Jaringan Seluler Tidak Tersedia

Sebuah provider tentunya harus memiliki jaringan seluler agar dapat digunakan untuk segala aktivitas komunikasi, seperti telepon, SMS, atau berselancar di internet.

Namun di beberapa pengguna ditemukan beberapa masalah ketika menggunakan kartu SIM tersebut, salah satunya adalah muncul pesan jaringan seluler tidak tersedia.

Oleh karena itu, penting untuk kamu memahami cara mengatasi jaringan seluler HP yang tidak tersedia.

Kendala/Masalah Jaringan Seluler Pada HP

Jaringan seluler yang tidak tersedia tentunya akan membuat fungsi dari penggunaan HP menjadi berkurang, contohnya seperti tidak bisa melakukan semua aktivitas komunikasi termasuk tersambung ke jaringan internet.

Nah hal ini bisa disebabkan karena beberapa penyebab, mulai dari faktor internal pada HP hingga faktor eksternal seperti gangguan yang terjadi pada provider yang digunakan.

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasi jaringan seluler HP yang tidak tersedia, kamu terlebih dahulu perlu memahami penyebabnya.

Ketahui Penyebabnya Terlebih Dulu

Tentunya semua penyebab jaringan seluler tidak tersedia berhubungan langsung dengan sistem kerja sinyal pada perangkat HP.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa penyebab dari jaringan seluler HP yang mengalami masalah.

#1. Provider Mengalami Gangguan

Masalah yang paling sering menjadi penyebab jaringan seluler yang tidak tersedia adalah karena provider yang kamu gunakan mengalami gangguan.

Kalau provider mengalami gangguan, biasanya sinyal akan tiba-tiba hilang yang akhirnya membuat kartu SIM menjadi tidak tersedia.

#2. Sinyal yang Terlalu Lemah

Satu lagi masalah yang sering menjadi penyebab dari jaringan seluler yang tidak tersedia adalah karena sinyal provider yang terlalu lemah.

Hal ini bisa disebabkan karena faktor lokasi kartu SIM tersebut digunakan, jadi sinyal provider tidak menjangkau lokasi tersebut.

#3. Jaringan Sedang Gangguan

Jaringan yang mengalami gangguan bisa disebabkan karena faktor cuaca atau terdapat perbaikan jaringan pada provider yang digunakan.

Biasanya setiap provider memiliki call center yang bisa kamu gunakan untuk menanyakan informasi terkait gangguan tersebut.

#4. Komponen HP Rusak

Kalau komponen HP sudah rusak, apalagi komponen yang berkaitan dengan sinyal, tentunya akan mempengaruhi kinerja sinyal pada HP.

HP kamu harus segera diservis untuk segera diperbaiki atau diganti komponen yang baru.

Ada juga sebab lain seperti masalah IMEI

Cara Mengatasi Jaringan Seluler HP Tidak Tersedia

Nah setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kamu bisa memahami cara mengatasi HP yang jaringan seluler tidak tersedia dengan tepat.

Cara-cara yang akan saya jelaskan ini dapat kamu gunakan untuk semua operator dan juga merk HP, jadi cukup efektif untuk mengatasi jaringan yang bermasalah.

Berikut caranya:

1. Restart HP

Cara yang paling mudah dan sederhana agar jaringan seluler dapat terdeteksi kembali adalah dengan melakukan restart.

Jaringan yang tidak tersedia juga bisa disebabkan karena sistem HP yang mengalami bug atau error.

Dengan melakukan restart, HP akan otomatis merefresh sistem kembali sehingga bug atau error yang mengakibatkan jaringan terganggu akan menghilang.

2. Bersihkan SIM Card

SIM card yang kotor biasanya disebabkan karena pemakaian SIM card yang sudah terlalu lama dan nggak pernah dilepas untuk dibersihkan.

Kamu harus membersihkan SIM card secara rutin minimal sebulan sekali agar SIM card tetap bersih dan bisa bekerja dengan optimal.

Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu menyiapkan kapas yang lembut dan bersihkan kotoran atau debu pada SIM card secara perlahan. Pastikan komponen kuningan pada SIM card juga sudah bersih dari debu dan kotoran yang menempel.

3. Coba Gunakan Kartu SIM Lain

Cara selanjutnya untuk mengatasi jaringan seluler HP yang tidak terdeteksi adalah dengan mencoba menggunakan kartu SIM lainnya.

Cara ini digunakan untuk mencari tahu letak kerusakan yang mengakibatkan jaringan seluler bermasalah.

Kalau dengan menggunakan kartu SIM lainnya HP dapat menangkap sinyal dengan normal, artinya yang mengalami kerusakan adalah pada kartu SIM yang Kamu gunakan sebelumnya.

Tapi kalau sudah menggunakan kartu SIM lain jaringan masih belum tersedia, artinya terdapat komponen di dalam HP yang sudah mengalami kerusakan.

4. Gunakan Perangkat Lain dengan Kartu SIM sama

Cara mengatasi jaringan seluler yang bermasalah selanjutnya nggak jauh beda dengan cara sebelumnya.

Perbedaannya adalah kamu mencoba menggunakan perangkat lain dengan kartu SIM yang sama.

Kalau dengan perangkat lainnya kartu SIM yang kamu gunakan berfungsi, artinya komponen di dalam HP yang kamu gunakan sebelumnya ada yang bermasalah.

Tapi apabila dengan menggunakan perangkat lain jaringan seluler masih belum tersedia, artinya kartu SIM yang kamu gunakan tersebut yang mengalami masalah.

5. Pastikan Sinyal Terjangkau di Daerah Anda

Masing-masing provider memiliki jangkauan jaringan yang berbeda-beda, jadi kalau sinyal HP tiba-tiba hilang di lokasi tertentu, artinya jaringan dari provider yang Kamu gunakan belum menjangkau lokasi tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba mengganti dari jaringan 4G ke jaringan yang lebih rendah seperti jaringan 3G atau jaringan 2G/LTE.

Untuk mengubah jaringan 4G ke jaringan yang lebih rendah, kamu bisa mengetik kode dial *#*#4636#*#* lalu masuk ke menu informasi telepon.

Setelah itu kamu bisa mengubah jaringan dari 4G ke jaringan lainnya sesuai dengan kekuatan sinyal yang terdapat di lokasi tersebut.

6. Lakukan Setting Sinyal Manual

Ketika kartu SIM sudah terpasang di perangkat HP harusnya jaringan akan otomatis muncul, tapi di beberapa perangkat HP jaringan masih belum bisa terdeteksi yang menyebabkan HP belum bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus melakukan setting sinyal secara manual agar jaringan provider yang Kamu gunakan bisa terdeteksi oleh HP.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan setting jaringan secara manual:

  1. Buka menu pengaturan HP lalu pilih opsi pengaturan kartu SIM.
  2. Pilih kartu SIM yang ingin di setting ulang lalu buka menu pengaturan Jaringan Seluler.
  3. Atur mode pencarian jaringan menjadi manual dan pilih provider yang sedang digunakan.

Kamu tinggal menunggu hingga pencarian jaringan berhasil.

7. Diamkan Beberapa Saat

Jaringan seluler yang tidak tersedia juga bisa disebabkan karena gangguan sementara pada provider yang kamu gunakan. Bisa juga karena faktor cuaca buruk yang menyebabkan sinyal provider menjadi jelek.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menunggu hingga beberapa saat sampai jaringan bisa normal kembali.

Tapi kalau sudah terlalu lama dan jaringan masih belum kembali normal, kamu bisa menghubungi call center provider yang digunakan untuk menanyakan informasi terkait gangguan tersebut.

8. Factory Reset

Kamu juga bisa menggunakan fitur factory reset yang tersedia di HP android sebagai cara mengatasi jaringan seluler HP yang tidak tersedia.

Sebelum menggunakan fitur factory reset, kamu harus memastikan kalau data-data penting harus di back up terlebih dahulu agar nggak ikut terhapus ketika proses factory reset berjalan.

Langkah-langkah menggunakan fitur factory reset cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu pengaturan pada HP lalu pilih opsi “Cadangkan dan Setel Ulang” kemudian pilih “Kembalikan ke Setelan Pabrik”.

9. Servis HP

Jika yang mengalami masalah adalah komponen HP, tentunya harus segera dibawa ke service center untuk segera diperbaiki atau diganti komponennya.

Biasanya komponen yang rusak dikarenakan faktor usia HP yang sudah terlalu lama atau kesalahan penggunanya seperti terjatuh, tertindih, atau terkena air hingga membuat HP menjadi konslet.

Dengan membawa ke service center, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya untuk jasa atau penggantian komponen jika memang harus diganti.

Kesimpulan

Sebelum membawa HP ke service center, lebih baik kamu menggunakan cara-cara sebelumnya terlebih dahulu untuk mengatasi jaringan seluler HP yang tidak tersedia.

Kamu juga sebelumnya harus mengetahui penyebabnya agar bisa menggunakan cara yang tepat agar jaringan kembali menjadi normal.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^