Pengertian Digital Marketing

Sebagian dari kalian pasti tidak asing lagi dengan istilah digital Marketing. Apalagi jika kalian sedang berkecimpung di dunia bisnis online. Biasanya istilah digital marketing sering ditemui pada sebuah brand suatu produk.

Untuk informasi lebih detail mengenai digital marketing, simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing disebut sebagai upaya seseorang dalam melakukan pemasaran produk atau brand yang dilakukan lewat internet atau dunia digital. Di jaman yang serba canggih ini tentu pemasaran produk akan semakin praktis melalui internet.

Adanya digital marketing bertujuan untuk dapat lebih mudah dalam menjangkau para konsumen di seluruh dunia. Istilah lain menyebutkan bahwa digital marketing adalah sebuah teknik yang digunakan dalam mempromosikan produk secara simpel melalui internet agar dapat menjangkau lebih banyak orang.

Umumnya penerapan digital Marketing ini dilakukan lewat beberapa sosial media seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Sejarah Digital Marketing

Pada tahun 1980-an teknologi manual sudah berkembang menjadi teknologi digital yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Seperti halnya digital Marketing yang mulai muncul akibat dari adanya revolusi teknologi yang sedang terjadi.

Dulu, teknologi digital sudah digunakan secara massal oleh orang-orang yang sudah melek teknologi pada saat itu. Penggunaan teknologi digital seperti digital Marketing ini perlahan  mulai merubah transformasi media pemasaran sebuah produk/brand ke arah yang lebih canggih dan praktis sampai sekarang.

Pentingnya Digital Marketing di Era Sekarang

Di jaman sekarang seseorang sudah tidak bisa terlepas dari keberadaan internet. Tanpa kalian sadari, di setiap harinya pasti kalian akan menghabiskan waktu dengan internet entah untuk membaca berita terbaru, streaming, bahkan belanja secara online. Ibarat kata, internet sudah menjadi makanan kita sehari-hari.

Saat akan melakukan belanja secara online, pasti seseorang terlebih dulu melihat-lihat produk yang dipasarkan dalam dunia digital.

Oleh sebab itu, sebagai penjual produk/brand sangat penting untuk mengaplikasikan digital Marketing untuk menjangkau dan berinteraksi dengan para customer.

Dengan digital Marketing inilah kalian sebagai pebisnis akan sangat diuntungkan karena dunia digital akan mampu memasarkan produk secara luas di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia sekalipun.

Bahkan pebisnis juga sekarang tidak perlu memahami cara pemasaran secara digital secara langsung. Cukup dengan menggunakan Digital Marketing Agency.

Keuntungan Memakai Digital Marketing

Setelah mengenal dan mengetahui sejarah dari digital Marketing, sekarang waktunya mengetahui apa saja kelebihan/keuntungan yang akan kalian dapatkan dari adanya digital Marketing.

Dibawah ini beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan, antara lain sebagai berikut :

1. Penyebaran Produk Cepat

Saat memanfaatkan digital Marketing untuk pemasaran, maka dapat dilakukan dengan cepat dan tidak memerlukan waktu selama bermenit-menit. Hanya menunggu hitungan detik, maka produk/brand yang anda pasarkan ini sudah tersebar secara luas ke semua dunia bisnis digital.

2. Membangun Nama Brand

Sebagai pengusaha kecil, tentu sangat ingin mengembangkan atau baru ingin membangun sebuah nama brand/produk tertentu. Hal ini dilatarbelakangi oleh kesadaran masing-masing pihak bahwa keberadaan nama brand sangat penting untuk memudahkan konsumen mencari  brand saat ingin membeli produk.

3.  Jangkauan Pemasaran Lebih Luas

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, penggunaan digital Marketing akan sangat tepat dilakukan. Dengan penyebaran produk yang cepat dan meluas, tentu akan memungkinkan banyak konsumen yang datang dan tertarik dengan produk yang telah dipasarkan.

4. Murah dan Efektif

Jika dilakukan perbandingan antara digital Marketing dengan pemasaran secara manual/tradisonal, tentu didapatkan presentase sebesar 80%. Dalam artian, penggunaan digital Marketing dirasa jauh lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara tradisional.

Tak hanya itu, saat ini diketahui banyak pengusaha yang masih kecil mulai berbondong-bondong untuk beralih pemasaran dari manual ke digital sebab dirasa lebih efektif dan mudah dilakukan sewaktu-waktu.

5. Kemudahan Melakukan Evaluasi

Melakukan pemasaran melalui digital marketing dirasa lebih efektif sebab dapat diketahui secara langsung setelah produk/brand selesai di publish.

Nantinya kalian akan melihat informasi seputar pemasaran produk yang kalian lakukan, seperti jumlah audiens yang sudah melihat, jumlah presentase penjualan, berapa lama produk akan dipasarkan, dan lain-lain.

Nah, saat kalian sudah membaca/melihat informasi diatas, tentu kalian semakin mudah dalam melakukan evaluasi terkait hal baik dan buruk yang ada pada produk yang telah dipasarkan melalui digital Marketing.

Demikian artikel terkait dengan digital Marketing yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami saat terjun di dunia bisnis digital/online.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^