Cara Mengatasi WiFi Tanda Silang Windows 10

Jika terdapat tanda silang pada ikon WiFi di perangkat laptop / PC yang kamu gunakan, itu artinya kamu nggak bisa tersambung ke jaringan WiFi tersebut.

Namun hal ini adalah masalah yang biasa terjadi bukan hanya pada Windows 10 saja, namun sering juga dialami pada Windows 7 maupun Windows 8.

Berikut cara mengatasinya:

Penyebab WiFi Tanda Silang di Windows 10

Penyebab WiFi Tanda Silang di Windows 10

Tanda silang yang muncul pada ikon WiFi kalau kamu biarkan tentu akan mengakibatkan perangkat yang Kamu gunakan nggak bisa terkoneksi dengan internet.

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya tanda silang pada jaringan WiFi di perangkat laptop / PC yang kamu gunakan:

#1. Kerusakan Driver

Masalah yang biasanya menjadi penyebab utama munculnya tanda silang pada jaringan WiFi adalah karena terjadi kerusakan pada driver yang digunakan.

Bahkan bukan cuma tanda silang, bisa juga muncul error lainnya, yang membuat komputer atau laptop jadi tidak bisa connect WiFi.

#2. Provider Gangguan

Provider WiFi yang sedang gangguan pun dapat membuat munculnya tanda silang pada perangkat laptop / PC yang kamu gunakan:

#3. Sinyal WiFi yang Terlalu Lemah

Tanda silang warna merah yang muncul pada ikon WiFi pun dapat disebabkan karena sinyal WiFi tersebut terlalu lemah hingga nggak bisa terkoneksi dengan perangkat yang kamu gunakan.

#4. Router atau Modem yang Sudah Tua

Bukan dari komputernya saja, perangkat router atau modem yang umurnya sudah tua dapat menyebabkan jaringan WiFi nggak bisa terkoneksi dengan perangkat yang kamu gunakan.

Biasanya tanda silang menandakan versi yang tidak kompatibel.

#5. Driver WiFi yang Tidak Terbaca

Driver WiFi yang tidak dapat terbaca oleh jaringan WiFi pun dapat menjadi penyebab jaringan WiFi menjadi muncul tanda silang berwarna merah.

Kalau WiFi kamu connect tapi tidak bisa browsing, baca ini

Cara Mengatasi WiFi Tanda Silang di Windows 10

Setelah mengetahui penyebab dari munculnya tanda silang pada WiFi, berikut beberapa cara untuk mengatasi WiFi tanda silang merah di windows 10:

1. Periksa, Apakah WiFi Benar-benar Menyala?

Periksa wifi

Kalau muncul tanda silang sebelum tersambung ke jaringan WiFi, coba cek kembali apakah router WiFi tersebut benar-benar sudah menyala.

Bisa jadi tanda silang yang muncul tersebut terjadi karena kamu belum mengaktifkan router.

Tentunya router yang dalam keadaan off nggak akan bisa menyalurkan jaringan WiFi walaupun sudah berulang kali dilakukan refresh pada laptop / PC.

2. Restart Laptop/PC

Restart-Sistem

Cara selanjutnya untuk mengatasi silang merah pada jaringan WiFi di perangkat laptop / PC adalah dengan melakukan restart perangkat yang digunakan.

Beberapa aplikasi seringkali melakukan update secara otomatis ketika tersambung ke jaringan WiFi. Dan proses tersebut dapat mengganggu jaringan WiFi hingga menyebabkan jaringan terputus.

Terlebih kalau perangkat yang kamu pakai sudah bekerja terlalu lama dan belum di-restart sekalipun. Tentu akan berpengaruh kepada beberapa komponen pendukung jaringan WiFi.

Untuk kamu yang mengalami WiFi limited, baca ini

3. Restart Modem WiFi

Restart Modem WiFi

Cara lainnya untuk untuk mengatasi WiFi tanda silang pada windows 10 adalah dengan melakukan restart modem WiFi.

Kamu dapat terlebih dahulu menonaktifkan jaringan WiFi pada modem atau router yang digunakan lalu tunggu hingga sekitar 10 detik dan coba nyalakan kembali.

Jika berhasil, ikon WiFi akan muncul kembali dan Kamu dapat mengakses internet seperti biasa.

4. Refresh WiFi dengan Cara “Forget Network”

Fprget wifi

Forget Network adalah salah satu fitur yang terdapat di setiap perangkat laptop / PC dan digunakan untuk membersihkan jaringan WiFi yang pernah tersambung di perangkat yang kamu gunakan.

Berikut ini adalah cara menggunakan fitur “Forget Network” di perangkat laptop / PC untuk mengatasi tanda silang di windows 10.

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke menu settings pada perangkat yang digunakan dan memilih opsi “Network & Internet”.
  2. Setelah jendela “Network & Internet” terbuka, Kamu bisa memilih opsi “Manage Wi-Fi settings” dan mencari jaringan WiFi yang telah tersimpan.
  3. Klik jaringan WiFi tersebut lalu klik “Forget” untuk melakukan pembersihan di perangkat laptop / PC.  

5. Install Ulang Driver WiFi

Install Ulang Driver WiFi

Driver WiFi memiliki fungsi yang sangat penting bagi perangkat laptop / PC untuk dapat menyambungkan jaringan WiFi.

Namun terkadang driver yang terpasang juga memiliki masalah yang tentunya akan mengakibatkan jaringan WiFi nggak terdeteksi oleh perangkat yang kamu gunakan.

Maka dari itu, kamu perlu melakukan install ulang pada driver tersebut agar jaringan WiFi dapat terhubung kembali ke perangkat laptop / PC.

  1. Langkah pertama yaitu buka menu “Device Manager” (cari di kolom search)
  2. Kalau Kamu sudah membuka menu “Device Manager”, pilih menu “Network adapters”
  3. Klik kanan pada driver WiFi yang digunakan lalu pilih opsi “Uninstall device
  4. Langkah terakhir yaitu merestart laptop / PC yang digunakan dan nantinya Windows akan secara otomatis menginstall driver WiFi yang kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

6. Gunakan Receiver WiFi

Gunakan Receiver WiFi Lain
www.bassheadspeakers.com

Jika cara-cara mengatasi WiFi tanda silang pada Windows 10 sebelumnya masih belum berhasil, solusi lainnya, mungkin kamu dapat menggunakan receiver WiFi.

Di pasaran sudah banyak produk receiver WiFi yang dapat membantu perangkat laptop / PC untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Cara pemakaian yang mudah dan harganya yang murah pun menjadi kelebihan dari receiver WiFi ini.

7. Tes Wifi dengan Perangkat Lain (Apakah Terhubung?)

Tes Wifi dengan Perangkat Lain

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan buat mengatasi WiFi yang tanda silang adalah dengan mengecek jaringan WiFi tersebut di perangkat lainnya.

Kalau pada perangkat lain jaringan WiFi tersebut dapat tersambung dengan normal, artinya terdapat masalah pada komponen laptop / PC yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Terdapat beberapa penyebab jaringan WiFi yang muncul tanda silang warna merah di laptop / PC, seperti kerusakan pada driver WiFi hingga router / modem yang sudah saatnya diganti karena versinya yang sudah terlalu lama.

Dengan memahami penyebab WiFi muncul tanda silang, kamu pun dapat mengetahui cara mengatasinya yang tepat agar jaringan WiFi dapat tersambung kembali ke perangkat.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^