Cara Share WIFI di Windows 10

Windows 10 hadir dengan fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan versi-versi sebelumnya. Salah satu perkembangan fitur yang dimiliki oleh windows 10 yaitu adanya fitur share WiFi.

Fitur ini berfungsi seperti fitur tethering hotspot pada perangkat mobile yang memberikan opsi untuk membagikan akses internet ke pengguna lain.

Dengan adanya fitur ini tentunya kamu bisa membagikan jaringan WiFi yang telah tersambung ke laptop / PC ke pengguna lainnya tanpa perlu terkoneksi langsung ke jaringan WiFi tersebut.

Cara Membuat Share Wifi Windows 10 Tanpa Aplikasi

Belum banyak pengguna windows 10 yang mengetahui fitur ini karena memang jarang sekali digunakan.

Berikut ini adalah cara share WiFi windows 10. Dengan catatan pastikan kamu sudah menginstall driver WiFi

1. Masuk Ke Settingan Mobile Hotspot di Laptop

Settingan Mobile Hotspot

Cara pertama share WiFi dengan windows 10 adalah dengan menggunakan fitur Mobile Hotspot yang terdapat pada laptop / PC yang kamu gunakan.

Untuk menggunakan cara ini, kamu perlu menggunakan windows 10 versi terbaru.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah awal klik tombol Start Windows dan buka menu settings (Ikon gerigi).
  2. Setelah jendela settings telah terbuka, klik menu “Share my internet connection from” lalu pilih jaringan internet yang ingin dibagikan ke perangkat lain.
  3. Klik opsi “Edit” untuk mengubah nama SSID dan juga password yang ingin digunakan lalu klik “Save” untuk menyimpan pengaturan.
  4. Langkah terakhir, aktifkan jaringan hotspot dengan tap slider yang telah disediakan.

Setelah semua pengaturan berhasil dilakukan, aktifkan fitur WiFi seperti biasa di perangkat lain baik laptop, PC, atau mobile lalu sambungkan ke jaringan hotspot yang sudah dibuat tadi.

Kalau muncul pesan error, coba Forget WiFi lalu tes lagi

2. Membuat Hosted Network dengan Bantuan CMD

Hosted Network CMD

Berbeda dengan cara sebelumnya yang harus memerlukan windows 10 versi terbaru, cara ini bisa kamu lakukan dengan windows versi lama sekalipun karena pasti di setiap versi windows 10 terdapat fitur ini.

Untuk menggunakan cari ini, ada 3 tahap yang perlu kamu lakukan agar dapat membagikan jaringan WiFi ke pengguna lainnya.

#1. Lakukan Pengecekan Adapter

Pengecekan Adapter
  1. Untuk memastikan bahwa adapter yang digunakan telah mendukung Hosted Network, kamu bisa membuka menu Start
  2. Ketik “CMD” untuk membuka fitur Command Prompt.
  3. Pada halaman Command Prompt, masukan perintah “NETSH WLAN show drivers” lalu tekan Enter.
Show drivers CMD
  1. Jika muncul informasi “Hosted network supported: Yes”, artinya laptop / PC yang kamu pakai telah support fitur share WiFi.

#2. Membuat Hosted Network

Hosted Network
  1. Langkah selanjutnya adalah memulai membuat Hosted Network dengan CMD dan memasukan perintah “NETSH WLAN set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA key=PASSWORD”.
  1. Kamu bisa mengganti “Nama” dan “Password” dengan username dan kata sandi (minimal 8 karakter) yang diinginkan.
  2. Setelah berhasil membuat Hosted Network pada perangkat yang digunakan, masih pada fitur CMD masukan perintah “NETSH WLAN start hostednetwork” lalu klik Enter untuk dapat segera membagikan jaringan WiFi tersebut.

#3. Bagikan Jaringan Internet

  1. Untuk dapat membagikan jaringan WiFi yang telah tersambung, kamu terlebih dahulu perlu mengatur beberapa komponen. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menekan tombol Windows + X secara bersamaan dan membuka menu “Power User”.
  2. Jika jendela “Power User” telah terbuka, klik kanan pada jaringan internet yang telah terhubung ke perangkat kamu.
  3. Di halaman ini kamu bisa melihat jaringan hotspot yang telah dibuat sebelumnya dengan nama “Microsoft Hoster Virtual Adapter”.
  4. Klik “Properties” lalu klik tab “Sharing” untuk mencentang “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”.
  5. Jika seluruh proses pengaturan telah berhasil dilakukan, klik OK dan jaringan WiFi yang tersambung di perangkat kamu bisa dibagikan ke pengguna lain.

3. Cara Membuat Share Wifi Windows 10 Dengan Aplikasi

 Share Wifi Windows 10 Dengan Aplikasi

Untuk yang ingin lebih simpel lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi. Berikut beberapa yang bisa kamu coba dan cara menggunakannya.

#1. Aplikasi Baidu Hotspot WiFi

Aplikasi Baidu Hotspot WiFi

Salah satu aplikasi yang dapat membantu kamu untuk melakukan pembagian jaringan WiFI adalah Baidu Hotspot.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membagikan jaringan WiFi yang tersambung ke perangkat dengan menggunakan Baidu Hotspot.

  1. Pastikan bahwa laptop / PC yang kamu gunakan telah terinstall aplikasi Baidu Hotspot terlebih dahulu.
  2. Lalu jangan lupa juga untuk memastikan bahwa perangkat yang digunakan telah tersambung oleh jaringan WiFi.
  3. Langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasi Baidu Hotspot lalu mengisi kolom “WiFi Name” dan “Password” untuk username dan password jaringan WiFi yang ingin dibagikan.
  4. Setelah itu kamu bisa restart jaringan WiFi yang tersambung ke perangkat
  5. Sekarang jaringan WiFi yang kamu buat dengan menggunakan aplikasi Baidu Hotspot sudah bisa dipakai oleh pengguna lain untuk segala jenis device.

#2. Aplikasi My Public WiFi

Aplikasi My Public WiFi

Selain Baidu Hotspot, terdapat aplikasi tambahan lainnya yang dapat berfungsi sebagai media untuk membagikan jaringan WiFi, yaitu My Public WiFi.

Cara pemakaian My Public WiFi mirip seperti menggunakan aplikasi sebelumnya, jadi kamu perlu install aplikasi ini terlebih dahulu dan pastikan bahwa dalam kondisi online atau tersambung dengan jaringan WiFi.

Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi My Public untuk membagikan jaringan internet lewat WiFi.

  1. Jika telah mengunduh file My Public WiFi, pasang terlebih dulu aplikasinya
  2. Jika telah terpasang dengan sempurna, buka aplikasi My Public WiFi.
  3. Setelah jendela aplikasi terbuka, kamu perlu mengisi beberapa kolom seperti “Network Name (SSID)” yang itu adalah nama username yang diinginkan, lalu terdapat kolom “Network Key” yang dapat kamu isi dengan password minimal 8 karakter.
  4. Centang kolom “Enable Internet Sharing” dan pilih “Wireless Network Connection” agar jaringan internet yang tersambung di Perangkat kamu dapat dibagikan.
  5. Langkah terakhir yaitu dengan menekan tombol “Setup and Start Connection” agar jaringan WiFi pribadi yang kamu buat dapat digunakan untuk perangkat lain.

PS: Kamu bisa juga mengetahui Password WiFi tersebut

Kesimpulan

Dengan adanya cara share WiFi windows 10 tersebut kamu dapat membagikan jaringan internet yang tersambung di perangkat laptop / PC ke pengguna lain dengan segala jenis perangkat.

Jika dilihat dari cara pemakaiannya, menggunakan aplikasi tambahan memiliki cara yang lebih mudah dibandingkan dengan mengatur secara manual pada beberapa fitur di Laptop / PC.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^