Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal

Dengan perkembangan zaman yang menuntut segala sesuatu menjadi serba digital, penggunaan perangkat HP Android menjadi semakin meningkat.

Namun seperti halnya komponen elektronik, layar sentuh juga bisa mengalami kerusakan, seperti tidak bisa berfungsi sebagian atau bahkan tidak bisa berfungsi di seluruh bagian layar.

Maka dari itu kamu perlu memahami cara mengecek touchscreen HP Android masih normal atau tidak.

Cara Cek Touchscreen Android

Cara Cek Touchscreen Android

Mengecek kondisi layar sentuh pada HP perlu kamu lakukan, terlebih kalau kamu membeli HP bekas. Tentunya hal ini perlu kamu lakukan agar memastikan layar sentuh dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Namun masalahnya sebagian besar orang belum memahami cara mengecek touchscreen HP Android dengan benar.

Untuk kamu yang belum tahu juga, ini caranya.

1. Tanpa Aplikasi Sesuai Merk HP

Hampir semua merk HP Android sudah menyediakan fitur untuk penggunanya dalam melakukan pengecekan kerusakan komponen layar sentuh HP.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengecek kondisi layar sentuh HP Android sesuai dengan merk nya masing-masing:

OPPO

Tes touchscreen oppo
  1. Buka fitur telepon pada HP Oppo yang kamu gunakan dan mengetik kode dial *#800# agak dapat membuka Engineer Mode.
  2. Setelah Engineer Mode sudah terbuka, kamu bisa memilih opsi “Touchscreen”.
  3. Setelah itu akan muncul kotak-kotak yang bisa kamu sentuh semuanya sampai berwarna hijau.
  4. Kalau semua kotak yang kamu sentuh berubah menjadi warna hijau, artinya layar sentuh HP Oppo yang kamu gunakan dalam kondisi normal.

Dengan fitur Engineer Mode pun kamu bisa melakukan beberapa tes lainnya untuk mengetahui kerusakan yang terdapat di dalam HP Oppo yang kamu gunakan.

Cara ini bisa digunakan untuk semua tipe Oppo, seperti A3S, A71, F1 Plus, dan masih banyak lagi.

Samsung

Tes touchscreen samsung
  1. Kamu perlu masuk ke fitur telepon dan masukan kode dial *#0*# untuk masuk ke fitur hardware test pada HP Samsung.
  2. Setelah masuk ke hardware test, kamu bisa memilih opsi “Touch” lalu setelah itu sistem akan menampilkan beberapa kotak berwarna putih yang berbentuk tanda silang dan persegi panjang.
  3. Nah, kamu bisa menyentuh bagian kotak-kotak tersebut sampai semuanya berubah menjadi warna hijau.

Kalau terdapat bagian kotak yang nggak berubah menjadi warna hijau, artinya pada bagian tersebut layar sentuh mengalami kerusakan.

Selain dapat mengecek kondisi layar sentuh, dengan menggunakan fitur hardware test pada HP Samsung, kamu juga bisa mengecek kondisi beberapa komponen lainnya, seperti speaker, vibration, sensor, dan sebagainya.

VIVO

Tes touchscreen vivo
  1. Seperti hal nya merk HP Android sebelumnya, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke fitur telepon lalu mengetik kode dial Vivo *#558# untuk masuk ke fitur hardware test.
  2. Kalau sudah masuk ke fitur hardware test, kamu bisa memilih opsi “Engineering Test” lalu pilih bagian “Engineering Test 2”.
  3. Kalau sudah masuk ke halaman “Engineering Test 2”, kamu bisa mencari fitur “Handwriting test”.
  4. Kalau sudah ketemu, kamu bisa membuka fitur tersebut. Nantinya akan muncul beberapa kotak berwarna putih dan berbentuk persegi panjang.
  5. Kamu bisa menyentuh semua bagian kotak tersebut, kalau semuanya bisa berubah ke warna hijau, itu artinya seluruh bagian layar sentuh dalam kondisi normal.

Kode dial khusus Vivo tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan test pada komponen lainnya dan cara ini bisa digunakan untuk seluruh tipe HP Vivo, seperti Vivo V5, Vivo V5s, Vivo V9, dan masih banyak lagi.

Xiaomi

Tes touchscreen Xiaomi
  1. Kamu dapat membuka fitur telepon bawaan HP dan mengetik kode dial khusus HP Xiaomi yaitu *#*#64663#*#*.
  2. Setelah masuk ke fitur hardware test, kamu bisa memilih opsi “Touchpanel Edge” dan Kalau sudah muncul beberapa kotak, kamu bisa menyentuhnya hingga semua berubah menjadi warna hijau.
  3. Kalau semua kotak dapat berubah warna, artinya semua bagian layar HP Xiaomi kamu dalam kondisi normal. Tapi kalau terdapat bagian yang nggak berubah, artinya bagian tersebut dalam kondisi rusak.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis HP Xiaomi baik keluaran terbaru hingga HP Xiaomi keluaran lama, seperti Redmi 4x, Redmi 4a, hingga Redmi 3 pro.

ASUS

Tes touchscreen asus
  1. Berbeda dengan merk-merk sebelumnya, untuk cara cek touchscreen HP Android Asus kamu nggak perlu menggunakan fitur telepon, melainkan menggunakan aplikasi kalkulator bawaan HP.
  2. Setelah membuka aplikasi kalkulator, kamu bisa memasukan kode “.12345+=” yang nantinya secara otomatis akan membuka menu hardware test Asus.
  3. Setelah menu hardware test terbuka, kamu bisa memilih opsi “Touch_Test” dan mengecek kondisi layar sentuh dengan mencoret-coret pada halaman kosong yang telah disediakan.
  4. Kalau halaman bisa tercoret, artinya layar HP Asus yang kamu gunakan masih dalam kondisi normal.

Pada hardware test Asus kamu sebenarnya juga dapat memeriksa kondisi komponen lainnya dengan menggunakan simbol titik tiga yang terdapat di kanan atas layar lalu pilih fitur “start autorun”.

2. Bantuan Aplikasi

Selain dapat menggunakan kode dial pada masing-masing merk HP, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan cek kondisi layar sentuh HP.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kondisi layar sentuh HP:

Touchscreen Test

Tes touchscreen Aplikasi

Aplikasi pertama yang dapat kamu coba untuk mengecek kondisi dari layar sentuh adalah Touchscreen Test.

Aplikasi ini akan menampilkan beberapa kotak putih yang bisa kamu sentuh agar dapat berubah menjadi warna hijau.

Kalau semua kotak dapat berubah menjadi warna hijau, artinya kondisi layar HP kamu masih normal. Tapi kalau ada bagian kotak yang nggak berubah walaupun sudah disentuh, artinya bagian layar pada kotak tersebut mengalami kerusakan.

Baca juga Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP Tidak Berfungsi

Multi Touch Test

Multi Touch Test

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang hanya dapat melakukan pengecekan dengan satu metode, dengan menggunakan aplikasi Multi Touch Test kamu bisa mengecek kondisi HP dengan 3 fitur yaitu Paint test, multi touch test, dan colour test.

Touch Screen Test

Touch Screen Test

Dengan menggunakan aplikasi Touch Screen Test, kamu bisa mengecek kondisi layar sentuh HP dengan cara mencoret-coret layar pada halaman kosong yang sudah disediakan.

Kalau terdapat bagian layar yang nggak bisa dicoret artinya pada bagian itu layar mengalami kerusakan.

Baca juga Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Aplikasi Menggambar

Aplikasi Menggambar

Selain ketiga aplikasi diatas, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi menggambar (drawing) yang terdapat pada playstore, seperti Picsay, Simple Draw dan Simple Draw.

Kamu bisa mengecek kondisi layar dengan mencoba mencoret-coret di halaman gambar aplikasi tersebut.

Kalau seluruh bagian layar dapat digunakan untuk menggambar, artinya layar sentuh HP dalam kondisi normal.

Baca juga Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih/Hitam

Kesimpulan

Terdapat 2 cara cek touchscreen HP Android, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan dari playstore dan tidak menggunakan aplikasi.

Untuk cara yang tidak menggunakan aplikasi, kamu perlu memasukan kode dial masing-masing merk HP menggunakan fitur telepon.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^