Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih/Hitam

HP Android banyak digunakan karena memiliki beberapa fitur yang dapat membantu penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan/kegiatannya.

Namun HP Android juga memiliki beberapa kekurangan ketika pemakaiannya, salah satunya adalah layar yang menjadi blank hitam/putih.

Tentunya layar yang blank menjadi putih/hitam nggak bisa merespon apapun perintah karena sistem mengalami kerusakan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara mengatasi layar HP Android blank putih/hitam.

Penyebab Layar HP Blank

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasi layar HP Android blank putih, kamu harus mengetahui penyebab dari masalah tersebut.

Dengan mengetahui penyebab dari layar yang blank, kamu akan bisa menggunakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari masalah layar HP Android yang blank menjadi hitam/putih:

1. Bootloop

Sistem yang mengalami bootloop bisa jadi membuat layar seperti blank. Namun pada masalah ini, bootloop bukanlah sistem yang loading secara terus menerus, tapi HP cuma menampilkan layar hitam saja.

Bootloop biasanya terjadi karena terdapat kerusakan pada data sistem yang membuat software pada HP mengalami error.

2. Sistem Tidak Bisa Load

Biasanya ketika HP dalam kondisi mati dan ingin dinyalakan, akan masuk langsung masuk ke halaman utama sistem operasi.

Tapi ketika sistem tidak bisa load, maka proses tersebut akan gagal dan membuat layar HP Android menjadi blank hitam/putih saja.

3. Sistem Tidak Stabil

Salah satu penyebab layar HP Android menjadi blank hitam/putih adalah karena sistem mengalami ketidakstabilan atau dapat disebut dengan crash. Sistem yang mengalami crash juga bisa saja terjadi karena kapasitas RAM yang sudah terlalu penuh.

4. Baterai Rusak

Tegangan baterai yang berkurang bisa jadi menyebabkan layar nggak kuat buat menampilkan gambar.

Baterai yang rusak bisa jadi karena beberapa hal, bisa jadi karena pemakaian yang terlalu lama, sering ditempatkan di lokasi yang panas, hingga umur baterai yang sudah tua.

5. Layar HP Rusak

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada HP Android adalah layar HP yang rusak. Kalau yang mengalami kerusakan pada layar HP, bisa jadi karena dari LCD atau fleksibel layar.

Baca juga Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal

Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih/Hitam

Sebagian besar orang ketika mengetahui layar HP nya menjadi blank akan langsung membawanya ke service center. Padahal kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu dengan beberapa cara yang cukup mudah.

Untuk memahami lebih jelas lagi tentang cara mengatasi layar HP Android blank, berikut adalah ulasannya:

1. Restart Paksa

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar HP yang menjadi blank adalah dengan melakukan restart paksa.

Restart paksa disini maksudnya dengan menggunakan kombinasi tombol agar HP dapat mati dan menyala secara otomatis. Biasanya cara ini digunakan untuk HP dengan tipe non-removable battery atau baterai tanam.

Setiap merk dan tipe HP memang memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan restart HP. Namun pada umumnya terdapat beberapa kombinasi tombol yang paling banyak digunakan untuk melakukan restart pada sebagian besar tipe HP.

Berikut ini adalah beberapa kombinasi tombol untuk melakukan restart HP Android:

  • Tombol power dan tombol volume down.
  • Tombol power, tombol volume up, dan tombol volume down.
  • Tombol power dan tombol home.

Kalau tipe HP yang kamu gunakan masih removable battery atau baterai yang dapat dilepas, untuk melakukan restart kamu bisa melepas baterai tersebut lalu memasangkan kembali agar sistem melakukan refresh.

2. Lepas SIM dan Memory Card

Cara selanjutnya untuk memperbaiki layar HP yang blank adalah dengan melepas SIM dan memory card dari HP. Dengan melepas SIM dan memory card sistem akan melakukan restart dan mengembalikan data yang rusak sebelumnya menjadi lebih baru.

Untuk melakukan cara ini, kamu perlu menonaktifkan HP terlebih dahulu sebelum melepas SIM dan memory card.

Kalau memungkinkan, kamu bisa juga melepas baterai agar proses refresh berjalan dengan lebih optimal. Setelah itu tunggu hingga beberapa menit, lalu pasang kembali komponen ke posisi awalnya.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi layar HP yang blank karena sudah pernah saya lakukan dan berhasil.

3. Lepas Baterai

Melepas baterai juga dapat menjadi cara untuk mengatasi layar HP Android yang blank. Dengan melepas baterai layar akan mati dan sistem akan secara otomatis melakukan refresh untuk memperbaiki sistem yang mengalami kerusakan.

Untuk HP tipe removable, tentunya sangat mudah karena hanya perlu untuk membuka casing dan melepas baterai yang terpasang pada HP.

Namun Kalau HP yang kamu gunakan adalah tipe baterai tanam, tentunya sedikit kesulitan untuk melepas baterai. Untuk bisa membongkar baterai tanam, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka SIM card tray dengan menggunakan SIM ejector atau jarum yang sesuai dengan ukuran lubang SIM card tray.
  2. Setelah itu kamu perlu membuka casing belakang HP bisa dengan menggunakan spudger. Kamu bisa menyisir seluruh bagian casing belakang sampai terbuka dan terlepas dari body HP.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan membongkar konektor HP menggunakan prying tool atau juga dapat menggunakan spudger. Perlu diperhatikan untuk membuka konektor HP harus dengan ketelitian yang tinggi agar nggak merusak konektor baterai itu sendiri.
  4. Setelah membuka konektor HP, kamu juga harus membuka modul loudspeaker menggunakan obeng. Modul loudspeaker memiliki 6 buah sekrup philips yang harus dilepaskan semuanya agar bisa dibongkar.
  5. Kalau semua komponen sudah dilepas, barulah kamu bisa melepas baterai tanam yang terdapat di dalam HP.

Baca juga Cara Perbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

4. Flash Ulang HP

Kalau semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah layar HP Android yang blank, kamu bisa mencoba untuk melakukan flash ulang HP. Dengan melakukan flash ulang semua data akan terhapus dan akan kembali ke mode setelan awal pabrik.

Setiap merk dan tipe HP Android memiliki cara masing-masing untuk melakukan flashing ulang. Kamu bisa bergabung ke forum resmi HP tersebut untuk mengetahui cara melakukan flashing.

Hal yang paling penting untuk melakukan flashing adalah memastikan bahwa file custom ROM yang akan digunakan sudah kompatibel dengan perangkat HP.

5. Bersihkan Socket Pada Bagian Layar

Selain masalah pada software, layar HP Android yang mengalami blank bisa jadi karena terjadi masalah pada komponen hardware, salah satunya pada bagian layar.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan soket pada bagian layar HP dengan cara membuka casing bagian belakang terlebih dahulu.

Setelah itu kamu bisa melepas kabel pada soket layar yang biasanya berada pada bagian samping. Kalau kabel sudah terlepas, kamu bisa membersihkan bagian ujung kabel konektor tersebut menggunakan penghapus yang sudah disiapkan sebelumnya.

Setelah itu kamu bisa menyambungkan kembali kabel tersebut lalu mencoba menyalakan HP kembali.

6. Bersihkan Cache Pada Sistem

File cache dapat dikatakan sebagai file sampah karena dihasilkan dari penggunaan aplikasi lainnya.

Kalau file cache ini sudah menumpuk, akibatnya akan membuat sistem menjadi error seperti nggak bisa loading atau terjadi crash ketika digunakan.Hal tersebut akan membuat layar HP menjadi blank dan nggak bisa digunakan kembali.

Untuk menghapus file cache pada HP Android, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah mematikan HP terlebih dahulu lalu menekan kombinasi tombol power dan volume down/up.
  2. Tunggu hingga HP masuk ke mode recovery dan kamu bisa mencari menu “Wipe” lalu pilih opsi “Wipe Cache”.
  3. Setelah itu sistem akan otomatis membersihkan semua file cache yang terdapat di dalam perangkat HP yang kamu gunakan.

7. Ganti LCD HP

Kalau LCD mengalami kerusakan karena sudah pecah atau nggak bisa berfungsi ketika disentuh, satu-satunya cara adalah dengan mengganti LCD HP tersebut.

Kalau kamu belum mahir untuk mengganti LCD, sebaiknya membawanya langsung ke service center agar diperbaiki oleh ahlinya. Untuk biaya penggantian LCD HP sendiri tergantung dari merk dan tipe HP tersebut.

Baca juga Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP Tidak Berfungsi

8. Ganti Baterai

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar HP Android yang blank adalah dengan mengganti baterai HP tersebut.

Permasalahan pada baterai bisa jadi merembet ke komponen lainnya dan juga sistem yang akhirnya akan membuat HP menjadi blank. Maka dari itu kamu perlu mengganti baterai agar sistem kembali menjadi normal.

Saya sarankan untuk mengganti baterai dengan yang original karena lebih awet dan punya usia pemakaian yang lama. Baterai yang original juga sudah sesuai dengan spesifikasi tegangan input yang dibutuhkan oleh HP tersebut.

9. Servis HP

Cara terakhir untuk mengatasi layar HP yang blank adalah dengan membawanya ke service center. Cara ini bisa kamu gunakan Kalau cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya masih belum bisa mengatasi layar HP Android yang menjadi blank.

Dengan melakukan servis, HP akan diperiksa oleh ahlinya langsung untuk mengetahui letak masalahnya.

Adapun untuk biaya servisnya tergantung dari penyebab permasalahannya tersebut. Kalau semakin banyak masalah yang menjadi penyebab layar menjadi blank, semakin besar pula biaya yang perlu kamu keluarkan.

Kesimpulan

Beberapa cara mengatasi layar HP Android blank putih/hitam diatas dapat digunakan untuk semua jenis HP Android. Layar HP blank bisa jadi karena kerusakan sistem atau komponen yang terdapat di dalam HP.

Kamu hanya perlu mengetahui penyebabnya agar dapat menggunakan cara yang tepat untuk mengatasi layar HP blank.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^