Penggunaan baterai tanam pada HP saat ini menjadi lebih populer dibandingkan dengan baterai yang dapat dilepas.

Namun baterai tanam juga memiliki beberapa kekurangan, seperti dapat membuat HP menjadi hang dan stuck.

HP yang dalam kondisi hang dan stuck harus dimatikan terlebih dahulu untuk dapat berjalan normal kembali.

Nah, masalahnya banyak orang yang belum mengetahui cara mematikannya. Maka dari itu, berikut ini adalah cara mematikan HP baterai tanam yang hang & stuck.

Cara Mematikan HP Baterai Tanam yang Hang dan Stuck

Satu-satunya cara untuk mematikan HP baterai tanam yang hang adalah dengan cara paksa. Hal ini harus dilakukan karena HP mengalami bootloop dan nggak bisa merespon perintah apapun dari pengguna.

Cara ini dapat diterapkan pada semua HP android dengan tipe baterai tanam seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini adalah beberapa cara mematikan handphone baterai tanam yang sedang mengalami hang dan stuck.

1. Restart Paksa

Sebagian besar HP dengan tipe baterai tanam sudah memiliki fitur yang dapat menonaktifkan HP dengan menggunakan kombinasi tombol.

Nah, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mematikan HP baterai tanam yang mengalami hang adalah menekan kombinasi tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan.

Adapun untuk lama penekanan tombol tersebut berbeda-beda di setiap merk atau tipe HP. Biasanya waktu penekanan hingga HP dapat mati mulai dari 10 detik hingga 30 detik.

Kalau kombinasi tombol diatas masih belum bisa membuat HP mati, kamu bisa coba menggunakan kombinasi tombol dibawah ini.

  • Tombol power dan tombol volume down.
  • Tombol power, tombol volume up, dan tombol volume down.
  • Tombol power dan tombol home.

2. Tunggu Hingga Baterai Habis Sendiri

Cara selanjutnya untuk mengatasi HP baterai tanam yang error adalah dengan menunggu hingga daya baterai tersebut dan mati.

Walaupun dalam kondisi hang atau stuck, kalau daya baterai yang digunakan habis maka HP akan otomatis tetap mati.

Untuk menyalakannya kembali, kamu hanya perlu melakukan pengisian daya seperti biasa.

Nantinya HP akan melakukan restart dan sistem akan melakukan refresh secara otomatis.

3. Bongkar Baterai Tanam

Cara lainnya untuk mematikan HP tipe baterai tanam kalau terjadi hang adalah dengan membongkar dan melepas baterai tersebut.

Untuk membongkarnya kamu perlu perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut.

  • Membuka SIM Card Tray: Langkah pertama adalah dengan membuka SIM card tray dengan mencolokan SIM ejector pada lubang SIM card tray sehingga nanti akan keluar dengan sendirinya.

Kalau kamu nggak punya SIM ejector, kamu bisa menggunakan jarum atau peniti yang sesuai dengan ukuran lubang SIM card tray.

  • Membuka Casing Belakang HP: Setelah itu kamu perlu membuka casing bagian belakang HP dengan menggunakan spudger yang sudah disiapkan. Kamu bisa membuka casing menggunakan spudger dengan mencongkelnya.

Lalu kamu bisa menyisir seluruh bagian casing belakang hingga casing tersebut berhasil terbuka dengan sempurna.

  • Melepas Konektor Baterai: Setelah berhasil membongkar SIM card tray dan casing belakang HP, kamu harus melepas konektor baterai. Konektor baterai sendiri berfungsi untuk menyalurkan daya listrik dari baterai ke seluruh komponen yang terdapat pada HP.

Untuk melepas konektor baterai kamu harus teliti dan juga hati-hati supaya nggak sampai membuat rusak konektor baterai. Kamu bisa menggunakan prying tool atau spudger untuk mencongkel konektor baterai tersebut.

  • Membongkar Modul Loudspeaker: Sebelum membongkar komponen baterai, kamu harus membongkar modul loudspeaker terlebih dahulu dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan sebelumnya.

Setelah sekrup terlepas, kamu bisa menggunakan spudger atau prying tool untuk mencongkel modul loudspeaker dari posisinya,

  • Melepas Baterai: Setelah semua komponen sudah dibongkar, barulah kamu bisa melepas baterai tanam yang ada di dalam HP tersebut.

Pertama-tama untuk melepas baterai kamu perlu melepas perekatnya terlebih dahulu dengan menariknya secara perlahan supaya nggak terpelintir atau putus.

Untuk mencongkel baterai dari posisinya, kamu bisa menggunakan kartu atau pick gitar dengan tekstur yang kuat agar dapat mengeluarkan dari perekatnya.

Setelah baterai berhasil terlepas, kamu bisa menunggu beberapa menit lalu pasangkan kembali baterai dengan cara yang sama.

Kamu bisa baca juga referensi mengganti baterai tanam HP

4. Melihat Buku Panduan HP

Biasanya pada buku panduan yang diberikan pada box HP terdapat beberapa penyelesaian masalah.

Kamu bisa mencari informasi tentang cara menyelesaikan permasalah HP yang sedang hang dan stuck karena mungkin saja setiap tipe dan merk HP memiliki cara yang berbeda-beda.

5. Bawa ke Tempat Servis

Cara terakhir yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan membawa HP tersebut ke service center untuk diperbaiki oleh ahlinya. Di service center kamu juga bisa menggunakan kartu garansi yang telah diberikan kalau masih berlaku.

Tapi kalau kartu garansi kamu sudah nggak berlaku, tentunya kamu perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki ke service center.

Langkah-langkah Menghindari HP yang Hang & Stuck

HP tipe non-removable battery atau baterai tanam yang mengalami hang tentunya akan merepotkan penggunanya. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Gunakan Charger Original: Untuk menghindari HP baterai tanam yang mengalami error, lebih baik menggunakan charger original bawaan dari pabrik HP tersebut karena spesifikasi daya dan tegangannya sesuai.

Kalau kamu menggunakan charger yang nggak sesuai spesifikasi baterai, kemungkinan baterai akan mengalami kerusakan dan membuat HP hang.

  • Menjaga Suhu Baterai: Langkah selanjutnya untuk menghindari HP yang hang dan stuck adalah dengan cara menjaga suhu baterai tersebut.  Usahakan jangan sampai suhu baterai terlalu panas hingga membuat HP mati sendiri.

Kesimpulan

Cara-cara diatas terbukti ampuh untuk mematikan HP baterai tanam yang mengalami hang & stuck karena sudah Saya coba sendiri.

Kalau kamu melakukannya dengan benar, Maka HP akan mati dengan sendiri dan setelah menyala sistem akan kembali menjadi normal.

Author

Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^

Write A Comment