HP Tidak Terdaftar di Jaringan

Salah satu parameter hampir semua orang untuk memilih sebuah provider yang akan digunakan untuk HP adalah kualitas jaringannya.

Namun beberapa pengguna HP khususnya pengguna perangkat android menemukan beberapa masalah ketika menggunakan sebuah provider, yaitu HP tidak terdaftar di jaringan.

Nah, maka dari itu kamu perlu mengetahui cara memperbaikinya agar dapat digunakan seperti sedia kala.

Penyebab Kendala Jaringan Tidak Terdaftar

Walaupun sudah menggunakan provider yang sinyalnya cukup kuat, permasalahan HP yang tidak terdaftar di jaringan (Not Registered on Network) sering kali muncul.

Penyebab dari HP yang tidak terdaftar di jaringan sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari kerusakan pada software hingga kerusakan pada hardware.

Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering ditemukan pada permasalahan jaringan yang tidak terdaftar pada HP:

1. Sistem yang Mengalami Error

Kerusakan pada sistem operasi yang disebabkan file cache yang sudah terlalu penuh atau terdapat aplikasi yang error juga bisa mempengaruhi fungsi kerja jaringan yang digunakan.

Kalau penyebabnya karena terdapat sistem yang error biasanya hanya perlu melakukan setting ulang agar jaringan dapat terdeteksi kembali tanpa perlu mengganti komponen-komponen tertentu.

2. Jaringan yang Gangguan

Kalau di HP yang kamu gunakan muncul pesan “Not Registered on Network” mungkin saja memang provider tersebut sedang mengalami gangguan.

Biasanya provider yang gangguan diakibatkan karena terdapat beberapa permasalahan teknis atau sedang mengalami perawatan yang otomatis akan mengganggu kinerja jaringan provider tersebut.

Jaringan gangguan juga bisa membuat kartu SIM jadi tidak ada layanan

3. Kerusakan Komponen IC PA

IC PA adalah komponen di dalam HP yang berfungsi menangkap sinyal pada provider yang kamu gunakan.

Nah, kalau IC PA sudah mengalami kerusakan, otomatis HP sudah tidak bisa menangkap sinyal dan biasanya muncul pesan “jaringan tidak terdaftar” atau “not registered on network”.

Bisa juga membuat masalah pada jaringan seluler.

4. IMEI Hilang

Setiap HP pasti memiliki sebuah identitas berupa rangkaian nomor unik yang dinamakan IMEI. Nah IMEI sendiri juga dapat mempengaruhi jaringan yang digunakan dalam sebuah HP.

Jadi kalau IMEI hilang, tentunya HP tidak bisa menangkap jaringan provider dengan baik bahkan bisa muncul pesan kalau jaringan tidak terdaftar.

Cara Memperbaiki HP Tidak Terdaftar di Jaringan

Kalau kamu sudah memahami beberapa penyebabnya, sekarang kamu pastinya harus juga tahu cara memperbaiki HP jaringan tidak terdaftar.

Berikut langkah-langkah yang bisa digunakan untuk semua tipe dan merk HP android:

1. Lakukan Registrasi Kartu SIM

Kalau kamu menggunakan kartu SIM baru dan muncul pesan kalau jaringan tidak terdaftar, artinya kamu belum melakukan registrasi kartu.

Registrasi kartu saat ini harus dilakukan bagi semua kartu SIM agar setiap nomor memiliki identitas pemiliknya yang jelas.

Untuk cara registrasinya masing-masing provider memiliki cara yang berbeda-beda. Namun hampir semua provider menggunakan media SMS atau kode dial dalam melakukan registrasi.

Cek juga solusi kalau kamu mengalami kartu sim tidak terbaca

2. Setting Jaringan Secara Manual

Sebenarnya ketika kamu sudah memasukan kartu SIM ke dalam HP, sinyal provider yang kamu gunakan otomatis akan masuk.

Namun di beberapa perangkat HP, jaringan masih terdeteksi belum terdaftar yang tentunya membuat HP belum bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan setting jaringan secara manual dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan HP lalu pilih opsi pengaturan kartu SIM.
  • Setelah itu kamu bisa memilih kartu SIM yang ingin di setting ulang lalu buka menu pengaturan Jaringan Seluler.
    • Atur mode pencarian jaringan menjadi manual dan kamu bisa memilih provider yang sedang digunakan.

Kamu hanya perlu menunggu hingga pencarian jaringan berhasil.

3. Ubah Mode Jaringan (3G, LTE, 2G)

Tidak jarang ketika menggunakan jaringan 4G, kamu menemukan beberapa masalah, salah satunya adalah jaringan yang tidak terdaftar.

Nah untuk mengatasinya hal ini, kamu bisa mengubah mode jaringan menjadi jaringan 2G atau LTE agar jaringan bisa terdeteksi oleh perangkat HP.

Untuk mengubah mode jaringan 4G menjadi lebih rendah, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka menu pengaturan HP terlebih dahulu lalu setelah itu buka pengaturan kartu SIM.
  • Pilih kartu SIM yang sedang digunakan lalu buka pengaturan jaringan dan pilih opsi jaringan “2G” atau “LTE”.
  • Kamu bisa menunggu hingga beberapa saat hingga sinyal pada HP akan muncul kembali dengan jaringan 2G atau LTE.

4. Restart HP

Cara mengatasi HP yang tidak terdaftar di jaringan selanjutnya adalah dengan melakukan restart HP.

Melakukan restart HP akan membuat sistem menjadi lebih fresh dengan menghilangkan semua data sistem yang sebelumnya mengalami bug atau error.

Dengan melakukan restart juga akan membuat HP melakukan pencarian ulang sinyal provider yang sedang kamu gunakan.

5. Coba dengan SIM Card Lain

Dengan mencoba SIM card lain, kamu bisa mengetahui letak penyebab terjadinya masalah jaringan yang tidak terdaftar.

Kamu bisa mencoba menggunakan SIM card lain dan setelah itu cek kondisi jaringannya:

  • Kalau jaringannya normal, artinya SIM card yang kamu gunakan sebelumnya memang mengalami kerusakan
  • Tapi kalau sudah menggunakan SIM card lain dan jaringan masih belum terdaftar, artinya terdapat komponen yang bermasalah di HP yang kamu gunakan.

6. Ganti ROM

Mengganti ROM bukan hanya mengganti tampilan pada HP, namun juga mengganti seluruh sistemnya.

Mengganti ROM artinya kamu juga melakukan flashing firmware dari versi lama ke versi yang lebih baru, tujuannya adalah untuk memperbaiki sistem yang mengalami bug.

Caranya:

  1. Lakukan pengecekan nama file custom ROM kembali, karena biasanya pada nama file ROM terdapat juga informasi tipe atau kode nama perangkat HP yang kompatibel dengannya.
  2. Jika kamu ingin mengunduh dan memasang sebuah custom ROM, kamu perlu membaca berbagai informasi seputar custom ROM tersebut terlebih dahulu, termasuk ulasan dan komentar pengguna lainnya.
  3. Untuk cara flash-nya sendiri biasanya sudah ada tutorial memakainya. Tinggal ikuti saja nanti

7. Factory Reset

Kamu juga bisa menggunakan fitur factory reset sebagai cara memperbaiki HP yang tidak terdaftar di jaringan.

Factory reset sendiri berfungsi untuk mengembalikan sistem menjadi setelan pabrik dengan menghapus semua data sistem yang telah terinstall sebelumnya.

Sebelum kamu menggunakan fitur ini, pastikan kalau data-data penting harus di back up terlebih dahulu supaya nggak ikut terhapus ketika proses factory reset berjalan.

Untuk langkah-langkah menggunakan fitur factory reset cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu pengaturan pada HP lalu pilih opsi “Cadangkan dan Setel Ulang” kemudian pilih “Kembalikan ke Setelan Pabrik”.

8. Bawa Ke Tukang Servis

Cara terakhir untuk memperbaiki HP yang tidak terdaftar di jaringan adalah dengan membawanya ke service center.

Kalau kerusakan terjadi pada IC PA, tentunya komponen tersebut harus segera diganti agar HP dapat mendeteksi jaringan kembali sekaligus memperkuat penangkapannya.

Kesimpulan

Permasalahan jaringan yang tidak terdaftar oleh HP atau Not Registered on Network sering kali terjadi di HP android.

Dengan memahami cara memperbaiki HP tidak terdaftar di jaringan yang sudah dijelaskan di atas, harapannya kamu bisa memperbaiki masalah tersebut tanpa perlu langsung membawa ke service center.

Karena tentunya akan mengeluarkan biaya, terlebih HP yang kamu gunakan nggak punya garansi.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^