Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon Melalui WhatsApp

Seiring dengan perkembangannya, kini fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp semakin lengkap salah satunya adalah fitur yang membuat layar wa mati saat panggilan.

Bagi sebagian orang, fitur ini justru malah mengganggu. Mungkin mereka merasa jika fitur ini terkesan ribet ataupun dengan alasan yang lain.

Nah, jika kamu mengalami hal yang serupa dan ingin mengatasinya, maka tidak usah bingung. Dalam artikel kali ini, saya akan memberitahu pada kamu tentang cara mengatasi layar mati saat telepon WhatsApp secara lengkap dan jelas.

Kenapa Layar WA Mati Saat Panggilan di WhatsApp?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa layar HP mati saat melakukan telepon WhatsApp? Hal ini terjadi karena adanya sebuah sensor yang bernama Proximity.

Sensor ini akan membuat layar HP kamu menjadi gelap dan mati pada saat panggilan WhatsApp dilakukan.

Fungsi utama dari sensor Proximity ini, yakni agar baterai HP Kamu lebih hemat ketika digunakan untuk melakukan panggilan via WhatsApp, terutama dalam waktu yang lama.

Selain itu, sensor Proximity ini juga akan membuat sentuhan dari wajah dengan layar terhindar. Tentunya, kamu tidak perlu khawatir jika bagian-bagian pada layar HP akan tersentuh secara tidak sengaja.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di WhatsApp

Apabila kamu merasa tidak nyaman dengan keberadaan dari sensor Proximity ini, maka tidak usah bingung karena sensor tersebut bisa dimatikan kok.

Maka dari itu, langsung saja berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ikuti dalam cara mengatasi layar mati saat telepon melalui WhatsApp:

  • Pertama, bukalah pengaturan dengan menarik bar notifikasi ke arah bawah dan tap pada menu pengaturan dengan ikon berbentuk roda bergerigi. Biasanya menu ini terletak pada bagian atas kanan layar HP.
  • Jika aplikasi pengaturan tersebut sudah berhasil terbuka, maka scroll ke arah bawah dan cari opsi Aplikasi. Untuk beberapa merek HP, opsi Aplikasi ini dituliskan dengan kata Aplikasi Sistem. Kalau sudah ketemu, tap saja pada opsi Aplikasi tersebut.
  • Nah, pada menu yang selanjutnya, kamu perlu mencari opsi yang bernama Pengaturan Panggilan atau Setelan Panggilan Masuk.
  • Kemudian, kamu dapat langsung mentap lagi pada opsi Setelan Panggilan Masuk pada menu setelahnya.
  • Setelah itu, kamu akan melihat beberapa opsi yang bisa diaktifkan dan juga dimatikan.
  • Perhatikan pada opsi pada Sensor jarak, dan lihatlah apakah fitur tersebut aktif atau tidak.
  • Apabila fitur Sensor Jarak ini aktif, kamu bisa metap atau menggeser bar kecil pada bagian kanan tulisan Sensor Jarak untuk mematikan fitur yang satu ini.

Kemungkinan pada beberapa merek atau tipe HP, menu Aplikasi Sistem ini cukup sulit untuk ditemukan.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menggunakan fitur Pencarian yang ada pada HP kamu. Kemudian, langsung tulis saja “Aplikasi Sistem” dan lakukan cara seperti di atas.

Baca juga Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Bagaimana Jika Cara Ini Tidak Berhasil?

Lalu bagaimana jika cara di atas sudah dilakukan, namun layar masih tetap mati saat melakukan panggilan via WhatsApp? Jika hal ini benar terjadi, kemungkinan masalah tersebut bukan berasal dari software, melainkan pada sensor yang ada di HP kamu.

Biasanya masalah pada sensor ini, ditandai dengan layar HP kamu yang mati ketika melakukan telepon WhatsApp dan tidak bisa hidup lagi.

Masalah pada sensor ini, biasanya terjadi karena adanya bug maupun kotoran yang menempel pada permukaannya. Sensor ini terletak pada bagian atas layar HP dan berikut ini cara mengatasinya:

  • Jika HP yang kamu gunakan terlindungi oleh tempered glass, maka lepaskan terlebih dahulu tempered glass tersebut.
  • Setelah itu, lihatlah apakah sensor ini kotor ataupun tertempel oleh debu.
  • Namun meskipun ada kotoran atau tidak, saya sarankan untuk tetap membersihkannya supaya memastikan sensor menjadi bersih.
  • Untuk itu, kamu bisa mengelap sensor pada HP ini dengan menggunakan tisu maupun lap dengan tekstur lembut yang lain.
  • Kalau sudah, cobalah untuk melakukan panggilan WhatsApp lagi.
  • Apabila sudah berhasil, maka bersihkan juga tempered glass yang tadi digunakan dan pasang kembali.
  • Namun saya sarankan lebih baik jika kamu menggunakan tempered glass yang baru, untuk berjaga-jaga jika masalah ini terjadi karena tempered glass yang kamu gunakan.

Baca juga Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan WhatsApp

Jika Masih Tidak Berhasil Juga, Terus Harus Bagaimana?

Apabila kamu sudah mencoba untuk membersihkan sensor Proximty tapi layar HP tetap masih mati ketika digunakan untuk telepon WhatsApp, mungkin saja ada masalah pada sistem di HP kamu.

Masalah pada sistem HP ini, tentunya bisa berpengaruh pada semua hal termasuk juga dengan sensor Proximity pada HP tersebut.

Nah untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, maka alangkah lebih baik jika kamu melakukan factory reset dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, bukalah aplikasi pengaturan atau Settings yang ada di HP kamu.
  • Setelah itu, carilah menu yang bertuliskan Cadanagan Dan Setel Ulang.
  • Jika menu tersebut sudah ketemu, maka langsung pilih saja.
  • Kemudian cari lagi menu Kembalikan HP Ke Setelan Pabrik, dan tap pada menu tersebut.
  • Lanjut dengan mengikuti panduan yang diberikan pada HP hingga selesai.
  • Terakhir, HP kamu akan memproses factory reset ini dan melakukan booting ulang.
  • Jika sudah hidup kembali, maka HP kamu akan menjadi seperti baru lagi.

Sebelum melakukan Factory Reset ini, alangkah lebih baik jika kamu melakukann backup data terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan Factory Reset tersebut akan menghilangkan semua data yang ada di memori internal, termasuk dengan aplikasi dan juga file-file yang ada di dalamnya.

Baca juga Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto

Kesimpulan

Matinya layar HP pada saat melakukan telepon WhatsApp ini adalah karena sensor Proximity. Dengan sensor tersebut, maka baterai HP akan awet dan terhindar dari sentuhan tidak diingkan.

Jika kamu ingin mematikannya, tinggal ikuti cara mengatasi layar mati saat telepon WhatsApp di atas.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^