Cara Atasi Masalah Autentifikasi WiFi HP Android

Untuk menyambungkan HP ke jaringan WiFi tentunya harus menggunakan password sebagai autentifikasi atau pembuktian ketika ingin mengakses sebuah sistem.

Walaupun biasanya hanya dengan mengetahui password proses autentifikasi sudah berhasil, namun tidak jarang juga terdapat masalah autentifikasi WiFI.

Ciri-ciri dari autentifikasi WiFi yang bermasalah adalah terkadang WiFi bisa tersambung dan kadang-kadang juga tidak.

Oleh karena itu kamu harus tahu cara atasi masalah autentifikasi WiFi HP android.

Penyebab Error Autentifikasi Wifi di HP Android

Ada beberapa penyebab munculnya pesan autentifikasi WiFi bermasalah, mulai dari sistem yang bermasalah, pengaturan WiFi yang kurang tepat, hingga kerusakan pada komponen HP.

Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Password WiFi yang Salah

Proses autentifikasi WiFi yang gagal mungkin saja disebabkan karena kamu memasukan password WiFi yang salah.

Karakter password WiFi yang kamu ketik mungkin berbeda dengan password yang sudah di-setting oleh user, entah karena perbedaan huruf atau angka.

2. Password WiFi yang Berbeda

Kalau kamu sudah pernah terhubung ke suatu jaringan WiFi dan ketika ingin menghubungkan kembali malah autentifikasinya gagal, artinya password yang tersimpan di dalam perangkat HP berbeda dengan yang di-setting pada router.

Biasanya hal ini disebabkan karena password jaringan WiFi tersebut sudah diganti oleh user atau pemilik jaringan WiFi.

3. HP yang Terblokir oleh Router

Perangkat HP yang nggak bisa terkoneksi ke jaringan WiFi tertentu bisa jadi karena perangkat HP yang digunakan sudah di blokir oleh router.

Router sendiri memang memiliki fitur untuk melakukan blocking kepada beberapa perangkat yang tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan.

4. Akses Jaringan WiFi Dibatasi

User atau pemilik dari jaringan WiFi juga bisa membatasi jumlah perangkat yang dapat menggunakan jaringan WiFi nya.

Jadi kalau perangkat yang kamu gunakan nggak bisa terkoneksi ke suatu jaringan WiFi, artinya pengguna jaringan WiFi tersebut sudah memenuhi kuota.

5. Sistem Operasi Android yang Error

Sistem yang mengalami bug atau error bisa menyebabkan proses autentifikasi WiFi selalu gagal walaupun sudah memasukan password WiFi yang benar.

Sistem yang mengalami bug atau error bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti file cache yang sudah terlalu penuh atau perangkat HP yang sudah terlalu lama tidak di restart.

Cara Mengatasi Error Autentifikasi WiFi di HP Android

Munculnya pesan error saat proses autentifikasi WiFi bisa terjadi di semua tipe dan merk HP android, Jadi penting bagi kamu untuk perlu memahami cara atasi masalah autentifikasi WiFi di HP android.

Caranya cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri dimana saja tanpa bantuan ahli profesional.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah autentifikasi WiFi di HP android:

1. Forget Network

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur forget network atau lupakan jaringan.

Cara ini digunakan kalau penyebabnya adalah password jaringan WiFi sudah berubah dan nggak sama dengan password yang sudah tersimpan di dalam pengaturan HP.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur forget network:

  • Buka menu pengaturan/setelan pada HP yang kamu gunakan lalu masuk ke menu WiFi.
  • Disana kamu bisa memilih jaringan WiFi yang ingin digunakan lalu pilih opsi “Forget”.
  • Setelah jaringan WiFi tersebut berhasil terhapus, kamu bisa masuk ke pengaturan WiFi lalu kembali memasukan password yang benar pada jaringan WiFi tersebut.

2. Restart HP

Dengan melakukan restart, sistem akan kembali menjadi fresh dan data sistem yang mengalami error akan menghilang secara otomatis.

Kamu pun juga bisa melepas beberapa komponen seperti baterai atau SIM card dan diamkan hingga beberapa saat.

Lalu setelah itu kamu bisa menyalakan kembali dan mengecek apakah jaringan WiFi yang ingin kamu gunakan sudah bisa tersambung ke perangkat atau masih belum.

3. Factory Reset

Factory reset berfungsi untuk mengembalikan sistem pada perangkat HP kamu menjadi setelan bawaan pabrik. Jadi semua data sistem yang sebelumnya terinstall di perangkat HP akan dihapus, termasuk data yang menyebabkan sistem menjadi error.

Namun untuk melakukan factory reset, kamu harus melakukan backup terhadap data-data yang sekiranya penting agar data tersebut tidak ikut terhapus ketika proses factory reset berjalan.

Adapun untuk melakukan factory reset, kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut:

  • Buka menu pengaturan pada HP lalu pilih opsi “Cadangkan dan Setel Ulang”.
  • Setelah itu pilih opsi “Kembalikan ke Setelan Pabrik” dan tunggu hingga proses factory reset berhasil.

4. Airplane Mode Beberapa Saat

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah autentifikasi WiFi pada HP android adalah dengan mengaktifkan fitur airplane mode beberapa saat.

Kamu perlu menggunakan cara ini agar sistem HP melakukan refresh untuk menghubungkan jaringan WiFi yang sebelumnya sudah pernah terhubung.

5. Reset Pengaturan Pada Jaringan

Kamu juga bisa mereset pengaturan jaringan untuk mengatasi masalah autentifikasi WiFi yang gagal pada HP.

Untuk menggunakan cara ini, kamu perlu masuk ke menu pengaturan lalu memilih opsi “Manajemen umum”.

Setelah masuk ke halaman “Manajemen umum” Kamu bisa memilih opsi “Reset” lalu pada bagian reset pilih opsi “Reset pengaturan jaringan” dan selesai, jaringan akan otomatis melakukan reset.

6. Update OS

Operasi sistem (OS) yang nggak pernah di update tentunya akan mempengaruhi sistem kerja dari seluruh fitur di dalam HP, tidak terkecuali fitur WiFi.

Oleh karena itu, kamu harus secara rutin melakukan update operasi sistem agar semua fitur dapat bekerja dengan baik, terutama fitur untuk mendeteksi jaringan WiFi.

7. Pastikan Mac Address Tidak Diblokir

User pada sebuah jaringan WiFi dapat memblokir Mac Address perangkat HP android yang tersambung dengan jaringan WiFi tersebut.

Jadi kamu harus memastikan kalau Mac address perangkat yang Kamu gunakan sedang tidak di blokir agar dapat menggunakan jaringan WiFi tersebut.

8. Panggil Provider WiFi Anda

Cara yang terakhir adalah dengan memanggil provider jaringan WiFi yang kamu gunakan.

Cara ini bisa kamu gunakan kalau jaringan WiFi mengalami gangguan dari provider nya langsung. kamu bisa menggunakan call center untuk mendapatkan informasi terkait gangguan tersebut.

Kesimpulan

Perangkat HP yang tidak bisa terkoneksi dengan jaringan WiFi tentunya cukup merepotkan, terlebih kalau digunakan untuk urusan pekerjaan.

Cara-cara di atas terbukti efektif dapat mengatasi masalah autentifikasi WiFi pada HP android dengan mudah dan cepat.