Cara Perbaiki Kabel Data Rusak, Longgar, Tidak Mengisi

Ketika membeli sebuah HP tentunya kamu akan mendapatkan beberapa perangkat di dalam paket pembeliannya, salah satunya adalah charger.

Perangkat charger sendiri dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Kepala charger (adapter)
  • Dan kabel data.

Namun, kabel data adalah salah satu perangkat pada HP yang sering mengalami kerusakan atau menjadi longgar sehingga mengakibatkan HP tidak dapat mengisi daya.

Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara perbaiki kabel data rusak, longgar, tidak mengisi.

Pertama Kamu Ketahui Dulu Penyebabnya

Sebelum memahami cara memperbaiki kabel data yang rusak, kamu terlebih dahulu juga harus memahami beberapa penyebabnya.

Kamu perlu memahami hal ini agar dapat memperbaiki kabel data yang mengalami kerusakan dengan tepat.

#1. Sering Terkena Goyangan

Kabel data yang ketika melakukan pengisian tergoyang secara sering, bisa jadi membuat konektor USB dan konektor ponsel akan merenggang karena tidak bisa menahan tekanan tersebut.

Hal ini juga yang bisa menyebabkan konektor HP menjadi longgar dan HP nggak bisa melakukan pengisian daya.

#2. Tertindih Beban yang Berat

Kabel data yang tertindih bisa jadi diakibatkan karena kamu pernah membawa HP ketika tidur sambil melakukan pengisian daya.

Tanpa kamu sadari, kabel data akan tertindih oleh tubuh kamu sendiri dan menyebabkan kabel memiliki tekanan berlebih.

#3. Tidak Digulung dengan Benar

Kabel data yang dibawa ketika bepergian sering kali hanya dibiarkan tertekuk saja dan nggak digulung dengan rapi. Hal ini lah yang menyebabkan kabel data menjadi tertekuk dan membuat kabel yang ada di dalamnya menjadi putus.

Bahkan kalau sudah parah, kabel data udah nggak bisa berfungsi lagi, baik untuk melakukan pengisian daya atau transfer data.

4. Konektor Tersiram Air

Kalau terdapat air di dalam konektor, bisa jadi bukan hanya merusak konektor itu sendiri tapi akan merusak kabel data juga.

Air menyebabkan konektor HP menjadi berkarat dan ketika melakukan pengisian daya, bisa jadi bekas air tersebut akan masuk juga ke bagian konektor kabel data dan membuat karat juga.

Baca juga cara mengatasi konektor HP rusak

Cara Mudah Perbaiki Kabel Data Rusak Tanpa Harus ke Tempat Service

Kabel data yang sudah error tentunya akan mengakibatkan tidak optimalnya proses pengisian daya pada HP dan membuat Kamu pasti ingin segera menggantinya.

Namun kendalanya adalah untuk menggantinya tentu kamu harus menggunakan kabel data original yang biayanya cukup mahal.

Jangan buru-buru, coba cara untuk memperbaiki kabel data USB yang rusak:

Alat dan Bahan yang Dipersiapkan

  • Amplas besi yang pada bagian kasarna berwarna hitam
  • Bisa menggunakan amplas kayu kalau amplas besi tidak ada
  • Tisu
  • Tang jepit
  • Jarum

#1. Amplas Bagian Konektor Charger

Komponen yang berfungsi untuk mengantarkan daya ke perangkat HP adalah konektor. Kalau konektor mengalami kerusakan, tentunya menyebabkan baterai pada HP tidak mengisi.

Namun kalau kabel data masih bisa digunakan untuk mengisi tapi hanya saja waktu pengisiannya yang cukup lama, kemungkinan penyebabnya adalah konektor hanya kotor saja.

Solusinya dengan amplas:

  1. Pastikan kalau yang kamu gunakan amplas besi yang pada bagian kasarnya berwarna hitam. Kamu bisa mendapatkan amplas besi ini di toko bahan bangunan dengan harga sekitar 2 ribu hingga 3 ribu rupiah saja.
  2. Kalau amplas besi nggak ada, kamu juga bisa menggunakan amplas kayu sebagai alternatifnya.
  3. Langkah selanjutnya adalah mulai mengamplas bagian konektor kabel data secara perlahan. Kamu juga bisa mengamplas bagian lubang USB supaya kotoran yang ada di dalamnya juga hilang.
  4. Nantinya hasil dari amplas tersebut akan membuat konektor menjadi baret, tapi hal ini nggak jadi masalah kok.
  5. Langkah terakhir adalah dengan mengelap bagian konektor menggunakan tisu dan mencoba melakukan pengisian daya kembali.

Cara ini pun bisa digunakan untuk memperbaiki kabel data iPhone yang rusak karena terlalu banyak kotoran yang ada di dalam bagian konektornya.

#2. Gunakan Tang untuk Mengatasi Kabel Data Longgar

Kabel data yang mudah lepas dari port USB ketika di cas bisa jadi akibatkan karena konektor yang sudah longgar.

Kabel data yang longgar bisa ditandai ketika HP bergerak atau goyang sedikit saja, proses pengisian daya akan tiba-tiba terputus dan menyambung.

Nah untuk mengatasi masalah kabel data yang longgar ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan tang jepit. Perlu kamu perhatikan, pastikan kalau yang digunakan adalah tang jepit, bukan tang yang digunakan untuk memotong kabel.
  2. Setelah itu kamu bisa mengambil kabel data yang rusak lalu jepit dan tekan secara perlahan konektor menggunakan tang jepit tersebut. Hal ini agar hasilnya nggak terlalu rapat supaya masih mudah untuk di masukan ke port USB HP.
  3. Langkah selanjutnya yaitu menyambungkan kabel data ke HP untuk melakukan pengecekan apakah kabel data sudah normal atau belum.
  4. Kalau konektor masih longgar, kamu bisa mengulangi dengan cara yang sama hingga konektor sudah pas dan tidak mudah putus ketika melakukan pengisian daya.

#3. Menggunakan Jarum

Kabel data yang longgar juga bisa diakibatkan karena konektor di dalam port HP yang berubah posisinya.

Nah untuk mengatasi hal ini kamu harus menggeser konektor USB HP agar sesuai dengan posisi semulanya.

Berikut ini adalah cara menggeser konektor USB HP yang longgar:

  • Pastikan kamu sudah menyiapkan jarum yang bentuknya pipih, kecil tapi kuat. Diusahakan jangan menggunakan jarum yang terlalu besar agar mudah untuk menggesernya dan nggak merusak konektor juga.
  • Setelah itu kamu bisa memasukan jarum ke dalam port USB HP dan coba untuk menggeser konektor ke atas atau ke bawah sesuai posisi awalnya.
  • Setelah itu kamu bisa mengecek kembali kondisi konektor dengan melakukan pengisian daya.

#4. Menyambungkan Kabel yang Rusak dengan Kabel Data Lain

Kabel data yang rusak pasti nggak semua komponennya juga ikut rusak, contohnya pada bagian ujung konektor atau bagian tengan kabel.

Nah maka dari itu kamu bisa menyambungkan bagian kabel yang rusak tersebut pada kabel data lain yang masih berfungsi. Untuk menyambungkannya, kamu perlu membutuhkan solder.

Kamu harus berhati-hati kalau menggunakan cara ini karena bisa jadi kabel malah menjadi tambah rusak karena efek solder tersebut.

Kalau kamu belum ahli dalam menyolder, kamu bisa meminta bantuan orang yang sudah ahli untuk menyolder kabel data tersebut.

Masih Rusak? Ganti Kabel Data

Pastikan kalau kabel data yang akan kamu gunakan adalah kabel data original.

Kabel data yang nggak sesuai dengan spesifikasi HP akan membuat konektor USB HP rusak atau bahkan sampai merusak komponen baterai HP.

Untuk memastikan kalau kabel data yang kamu gunakan original, kamu bisa membelinya di service center atau toko resmi dari merk HP yang kamu gunakan. Harga dari kabel data pun beragam, tergantung tipe dan merk HP nya.

Kesimpulan

Kamu perlu ketelitian dan kesabaran untuk menggunakan cara memperbaiki kabel data di atas.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, kamu nggak perlu buru-buru untuk membeli kabel data yang tentunya akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal kalau kabel data yang kamu gunakan original.