Mengenal Chatbot Eva.ID dan Fiturnya

Mengenal Chatbot

Dewasa ini Chatbot telah dikenal dalam dunia bisnis digital yang saat ini sedang berkembang. Namun sejauh ini, chatbot hanya mampu digunakan untuk mengoptimasi layanan seputar customer service.

EVA  (Electronic Virtual Assistant) mulai diluncurkan sebagai pesaing chatbot di platform lainnya. Alasan munculnya Eva.id ini dikarenakan adanya platform layanan konsumen dengan menawarkan kecerdasan buatan yang dianggap lebih efektif dalam bidang bisnis digital.

 Mengenal chatbot Eva.id

Eva.id merupakan salah satu platform yang menawarkan sebuah layanan obrolan yang dirasa efektif sebab didalamnya terdapat kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligent) yang sangat keren.

Chatbot dianggap sangat canggih sebab sistem kerjanya ialah menirukan percakapan yang sedang dilakukan/dibahas oleh manusia baik itu dalam bentuk suara atau hanya teks saja dan sistem kerjanya di bisa dilakukan pada aplikasi mobile, website, dan lain-lain.

Eva.id juga dibuat dengan berbagai fitur keren yang menjadikan para penggunanya akan merasa berbicara pada manusia secara nyata dan bukan seperti robot. Biasanya pengguna akan dapat mengatur terkait balasan apa yang akan diberikan kepada si konsumen.

Selain itu,  kamu juga dapat menggunakan chatbot eva.id sebagai salah satu platform yang bisa memberikan balasan cepat kepada para customer, jadi customer akan merasa diberi kepastian olehmu yang berkecimpung di dunia bisnis digital.

Fitur Chatbot Eva.id

Setelah kamu mengetahui sepintas mengenai chatbot eva.id, tentu kamu juga harus mengetahui pula apa saja fitur-fitur  yang ada pada platform tersebut. Adapun fiturnya yaitu sebagai berikut :

 1. Chatbot Yang Berbasis Linguistik

Saat ini, chatbot berbasis linguistik ini telah dirancang dengan sedemikian rupa agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada para penggunanya. Dalam chatbot ini terdapat adanya sifat fleksibilitas yang tinggi.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan para penggunanya, sebab chatbot akan mampu bekerja untuk mengolah jawaban yang akan diberikan kepada konsumen. Selain itu, chatbot ini juga sangat bisa untuk memeriksa terkait dengan kualitas sistem yang digunakan.

2. AI ChatBot (Machine Learning)

Pada chatbot ini telah dirancang dengan sangat mumpuni.  Didukung oleh software Artificial Intelligence tentu malah menjadikannya semakin canggih dan interaktif.

Selain itu, pada chatbot ini dianggap lebih keren dan canggih daripada yang berbasis linguistik. Kemudahan personalisasi yang diberikan tentu menjadikan para pengguna lebih tertarik untuk mencoba . AI ChatBot (Machine Learning).

Metode contextual dirasa sangat cocok saat dipakai pada chatbot jenis ini. Karena didalam Al Chatbot telah di lengkapi dengan adanya teknologi NLU (Natural Language Understanding).

3. Model Hybrid

Penggabungan dari linguistik dan AL akan tercipta adanya chatbot model Hybrid. Dalam chatbot ini akan dapat memberikan sistem yang maksimal kepada para penggunanya seperti adanya balasan percakapan yang lebih rinci dan detail.

Selain itu, pada model hybrid ini juga mampu menjadikan platform menjadi semakin fleksibel saat digunakan.

4. Model Voice Command

Terakhir, Model Voice Command juga dijadikan sebagai pilihan chatbot yang bisa bekerja dengan baik. Pada jenis ini, chatbot akan merespon dengan baik lewat pesan suara. Sehingga jenis yang terakhir ini dirasa jauh lebih mudah diaplikasikan daripada chatbot lainnya.

Fungsi Chatbot Eva.id

Nah, sekarang waktunya kamu untuk mengetahui apa saja fungsi chatbot eva.id baik dalam dunia bisnis digital atau yang lainnya.

1. Mampu bekerja untuk mengirimkan pengingat kepada para konsumen/pelanggan

2. Berfungsi untuk memberika respon  yang cepat kepada para konsumen/pelanggan

3. Bisa digunakan sebagai pengenalan sebuah produk dalam bentuk katalog

4. Dapat dipakai untuk mengumpulkan berbagai macam timbal balik/balasan dari konsumen

5. Dipakai untuk mengirim status tiket dan solusinya

Alasan  Chatbot Eva.id Penting Dalam Dunia Bisnis Digital

1. Mempersingkat Waktu

Faktanya, saat ini presentase orang memandang Eva.id sbagai platform yang mudah dijangkau dalam dunia bisnis digital sebesar 30%.

Pengguna telah membuktikan dan memberi pernyataan bahea dengan memanfaatkan chatbot untuk bisnis digital dirasa sangatlah membantu untuk memberikan respon yang cepat kepada konsumen.

2. 24 Jam Non Stop

Sangat penting diperhatikan terkait layanan terbaik yang diberikan kepada para konsumen. Layanan terbaik dapat berupa respon cepat dan baik. Sehingga dengan menggunakan chatbot, tentu pelayanan yang bisa diberikan kepada konsumen akan lebih maksimal selama 24 jam non stop.

3. Mengembangkan Lebih banyak customer experience

Pada dasarnya, chatbot eva.id bisa dengan mudah dalam meningkatkan pelanggan hanya dengan melalui percakapan saja. Sehingga akan terjadi sebuah peningkatan kualitas customer experience.

4. Hemat biaya

Alasan terakhir adalah adanya penghematan biaya saat kamu menggunakan chatbot eva.id ini. Biasanya biaya yang ditekan saat kamu menggunakan chatbot ini sebesar 25%-30%.

Demikian artikel terkait dengan chatbot eva.id dan berbagai macam fitur, fungsi, dan kegunaannya dalam dunia bisnis digital.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^