Pada umumnya, jenis baterai HP yang banyak terdapat di pasaran adalah baterai yang dapat dilepas atau removable battery dan baterai tanam atau non-removable battery.

Namun banyak HP keluaran terbaru lebih memilih menggunakan baterai tanam karena beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Tapi baterai tanam pun memiliki beberapa kekurangan ketika pemakaiannya, salah satunya adalah kalau terjadi kerusakan pada baterai tersebut.

Bisakah baterai tanam HP diganti? Jawabannya adalah bisa, namun Kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan benar-benar sudah ahli melakukannya.

Apa Baterai Tanam Bisa Diganti?

Banyak orang awam yang masih berpikir kalau HP dengan tipe baterai tanam kalau mengalami kerusakan sudah nggak bisa diganti lagi sehingga masih banyak yang ragu untuk menggunakan HP android tipe baterai tanam.

Padahal produsen HP tersebut membuat HP dengan baterai tipe tanam karena memiliki beberapa kelebihan yang nggak dimiliki oleh HP dengan tipe baterai yang dapat dilepas.

Apakah baterai tanam bisa diganti? Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya, baterai tanam tetap dapat diganti kalau mengalami kerusakan namun harus menyiapkan beberapa peralatan.

Tentunya Kamu harus hati-hati dan juga sudah ahli kalau ingin membuka dan mengganti komponen baterai tanam karena kalau terjadi kesalahan bisa saja akan merusak komponen lainnya yang ada di dalam HP tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Baterai Tanam HP

Sebelum Kamu mengganti baterai tanam yang terdapat di dalam HP, Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Selain menyiapkan beberapa peralatan untuk membongkar HP, Kamu juga harus memperhatikan kondisi dari HP tersebut.

  • Hal pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan memeriksa kondisi fisik dari baterai tersebut.
  • Kalau pada fisik baterai tersebut terdapat korosi yang ditandai dengan logam yang menjadi berwarna putih atau hijau.
  • Kalau hal itu terdapat pada baterai tersebut, artinya baterai yang Kamu gunakan memang harus diganti.

Selain melihat tanda korosi, Kamu juga memeriksa permukaan baterai apakah menjadi membengkak atau menggelembung.

Baterai yang permukaannya sudah membengkak artinya baterai sudah bocor dan memang harus dilakukan penggantian.

Cara Mengganti Baterai Tanam

Kalau ingin mudah dan simpel, Kamu sebenarnya bisa membawa HP yang ingin diganti baterainya langsung ke service center.

Namun tentunya kalau dibawa ke service center Kamu perlu mengeluarkan biaya jasa penggantiannya kalau masa garansi sudah nggak berlaku.

Maka dari itu, disini saja akan menjelaskan cara mengganti baterai tanam yang bisa Kamu lakukan sendiri.

#1. Persiapan

Untuk mengganti baterai tanam sendiri, Kamu harus menyiapkan beberapa peralatan yang akan membantu untuk melepas beberapa komponen yang terdapat di dalam HP.

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk dapat melepas dan mengganti baterai tanam dari HP android.

  • Baterai Baru: Baterai baru yang ingin dipasang tentunya harus sesuai dengan spesifikasi dari HP tersebut. Untuk cara gampangnya, Kamu bisa menyesuaikan baterai dengan tipe HP yang ingin digunakan.

Saya pun menyarankan untuk menggunakan baterai yang original karena memiliki daya tahan yang cukup lama dan masa pemakaian yang cukup awet.

  • SIM Card Ejector: Kamu juga harus menyiapkan SIM card ejector untuk membuka SIM tray yang terdapat di dalam HP. Kalau nggak punya SIM card ejector, Kamu bisa pakai barang lainnya seperti jarum atau peniti yang cocok untuk membuka SIM tray pada HP.
  • Obeng: Karena akan membuka casing dan beberapa komponen yang ada di dalam HP, tentunya Kamu membutuhkan obeng. Kamu bisa menggunakan obeng yang memiliki diameter sekitar 1.5 mm.
  • Spudger: Spudger adalah alat yang memiliki bentuk pipih dan berfungsi untuk membuka casing HP. Tapi kalau Kamu nggak punya alat ini, Kamu bisa menggunakan barang lainnya yang memiliki bentuk pipih dengan tekstur yang cukup keras untuk membuka casing HP.

#2. Langkah-langkah Mengganti Baterai Tanam

Kalau sudah menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk memahami langkah-langkah membuka HP untuk mengganti baterai tanam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan.

1. Membuka SIM Card Tray

Langkah pertama setelah mempersiapkan peralatan adalah dengan membuka SIM card tray pada HP yang digunakan. Saya rasa sebagian besar pengguna HP sudah mengerti cara membuka SIM card tray di dalam HP.

Kamu bisa mencolokan SIM ejector pada lubang SIM card tray sehingga nantinya akan keluar dengan sendirinya.

2. Membuka Casing Belakang HP

Langkah selanjutnya yang perlu Kamu lakukan untuk mengganti baterai tanam tentunya membuka casing bagian belakang HP. Gunakanlah spudger yang sudah disiapkan untuk membuka casing dengan mencongkelnya.

Lalu Kamu bisa menyisir seluruh bagian casing belakang hingga casing tersebut berhasil terbuka dengan sempurna.

3. Melepas Konektor Baterai

Setelah membuka SIM card tray dan casing belakang HP, langkah selanjutnya adalah Kamu harus melepas konektor baterai.

Konektor baterai sendiri berfungsi sebagai alat untuk mendistribusikan aliran listrik dari baterai ke seluruh komponen yang terdapat pada HP.

Untuk melepas konektor baterai butuh ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi agar nggak sampai merusak konektor baterai.

Kalau konektor baterai rusak, walaupun baterai sudah diganti tentunya HP nggak bakal bisa melakukan pengisian daya.

Kamu bisa menggunakan prying tool atau spudger untuk mencongkel konektor baterai tersebut.

4. Membongkar Modul Loudspeaker

Agar lebih mudah untuk membuka baterai tanam, Kamu juga harus membongkar modul loudspeaker dengan obeng yang sudah disiapkan sebelumnya.

Modul loudspeaker terpasang dengan 6 buah sekrup philips yang harus Kamu lepaskan semuanya agar bisa dibongkar.

Setelah sekrup berhasil dilepas, Kamu bisa menggunakan spudger atau prying tool untuk mencongkel modul loudspeaker dari posisinya.

Kamu tentunya juga harus berhati-hati untuk membongkar modul loudspeaker ini karena terdapat komponen lainnya yang berada di dekatnya yang kalau mengalami kerusakan tentu akan membahayakan kondisi HP.

5. Melepas Baterai

Setelah melakukan beberapa langkah diatas, barulah Kamu bisa melepas baterai tanam yang terdapat pada HP tersebut.

Langkah awal untuk melepas baterai adalah dengan melepas perekatnya terlebih dahulu dengan menariknya secara perlahan supaya nggak sampai terpelintir atau putus.

Untuk mencongkel baterai dari posisinya, Kamu bisa menggunakan kartu tipis dengan tekstur yang kuat agar dapat mengeluarkan dari perekatnya.

Setelah baterai berhasil terlepas, Kamu bisa memasang baterai baru yang sudah disiapkan dengan cara-cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Merawat Baterai Tanam

Setelah menjawab apakah baterai tanam handphone bisa diganti, Kamu juga harus memahami cara merawat baterai tanam tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat baterai tanam agar tetap awet.

  1. Gunakanlah charger yang sesuai dengan spesifikasi dan tipe dari HP yang digunakan, lebih baik menggunakan charger original bawaan pabrik HP tersebut.
  2. Hindari pemakaian baterai sampai mati. Kalau hal tersebut dilakukan berulang kali kemungkinan umur baterai akan semakin pendek (Bisa membuat HP mati sendiri).
  3. Diusahakan untuk tidak menempatkan perangkat HP di suhu udara yang terlalu panas agar suhu baterai tetap terjaga.

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas, tentunya dapat menjawab pertanyaan apa baterai tanam bisa diganti. Cara-cara tersebut dapat digunakan untuk semua merk perangkat android seperti Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi dan masih banyak lagi.

Jangan lupa cek juga solusi ketika HP baterai tanam hang.

Author

Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^

Write A Comment