima pesan dari temanmu melalui Whatsapp yang hanya berupa huruf P saja.

Penggunaan dari huruf P tersebut seperti halnya Ping, karena banyak orang yang telah menanggap huruf P sendiri sebagai singkatan dari kata Ping.

Sama seperti kata Ping, huruf P juga sering digunakan untuk mengecek apakah kontak yang kamu kirim pesan sedang aktif atau tidak. Selain itu, huruf P ini juga kerap digunakan untuk mengetes jaringan yang sedang digunakan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kamu sebelum mengirim huruf P ini sebagai berikut:

  • Jangan kirim kata P pada sembarang kontak, terutama pada orang yang lebih tua.
  • Kata P ini hanya dapat kamu kirim pada teman saja, bahkan teman akrab.
  • Jangan terlalu sering menggunakan huruf P.

Namun hal perlu kamu ketahui jika penggunaan dari kata Ping sering dianggap tidak sopan, apalagi dengan penggunaan huruf P saja.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui dan memahami siapa orang atau kontak yang Kamu kirimi pesan P tersebut.

6. TC

Untuk kamu yang sudah sering menggunakan Whatsapp, pastinya sudah tidak asing dengan istiah TC. Arti TC sendiri adalah dua loh Guys. Yang pertama adalah Test Chat yang berarti pesan yang bertujuan untuk mengetes.

Sedangkan yang kedua yaitu Test Contact yang berarti mengetes kontak yang dituju. Tujuan keduanya adalah untuk melakukan pengecekan apakah kontak Whatsapp yang dituju sedang aktif atau tidak.

Jika kamu mengirim pesan TC pada temanmu dan ia langsung menjawab atau pesan yang dikirim bertanda dua centang, maka kontak tersebut masih aktif. Tapi hanya centang satu saja, maka bisa dipastikan nomor WA tersebut sdah tidak aktif.

7. Available

Berbeda dengan beberapa istliah yang ada pada aplikasi Whatsapp yang sebelumnya, kata Available ini terletak pada status di kontak Whatsapp.

Tentunya kamu sudah tahu jika Available merupakan bahasa Inggris dari kata Tersedia.

Hal ini berarti, kontak dengan status Available tersebut tetap tersedia untuk menerima pesan ketika dalam keadaan online maupun offline. Jadi tidak perlu khawatir untuk mengirim pesan, karena orang tersebut memang tersedia.

8. Busy

Selain kata Available, tentu kamu juga sering melihat kontak Whatsapp temanmu dengan status Busy.

Ya, jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, Busy artinya sibuk. Jadi, kontak Whatsapp temanmu yang menggunakan status Busy ini benar-benar tidak bisa diganggu.

9. Di Sekolah, Di Kantor, atau Di Bioskop

Ketika kamu sedang memilih status pada Whatsapp yang digunakan, maka kamu akan melihat beberapa status bawaan seperti Di Sekolah, Di Kantor, Di Bioskop, ataupun yang lainnya.

Pastinya kamu sudah tahu jika di tempat-tempat tersebut tidak boleh mengaktifkan ponsel.

Untuk itu, beberapa status itu mengisyaratkan agar orang lain tidak mengganggu kegiatan yang dilakukan. Jangan salahkan kontak yang kamu kirim tidak segera menjawab, karena mereka sudah mengisyaratkan jika sedang dibuk.

Kesimpulan

Dari arti Ping, VC, TC, PC, PM, di Whatsapp yang sudah dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa beberapa istilah tersebut hanyalah singkatan dari perintah bahasa Inggris untuk melakukan berbagai hal di Whatsapp.

Sedangkan untuk Available, Busy, dan yang lainnya, merupakan status yang mengisyaratkan keadaan dari kontak tersebut.

Jika kamu sudah mengetahui dan memahami arti PC TC Whatsapp dan beberapa istilah yang ada di aplikasi Whatsapp, ini maka kamu tidak akan bingung lagi dengan apa yang harus dilakukan.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^