WiFi tidak hanya dapat digunakan di tempat keramaian atau instansi saja, saat ini jaringan WiFi sudah menjadi keharusan bagi setiap rumah untuk memilikinya.

Tentunya jaringan WiFi harus memiliki sinyal yang kuat agar penggunanya dapat dapat menikmati jaringan internet dengan nyaman tanpa perlu menunggu proses loading yang terlalu lama.

Namun seringkali jaringan WiFi yang digunakan terlalu lemot dan hal tersebut tentu sangat merepotkan.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi windows 10 yang bisa Kamu gunakan.

Penyebab Sinyal Wifi Tidak Terdeteksi di Windows 10

Sinyal Wifi Tidak Terdeteksi di Windows 10

Sebelum mengetahui cara mempercepat sinyal WiFi pada laptop windows 10, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai penyebab sinyal WiFi yang tidak terdeteksi.

Dengan mengetahui penyebabnya, Kamu bisa menggunakan cara yang tepat agar sinyal WiFi yang tersambung menjadi semakin kuat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sinyal WiFi yang tidak terdeteksi di laptop/PC.

1. Versi Router Terlalu Tua

Router dengan versi yang sudah tua tentunya akan sulit memancarkan sinyal WiFi karena komponen-komponennya yang sudah terlalu lama digunakan.

Kamu perlu mengganti router dengan versi terbaru agar sinyal WiFi yang dipancarkan menjadi lebih kuat. Komponen-komponen pada router versi terbaru akan membuat sinyal WiFi bekerja secara optimal.

2. Koneksi WiFi yang Kurang Stabil

Penyebab sinyal WiFi yang tidak terdeteksi oleh perangkat laptop/PC bisa jadi karena koneksi dari jaringan WiFi tersebut kurang stabil.

Masalah ini bisa jadi karena letak perangkat Kamu yang terlalu jauh dari router atau bisa jadi karena lokasi router yang tidak terjangkau oleh sinyal dari provider yang Kamu gunakan.

3. Driver WiFi yang Tidak Terbaca

Jika router yang Kamu gunakan sudah versi terbaru dan koneksi yang dihasilkan stabil, bisa jadi penyebab sinyal WiFi yang tidak terdeteksi karena driver WiFi yang Kamu pakai tidak dapat terbaca.

Driver WiFi adalah komponen yang sangat penting penggunaanya di perangkat laptop/PC karena fungsinya yang dapat menangkap sinyal WiFi untuk disambungkan ke perangkat.

4. Provider yang Digunakan Mengalami Gangguan

Penyebab sinyal WiFi yang tidak terdeteksi oleh perangkat bisa jadi juga karena provider WiFi yang Kamu gunakan sedang mengalami gangguan.

Gangguan pada provider bisa jadi karena jaringan sedang mengalami perbaikan atau traffic yang terlalu ramai pada jaringan.

Kamu bisa menanyakan informasi tentang gangguan tersebut pada user provider yang bersangkutan.

Melihat Password WiFi di Windows 10. Pernah Coba?

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Windows 10

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari sinyal WiFi yang tidak terdeteksi, sekarang Saya akan menjelaskan tentang cara menguatkan sinyal WiFi yang tersambung dengan perangkat yang Kamu gunakan.

Berikut ini adalah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi pada laptop dengan sistem operasi windows 10.

Kamu Harus Tahu Juga Cara Sharing Data Lewat WiFi

1. Mengganti Wireless Card Laptop/PC

Wireless Card

Cara pertama yang bisa Kamu pakai untuk memperkuat sinyal WiFi adalah dengan mengganti wireless card di laptop/PC dengan teknologi wireless yang lebih mutakhir.

Saat ini sudah ada 5 jenis teknologi wireless yang dapat berfungsi sebagai penguat sinyal WiFi, yaitu wireless A, B, G, N, dan AC.

Jika dilihat dari kecepatan yang dihasilkan, teknologi wireless jenis N dan AC lebih dapat menghasilkan kecepatan yang lebih Cepat dibandingkan teknologi wireless jenis A, B, dan G.

Apalagi kalau Kamu menggunakan wireless N dan AC sebagai router, maka sinyal WiFi yang dihasilkan akan semakin kuat.

2. Posisi Modem/Router Harus Ideal

 Posisi Modem/Router Harus Ideal

Memilih lokasi modem/router juga dapat berpengaruh kepada sinyal yang dihasilkannya.

Hal tersebut karena sinyal WiFi merambat melalui media udara yang maka dari itu penghalang antara router dan perangkat harus diminimalisir.

Minimnya penghalang antara router dan perangkat akan membuat sinyal akan lebih kuat dan lebih mudah diterima oleh perangkat laptop/PC.

Lebih baik Kamu meletakan router pada tempat yang tidak jauh dari lokasi perangkat laptop/PC yang akan digunakan.

Semakin dekat router dengan laptop/PC yang Kamu pakai akan mempercepat WiFi yang tersambung ke perangkat.

3. Bantuan Aplikasi InSSIDer

Bantuan Aplikasi InSSIDer

Cara memperkuat sinyal WiFi pada windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi InSSIDer.

Dengan menggunakan aplikasi ini Kamu bisa melihat jaringan WiFi yang tidak banyak digunakan oleh orang-orang.

Jaringan WiFi yang tidak memiliki banyak pengguna tentu memiliki kualitas sinyal yang lebih kuat dibandingkan jaringan WiFi yang memiliki banyak pengguna.

4. Jangan Banyak Perangkat Elektronik Dekat Router/Modem

Jangan Banyak Perangkat Elektronik Dekat Router/Modem

Banyak orang yang belum mengetahui fakta bahwa alat elektronik lain di sekitar router dapat mempengaruhi sinyal WiFi yang dipancarkan.

Banyaknya alat elektronik di sekitar router dapat membuat sinyal WiFi yang dihasilkan menjadi lebih lemot yang tentunya sangat mengganggu ketika pemakaiannya.

Maka dari itu Kamu perlu menjauhkan barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas, atau barang-barang elektronik lainnya dari router agar sinyal WiFi yang dihasilkan dapat optimal.

5. Mengontrol Aplikasi yang Menyedot Bandwith Lebih Boros

Quality of Service
www.pcworld.com

Beberapa aplikasi yang terpasang di perangkat laptop/PC biasanya menyedot bandwith yang cukup tinggi jika terhubung dengan koneksi WiFi.

Hal ini dapat membuat koneksi WiFi menjadi lebih lambat jika digunakan untuk melakukan browsing.

Maka dari itu Kamu perlu mengatur Quality of Service (QoS) di router agar dapat mengontrol penggunaan bandwidth pada aplikasi tertentu.

6. Bantuan Aplikasi DD-WRT Firmware

DD-WRT Firmware

Aplikasi DD-WRT Firmware adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan hack pada router agar kekuatan sinyal WiFi yang dihasilkan dapat lebih tinggi.

Dengan menggunakan aplikasi ini di perangkat laptop/PC, sinyal WiFi yang dihasilkan dapat bertambah 2 kali lipat yang tentunya sangat berguna bagi Kamu.

Aplikasi DD-WRT Firmware juga telah dilengkapi oleh opsi keamanan yang akan meningkatkan keamanan bagi router yang Kamu pakai.

7. Menggunakan WiFi Repeater

WiFi Repeater

WiFi repeater adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menerima dan menguatkan sinyal WiFi agar dapat digunakan walaupun jauh dari lokasi router utama.

Alat ini sangat berguna bagi Kamu yang memiliki router di lokasi yang berjauhan dengan perangkat komputer yang digunakan.

WiFi repeater sudah banyak terdapat di pasaran dengan berbagai merk dan kualitas yang terjamin.

8. Update Driver WiFi

Update Driver WiFi

Cara memperkuat sinyal WiFi windows 10 lainnya adalah dengan cara melakukan update driver WiFi di perangkat laptop/PC yang Kamu gunakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan update driver WiFi untuk menstabilkan dan memperkuat koneksi WiFi.

  • Langkah pertama yaitu membuka menu “Device Manager” di ikon windows atau langsung mencarinya di kolom search pada taskbar.
  • Kalau Kamu sudah membuka menu “Device Manager”, pilih menu “Network adapters” dan klik kanan pada driver WiFi yang digunakan lalu pilih opsi “Update device”.
  • Setelah itu Kamu bisa melakukan restart perangkat yang digunakan agar driver melakukan update secara sempurna.

9. Menggunakan Sistem WPA2 Terbaik

 Sistem WPA2

Dengan menggunakan sistem WPA2, jaringan WiFi yang Kamu gunakan akan terhindar dari masuknya pengguna lain pada jaringan tersebut tanpa Kamu sadari.

Sistem WPA2 adalah sistem keamanan terbaik yang membuat jaringan WiFi lebih susah untuk dibobol oleh pengguna lain.

10. Reboot Modem Rutin

Reboot Modem Rutin

Melakukan reboot pada modem/router secara rutin juga dapat digunakan sebagai cara memperkuat sinyal WiFi pada laptop windows 10.

Modem juga sama halnya seperti komputer, kinerjanya akan menjadi tidak optimal jika digunakan terlalu lama tanpa istirahat.

Maka dari itu, Kamu perlu menonaktifkan modem dan tunggu hingga sekitar 30 detik lalu coba nyalakan kembali.

Kamu bisa melakukannya secara manual dengan mencabut adapter dari modem tersebut atau dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi DD-WRT.

11. Menggunakan Bantuan Kaleng Bekas

Menggunakan Bantuan Kaleng Bekas

Mungkin cara terakhir untuk memperkuat sinyal WiFi ini adalah cara yang paling sederhana namun tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Kamu hanya perlu menggunakan potongan kaleng untuk meningkatkan sinyal WiFi pada router.

Kamu hanya perlu memotong bagian bawah dan bagian atas kaleng lalu potong bagian dalam menjadi terpisah menjadi 2 bagian.

Setelah itu Kamu bisa tempatkan pada antena router agar sinyal WiFi dapat mengarah ke satu tempat saja.

Kesimpulan

Semoga cara memperkuat sinyal WiFi windows 10 diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk meningkatkan koneksi WiFi yang Kamu gunakan.

Author

Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^

Write A Comment