Cara Perbaiki HP Dicas Tidak Mengisi|Malah Berkurang

Selain fitur-fitur canggih seperti kamera, resolusi layar, hingga prosesor yang digunakan, parameter sebagian besar orang dalam memilih sebuah HP juga dilihat dari kapasitas baterainya.

Penggunaan HP saat ini tentunya memiliki peranan penting dan tentu harus dilengkapi dengan kemampuan baterainya.

Namun apa jadinya kalau baterai yang sudah ketika ingin dicas tapi tidak mengisi malah berkurang. Hal ini seringkali terjadi di beberapa pengguna HP Android yang tentu sangat merepotkan, terlebih kalau dipakai untuk keperluan penting.

Oleh karena itu kamu harus tau cara perbaiki HP dicas tidak mengisi.

Penyebab Daya Baterai Tidak Bertambah Saat Dicas

HP yang ketika di cas tidak mengisi tapi malah berkurang artinya memiliki kerusakan entah dari komponennya atau juga bisa jadi dari sistem HP nya sendiri.

Berikut penyebab lengkapnya.

1. Terdapat Komponen yang Rusak

Komponen yang berhubungan langsung dalam pengisian daya HP seperti IC charger, konektor, atau baterai yang mengalami kerusakan tentu akan berefek samping ketika HP sedang dicas.

Hal ini lah yang menyebabkan ketika HP di cas daya tidak mengisi bahkan malah berkurang.

baca juga cara mengatasi konektor HP rusak

2. Kabel Data Rusak

Kalau kabel data tersebut rusak, tentunya akan berpengaruh kepada pengisian daya yang mengakibatkan daya baterai tidak terisi.

Biasanya kabel data yang rusak dikarenakan sering tertekuk atau tertindih beban terlalu berat yang mengakibatkan kabel yang ada di dalamnya menjadi terputus.

baca juga cara perbaiki kabel data rusak

3. Adaptor Charger Rusak

Selain kabel data, adaptor charger yang rusak tentunya juga akan berpengaruh pada proses pengisian daya HP.

Adaptor yang daya output-nya tidak sesuai spesifikasi HP juga bisa membuat komponen di dalam HP menjadi rusak dan mengakibatkan HP tidak mengisi ketika dicas.

4. Sistem HP Mengalami Error

Selain komponen hardware, kerusakan pada komponen software seperti sistem operasi android juga bisa menyebabkan daya baterai malah berkurang ketika dicas.

Sistem yang mengalami bug atau error bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti file cache yang sudah terlalu penuh, terdapat aplikasi yang error, atau efek samping dari proses rooting.

Cara Memperbaiki HP Tidak Mengisi Saat Dicas (Malah Berkurang)

Nah kalau kamu sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, barulah kamu bisa memahami beberapa cara memperbaiki HP dicas tapi tidak mengisi.

Cara-cara yang akan saya jelaskan dibawah ini cukup mudah dan sudah terbukti efektif membuat daya baterai baterai dapat terisi kembali dengan normal.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa cara memperbaikinya:

1. Restart

Masalah pada sistem yang mengalami bug atau error tersebut bisa diatasi dengan melakukan restart HP. Dengan melakukan restart, sistem akan otomatis kembali menjadi fresh dan bug atau error akan otomatis menghilang.

Kalau hanya dengan melakukan restart masih belum berhasil, kamu bisa menonaktifkan HP terlebih dahulu lalu melepaskan beberapa komponen seperti SIM card dan baterai.

Kamu bisa diamkan hingga beberapa menit lalu pasangkan sesuai posisi semula dan nyalakan kembali.

2. Coba Ganti Kabel Charger

Kalau penyebabnya adalah karena kabel charger yang sudah rusak, kamu bisa mengganti kabel charger tersebut.

Biasanya memang kabel charger lah yang sangat rawan mengalami kerusakan terlebih kalau lapisan kabel charger tersebut sangat tipis.

Untuk mengganti kabel charger terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  • Usahakan memakai kabel charger original atau kabel charger yang memiliki kualitas cukup tinggi. Walaupun pasti harganya cukup mahal, namun kabel charger yang berkualitas tentu akan lebih awet dibandingkan kabel charger yang murahan.
  • Kalau kamu tetap ingin menggunakan kabel yang murahan, sebenarnya nggak masalah kalau nggak dipakai secara terus menerus. Kabel murahan yang digunakan secara terus menerus akan beresiko merusak komponen yang ada di dalam HP Kamu.
  • Sebenarnya nggak masalah kalau kamu ingin menggunakan HP ketika sedang melakukan pengisian daya. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan digunakan hingga terlalu lama dan membuat suhu HP menjadi terlalu panas.

3. Coba Ganti Adapter Charger

Usahakan memakai adapter yang original atau adapter yang sesuai dengan spesifikasi dari HP yang kamu gunakan.

Adapter yang nggak sesuai dengan spesifikasi HP bukan akan memperbaiki masalah tersebut tapi malah membuat masalah baru, yaitu merusak komponen HP.

Walaupun memang harganya cukup mahal dibandingkan dengan adapter yang harganya lebih murah, tapi dengan menggunakan adapter original HP yang kamu pakai akan aman.

4. Bersihkan Port USB di HP

Kotoran yang menumpuk pada port USB bisamembuat aliran daya akan terhambat dan proses pengisian daya menjadi bermasalah.

Tentunya untuk mengatasi hal ini kamu harus membersihkan port USB tersebut. Kamu bisa menggunakan benda-benda kecil yang bisa masuk ke port USB, seperti jarum.

Jarum tersebut bisa kamu lapisi dengan bahan seperti kapas yang lembut yang fungsinya agar kotoran yang ada di dalam port USB akan terangkat. Kamu bisa bersihkan secara perlahan agar port USB tidak patah.

5. Cek Battery Health

HP yang ketika dicas tidak mengisi juga bisa disebabkan karena baterai yang sudah rusak.

Salah satu tanda baterai yang sudah rusak adalah dayanya yang cepat habis walaupun penggunaannya nggak terlalu lama.

Nah kamu bisa mengecek kondisi dari baterai dari ciri-ciri tersebut. Ketika di cas HP tidak bisa mengisi, artinya memang baterai yang ada di dalam HP sudah mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

6. Cek Spesifikasi Charger, Cocok Atau Tidak?

Spesifikasi charger yang berbeda dengan spesifikasi yang dibutuhkan HP bukan hanya malah membuat HP ketika dicas malah berkurang tapi bahkan akan membuat komponen menjadi rusak.

Daya yang dikeluarkan charger harus sesuai dengan yang spesifikasi pada HP, nggak boleh lebih atau kurang.

Nah maka dari itu disarankan lebih baik menggunakan charger original dari tipe HP yang kamu gunakan.

Walaupun memang harganya cukup mahal dibandingkan dengan charger yang banyak diperjual belikan di pasaran, namun dengan menggunakan charger original HP kamu akan lebih aman.

7. Ganti Baterai HP

Baterai yang rusak bisa saja disebabkan karena beberapa hal, seperti waktu pemakaian yang terlalu lama, sering menggunakan HP dalam keadaan panas, mengecas HP terlalu lama, hingga faktor usia dari baterai itu sendiri.

Walaupun harganya bisa lebih mahal 2 kali lipat dibandingkan baterai yang non-original, baterai original tentunya memiliki kualitas yang lebih bagus dan lebih terpercaya.

Baterai original juga akan membuat HP menjadi lebih awet dan tentunya lebih tahan lama dibandingkan dengan baterai yang non-original.

8. Kalibrasi Baterai

Kamu bisa melakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi “Battery Calibration” yang tersedia di playstore. Fungsi dari aplikasi ini adalah agar sistem baterai bisa di reset dan kembali menjadi normal.

Untuk cara pemakaian aplikasi ini cukup mudah, pastikan terlebih dahulu kalau daya baterai HP kamu dalam keadaan 100%. Setelah itu kamu membuka aplikasi Battery Calibration yang telah terpasang di HP lalu klik opsi “Start Calibration”.

Tapi sebagai catatan untuk kamu pengguna android yang melakukan rooting, saya sarankan agar menggunakan aplikasi kalibrasi baterai khusus root.

Hal ini karena pada aplikasi kalibrasi khusus root sudah di setting sedemikian rupa agar cocok digunakan untuk sistem rooting.

9. Factory Reset

Factory reset adalah fitur yang terdapat di dalam HP berfungsi untuk mengembalikan sistem HP ke setelan awal pabriknya.

Factory reset mengembalikan setelan awal pabrik dengan menghapus semua data sistem yang telah terinstall sebelumnya di dalam HP, jadi semua data yang menyebabkan sistem menjadi bug atau error.

Namun sebelum melakukan factory reset, kamu perlu melakukan back up data penting agar data-data tersebut nggak ikut terhapus ketika proses factory reset sedang berjalan.

10. Coba Charge dari Sumber Listrik yang Lain

Kalau kamu melakukan pengisian daya HP pada sumber listrik yang dayanya kurang stabil seperti pada USB laptop atau PC, bisa jadi proses pengisian daya juga akan terganggu dan menyebabkan HP tidak bisa mengisi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu mencoba menggunakan sumber listrik lain yang sekiranya daya listriknya cukup stabil, seperti stop kontak yang terdapat di rumah.

Kalau kamu menggunakan cokrol, pastikan kalau cokrol tersebut memiliki kualitas yang bagus.

11. Biarkan HP Terlebih Dulu (Hingga Dingin)

HP yang suhunya terlalu panas juga bisa mengakibatkan kinerja sistem menjadi kurang optimal, termasuk kinerja dalam pengisian daya baterai.

HP yang terlalu panas bisa diakibatkan karena diletakan pada lokasi yang suhu sekitarnya terlalu tinggi atau pemakaian HP yang terlalu lama.

Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah, kamu hanya perlu mengistirahatkan HP terlebih dahulu hingga suhunya menjadi lebih dingin.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan menonaktifkan daya HP terlebih dahulu dan melepas komponen baterai.

12. Gunakan Charger Desktop

Cara ini dikhususkan untuk pengguna HP android dengan tipe baterai removable atau baterai yang bisa dilepas.

Cara ini bisa kamu gunakan kalau penyebab dari HP tidak mengisi tapi malah berkurang ketika dicas karena kerusakan pada komponen IC charger.

Charger desktop sendiri sudah banyak dijual di beberapa toko elektronik dan ecommerce dengan harga yang cukup murah, mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu saja.

Namun untuk penggunaan charger desktop kamu harus memperhatikan beberapa catatan sebagai berikut:

a. Baterai Harus Dilepas

Seperti yang sudah saya jelaskan, kalau ingin menggunakan charger desktop, kamu harus melepas baterai HP yang artinya HP nggak bisa digunakan terlebih dahulu ketika sedang melakukan pengisian daya.

b. Proses Pengisian Daya Lebih Lama

Berbeda dengan proses pengisian daya menggunakan kabel charger, kalau pengisian daya menggunakan charger desktop membutuhkan waktu yang lebih lama.

Bahkan di beberapa pengguna yang pernah mencoba charger desktop, pengisian daya membutuhkan waktu 3 jam hanya untuk mendapatkan daya 50%.

13. Servis

Kalau IC charger rusak, tentu akan berpengaruh ke proses pengisian daya bahkan kalau sudah parah proses pengisian daya nggak bisa bekerja sama sekali, kamu bisa membawanya ke service center untuk memperbaikinya.

Untuk harga komponen IC charger tergantung jenis dan merk HP yang kamu gunakan, ada yang dari harga 30 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Pastikan juga komponen pengganti yang kamu gunakan adalah produk original dan sesuai dengan spesifikasi dari HP yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Kamu harus mencoba satu per satu cara di atas hingga masalah HP yang dicas tapi tidak mengisi tersebut dapat teratasi.

Walaupun memang caranya cukup banyak dan sedikit merepotkan, cara memperbaiki HP dicas tapi tidak mengisi tersebut sudah terbukti efektif bagi seluruh tipe dan merk HP android.