Cara Mengatasi Layar HP Berubah Warna

Produsen HP saat ini berlomba-lomba untuk membuat HP yang memiliki tampilan menarik dan juga nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Walaupun demikian, HP yang memiliki layar jernih juga tetap memiliki risiko kerusakan, seperti layar HP yang warnanya berubah menjadi kekuningan dan tampak pudar.

Nah, makanya kamu harus mengetahui penyebab dan juga cara mengatasi layar HP berubah warna.

Mengapa Layar HP Kuning Pudar?

Layar HP yang berubah warna menjadi kekuningan dan pudar bisa jadi karena faktor kelalaian penggunanya atau bisa jadi karena sistem HP itu sendiri yang mengalami error.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa penyebab layar HP menjadi berubah warna:

1. Fitur Temperatur Warna Aktif

Fitur temperatur ini sudah banyak ditemukan pada HP keluaran terbaru. Fitur ini sebenarnya berfungsi untuk membuat mata menjadi terasa nyaman ketika membaca menggunakan HP.

Biasanya fitur ini diaktifkan Kalau pada kondisi gelap agar cahaya dari HP nggak terlalu terang. Kalau kamu mengaktifkan fitur ini, layar HP otomatis akan menjadi tampak kekuningan.

2. HP Terkena Air

HP yang terkena air dalam jumlah yang banyak seperti tercebur ke air tentunya akan merusak komponen hardware yang terdapat di dalam HP. Akibatnya, HP bisa rusak dan resiko terburuknya menjadi mati total.

Kalaupun bisa dinyalakan kembali, layar HP tersebut akan memiliki bercak kuning yang membekas dan nggak bisa dihilangkan kecuali kamu mengganti komponen LCD nya.

3. Layar HP Tertekan Terlalu Keras

Layar adalah komponen yang sensitif bagi HP karena sangat mudah rusak. Walaupun sudah dilindungi oleh lapisan tambahan, Layar HP yang tertekan terlalu keras bisa membuat layar berubah warna menjadi lebih pudar.

Kalau sampai hal tersebut terjadi, artinya LCD mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

Baca juga Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

4. Suhu HP yang Terlalu Panas

Selain dapat merusak baterai, suhu HP yang terlalu panas dapat membuat layar menjadi burn sehingga terlihat tampak buram dan sedikit menguning.

Selain itu, HP yang sering digunakan dalam posisi di cas juga akan menyebabkan layar menguning karena HP akan menjadi panas. Maka lebih baik untuk menonaktifkan HP ketika dicas agar menghindari suhu panas yang muncul.

Cara Mengatasi HP yang Berubah Warna

Kalau penyebab dari layar HP yang berubah terletak pada kesalahan sistem, cara memperbaikinya cukup mudah karena kamu hanya perlu mengatur ulang setelan pada menu settings di HP yang kamu gunakan.

Namun kalau penyebabnya karena kerusakan teknis, kamu perlu mengganti komponen yang rusak dan membawanya ke service center.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi layar HP berubah warna yang dapat diterapkan untuk semua jenis HP android:

1. Cek Pengaturan Live Display

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar HP yang berubah warna adalah dengan mengatur ulang temperatur warna layar HP pada fitur “Live Display”.

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu settings pada HP yang kamu gunakan lalu masuk ke opsi “Display”.
  2. Setelah halaman “Display” sudah terbuka, pilih opsi “Live Display” lalu kemudian pilih “Color Temperature”.
  3. Langkah terakhir kamu bisa mengubah nilai temperatur “Day” dan “Night” menjadi lebih dari 6000K.

Setelah mengubah nilai temperatur menjadi lebih tinggi, maka layar HP yang kamu gunakan akan jauh lebih cerah dan warna kuning yang sebelumnya muncul akan menghilang.

Kamu bisa mengatur sesuai keinginan nilai temperatur pada HP, semakin tinggi nilai temperatur maka semakin biru juga warna yang dihasilkan pada layar tersebut.

Baca juga Cara Perbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

2. Bantuan Aplikasi Blue Light Filter

Selain dapat menggunakan menu settings di HP, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengatasi HP yang berubah warna, aplikasi tersebut yaitu Blue Light Filter.

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk HP keluaran lama yang nggak punya fitur “Color Temperature”. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan fitur “Color Temperature” yaitu mengatur cahaya biru sesuai kenyamanan penggunanya.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunduhnya melalui Playstore dan kalau sudah terpasang, kamu tinggal membukanya lalu mengatur temperatur warnanya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa ditampilkan pada ikon panel notifikasi, jadi kamu bisa menyesuaikan kecerahan kapanpun sesuai keinginan.

3. Kalibrasi Ulang Baterai

Kalau cara-cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi layar HP yang berubah, mungkin saja hal tersebut disebabkan karena masalah di pengaturan kalibrasi warna HP tersebut.

Berbeda dengan pengaturan temperatur, pengaturan di kalibrasi akan memiliki pengaruh secara langsung ke layar HP.

Untuk melakukan kalibrasi ulang warna layar, berikut adalah beberapa langkah-langkahnya:

  1. Buka menu settings yang terdapat pada HP kamu lalu pilih opsi “Display”.
  2. Setelah itu kamu bisa membuka opsi “Live Display” lalu pada kolom “Lanjutkan”, pilih opsi “Kalibrasi Warna”.
  3. Disana kamu bisa mengatur nilai warna agar semuanya dapat seimbang, contohnya seperti 100 – 100 – 100.
  4. Kalau sudah berhasil dikalibrasi ulang, pilih OK dan layar kamu akan kembali menjadi normal.

4. Nonaktifkan Reading Mode

Cara mengatasi layar HP berubah warna selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur reading mode pada HP. Fitur ini berfungsi untuk memanjakan mata ketika menatap layar HP ketika pada ruangan yang gelap.

Fitur ini biasanya dimiliki oleh HP android keluaran terbaru seperti Samsung A50, Xiaomi Mi 10, Redmi Note 7, dan masih banyak lagi.

Untuk menonaktifkan fitur reading mode cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu settings lalu pilih opsi “Display”. Cara opsi “Reading Mode” lalu nonaktifkan fitur tersebut.

5. Servis HP

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan Kalau semua cara di atas masih belum bisa mengatasi layar HP yang berubah warna adalah dengan membawanya ke service center.

Hal ini karena bisa jadi terdapat sistem yang mengalami kerusakan dan harus ahlinya langsung yang menanganinya.

Kamu bisa membawa HP tersebut ke service center resmi agar kalau harus mengganti komponen, akan diganti dengan komponen yang original.

Baca juga Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih/Hitam

Kesimpulan

Beberapa cara mengatasi layar HP berubah warna diatas adalah cara yang efektif dan ampuh untuk mengatasi masalah pada layar HP kamu.

Kalau cara-cara tersebut masih belum bisa mengatasi layar HP yang berubah, kamu dapat mencoba untuk reset atau melakukan flash ulang HP.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^