Mendengarkan sebuah musik pada HP tentunya lebih nyaman ketika menggunakan headset.

Dengan menggunakan headset, musik akan terdengar lebih jelas kalau dibandingkan hanya dengan menggunakan speaker pada HP.

Tapi, tidak jarang headset tidak terdeteksi oleh perangkat HP dan membuat headset tidak dapat digunakan. Hal ini bisa jadi karena 2 hal, yaitu:

Maka dari itu, disini Saya akan membahas cara mengatasi headset tidak terdeteksi di HP android.

Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di HP Android

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, secara garis besar penyebab dari headset yang nggak terdeteksi di HP android bisa jadi karena headset yang mengalami kerusakan atau terdapat komponen yang rusak di perangkat HP.

Tapi dari 2 penyebab utama tersebut, dapat dibagi lagi menjadi beberapa penyebab headset yang nggak terdeteksi di perangkat HP.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa masalah yang paling sering menjadi penyebab perangkat HP tidak bisa mendeteksi headset.

1. Headset Mengalami Masalah

Penyebab yang paling sering terjadi kalau headset nggak bisa terdeteksi oleh HP yaitu headset yang Kamu gunakan memang sudah mengalami kerusakan, seperti kabel tertekuk hingga membuat kabel menjadi putus hingga jack audio yang rusak.

Maka dari itu Kamu perlu menyimpan dan menggunakan headset secara baik agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Lebih baik kalau Kamu memiliki tempat khusus untuk menyimpan headset selain agar dapat digulung dengan benar, juga supaya terlihat lebih rapi.

Untuk mengetahui headset Kamu mengalami kerusakan, Kamu bisa mencoba menggunakan perangkat HP lain. Kalau pada perangkat HP tersebut masih nggak mendeteksi headset, artinya headset yang Kamu gunakan memang sudah rusak.

2. Jack Audio atau Lubang Port Headset Kotor

Penyebab headset nggak terdeteksi di HP lainnya yang paling sering ditemui adalah karena jack audio atau lubang port di HP yang sudah terlalu kotor.

Lubang port sendiri berfungsi sebagai penghubung atau konektor antara headset dengan perangkat HP yang Kamu gunakan.

Selain karena kotor, mungkin saja sensor yang terdapat di dalam lubang port sudah rusak, jadi nggak bisa mendeteksi masuknya headset di HP.

Hal ini bisa terjadi karena pemakaian headset yang kurang baik hingga membuat lubang port rusak atau umur HP yang memang sudah tua.

3. Terdapat Komponen HP yang Rusak

Komponen HP yang berhubungan dengan fungsi audio bisa saja mengalami kerusakan dan menyebabkan headset tidak dapat terdeteksi di HP.

Beberapa komponen audio yang rawan mengalami kerusakan adalah seperti port audio dan IC audio.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti pemakaian penggunanya yang kurang baik hingga umur pemakaian HP yang sudah tua.

Untuk mengatasi hal ini, Kamu harus mengganti komponen yang rusak pada service center sesuai merk HP yang digunakan.

4. Sistem Mengalami Bug atau Crashing

Walaupun kemungkinan terjadi sangat kecil, tapi di beberapa pengguna android, sistem HP yang mengalami bug atau crashing (sistem tidak stabil) bisa jadi penyebab dari headset tidak bisa terdeteksi di HP.

Hal ini bisa jadi karena beberapa hal, seperti file cache atau file sampah yang sudah terlalu penuh atau efek samping dari rooting pada HP.

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di HP Android

Belum banyak yang mengetahui cara memperbaiki headset tidak terdeteksi di HP yang baik dan benar. Padahal cara-caranya cukup mudah dan bisa Kamu lakukan sendiri.

Maka dari itu, Kamu perlu mengetahui cara mengatasi headset tidak terdeteksi di HP android dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini.

1. Cek Kabel Headset

Kerusakan pada headset bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti terdapat komponen yang lepas hingga kabel yang putus.

Tentunya kalau terdapat kabel yang putus, headset nggak bisa tersambung dan perangkat HP nggak akan bisa mendeteksi adanya headset yang masuk.

Maka dari itu, sebelum menggunakan cara lainnya Kamu bisa mengecek terlebih dahulu kondisi headset dengan cara-cara dibawah ini.

  1. Memeriksa bagian konektor pada headset agar nggak ada kabel yang tertekuk, termasuk di bagian earbud.
  2. Kalau terdapat kabel yang tertekuk, Kamu bisa memperbaikinya untuk sementara dengan memberikan selotip supaya masih dapat digunakan.
  3. Kamu juga bisa mengecek suara yang keluar dari headset sambil memperbaiki kabel yang rusak.

2. Coba dengan Headset Lain

HP yang nggak mendeteksi adanya headset yang masuk bisa jadi karena terdapat kerusakan pada komponen atau sistem di HP itu sendiri.

Untuk mengeceknya, Kamu bisa menggunakan headset lain yang masih dapat digunakan.

Kalau headset tersebut nggak terdeteksi padahal kalau digunakan pada perangkat HP lain terdeteksi, artinya terdapat komponen yang rusak di dalam HP yang Kamu gunakan.

HP yang nggak mendeteksi headset yang masuk bisa jadi disebabkan kerusakan hardware atau software.

3. Restart HP

Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya, HP yang nggak mendeteksi adanya headset bisa jadi karena sistem sedang nggak stabil atau mengalami bug.

Hal ini terjadi karena berbagai penyebab, bisa karena file cache yang sudah full atau efek samping dari proses rooting HP.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa melakukan restart HP agar sistem kembali menjadi lebih baru. Agar proses restart berjalan lebih optimal, Kamu bisa melepaskan beberapa komponen seperti SIM card, memory card dan baterai.

Setelah itu Kamu bisa menunggu hingga beberapa menit agar motherboard tidak mendapatkan pasokan energi terlebih dahulu dari baterai.

Kalau sudah, pasangkan kembali komponen ke posisi semula lalu hidupkan kembali HP dan cek apakah headset sudah terdeteksi atau belum.

4. Coba Headset di Perangkat Lain

Kalau headset tidak terdeteksi pada perangkat HP yang Kamu gunakan, Kamu bisa mencoba menggunakan perangkat lain untuk mengecek kondisi dari headset tersebut.

Kalau pada perangkat lain headset masih belum bisa terdeteksi, artinya headset tersebut memang sudah rusak.

Tapi kalau pada perangkat HP lain headset malah berfungsi, itu artinya perangkat HP yang Kamu gunakan sebelumnya yang mengalami kerusakan.

5. Kalau Headsetnya Bluetooth, Ulangi Koneksi (Pastikan Tidak Ada yang Terhubung)

Kalau Kamu menggunakan headset bluetooth, bisa jadi masalah tidak terdeteksi karena terdapat perangkat headset lain yang sedang terhubung dengan jaringan bluetooth HP Kamu.

Berikut ini adalah cara mengatasi headset bluetooth yang tidak terdeteksi di HP.

  • Kamu bisa mengulangi koneksi dengan masuk ke menu bluetooth pada menu setelan/settings lalu pilih jaringan bluetooth headset dan lakukan pairing ulang.
  • Kalau masih belum bisa tersambung, Kamu dapat melakukan restart HP terlebih dahulu, lalu lakukan kembali cara sebelumnya dari awal.

6. Cek dengan Aplikasi SoundsAbout

Kalau cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi HP yang nggak mendeteksi headset, Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, contohnya aplikasi SoundsAbout.

Aplikasi ini sendiri berfungsi untuk mengubah mode speaker menjadi mode headset secara langsung dengan mengubah pengaturan bawaan dari sistem.

Untuk menggunakan aplikasi SoundsAbout, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah Kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi SoundsAbout di playstore.
  2. Kalau sudah terpasang, Kamu bisa membuka aplikasinya lalu masuk ke menu “Connectable Device” dan membuka opsi “Wired Headset Settings”.
  3. Langkah terakhir yaitu mengaktifkan opsi “Wired Headset Detection” untuk mendeteksi adanya headset yang tersambung ke perangkat HP.

Aplikasi ini bisa kita pakai juga untuk memperbaiki headset yang kecil sebelah suaranya.

7. Bersihkan Lubang Jack Audio

Lubang jack audio atau port audio yang kotor bisa juga menjadi penyebab headset nggak terdeteksi di HP android. Kotoran yang sudah menumpuk akan mengganggu aliran listrik sehingga menyebabkan headset nggak berfungsi.

Untuk membersihkannya, pastikan terlebih dahulu kalau HP sudah dalam keadaan mati. Setelah itu, Kamu bisa menggunakan cotton bud yang sudah diberikan alkohol lalu mengusap-usap bagian lubang jack audio secara perlahan sampai benar-benar bersih.

8. Servis HP/Garansikan HP (Kalau Ada)

Kalau cara-cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi headset yang nggak terdeteksi di HP, cara terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah dengan membawanya ke service center.

Hal ini karena bisa jadi terdapat komponen seperti port audio atau IC audio yang sudah rusak.

Kalau kedua komponen tersebut sudah rusak, tentunya harus segera diganti agar fungsi audio pada HP yang Kamu gunakan bisa digunakan kembali.

PS: Speaker HP Kamu Bunyi Kresek? Cek Solusinya

Kesimpulan

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi pada HP android di atas dapat digunakan untuk semua merk HP android, seperti Xiaomi, Oppo, Samsung, Sony, Asus, Vivo, dan masih banyak lagi. Cara-cara tersebut bisa Kamu lakukan sendiri karena cukup mudah dan sederhana.

Author

Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^

Write A Comment