Cara Mengatasi Error 7 TWRP

Cara Mengatasi Error 7 twrp

Tidak jarang ketika menginstall suatu custom ROM di HP dengan TWRP akan muncul pesan notifikasi “Updater process ended with ERROR: 7”.

Walaupun Kamu sudah mencoba mengunduh berulang kali file custom ROM, masalah tersebut tetap muncul kembali dengan pesan yang sama.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena terdapat file yang mengalami kerusakan atau corrupt.

Namun Kamu tidak perlu khawatir dengan masalah ini, terdapat beberapa cara untuk mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Error 7 di TWRP/CWM

Error 7 di TWRP menandakan bahwa terdapat kerusakan pada file custom ROM yang kamu pakai. Bisa karena source code yang sudah rusak atau terdapat data corrupt.

Masalah ini bisa juga disebabkan karena custom ROM tidak kompatibel dengan perangkat HP.

#1. Solusi Melalui PC

Nah kalau mengatasi error 7 di TWRP dengan menggunakan laptop / PC, Kamu perlu menyiapkan beberapa tools terlebih dahulu.

Terdapat 2 software yang perlu terpasang pada perangkat laptop / PC yang akan digunakan, yaitu WinRAR dan Notepad++.

Jika belum memilikinya, Kamu bisa langsung mengunduh di website resminya dengan gratis kok.

Jika semua tools sudah disiapkan, berikut ini adalah cara dan langkah-langkah untuk mengatasi error 7 TWRP menggunakan laptop / PC.

  1. Buka Folder Custom ROM > Kemudian Extract RAR dari Custom ROM
  2. Lalu kamu bisa masuk ke folder “META-INF” lalu pilih folder “com”.
  3. Di dalam folder “com” terdapat folder “google”, Kamu bisa memilih folder tersebut untuk dapat membuka folder “android” yang ada di dalamnya.
  4. Di dalam folder “android” tersebut terdapat 2 file yaitu “update-binary” dan “update-script”. Kamu bisa memilih file “updater-script” dengan klik kanan lalu pilih opsi “Edit With Notepad++”.
  5. Setelah jendela Notepad++ sudah terbuka, Kamu bisa menghapus kode

“assert(getprop(“ro.product.device…” hingga kode tanda ( ; ) yang pertama. Jadi hasilnya adalah kode pertama menjadi “ui_print…”

  1. Setelah itu kamu bisa menekan tombol ctrl + S atau klik menu file lalu pilih opsi “Save” untuk menyimpannya.
  2. Setelah itu Kamu bisa kembali ke folder utama custom ROM, select semua file yang terdapat di dalamnya lalu klik kanan dan kemudian pilih “Add to archive…”.
  3. Jika jendela “Archive name and parameters” sudah terbuka, Kamu bisa menyesuaikan kolom “Archive name” dengan nama file yang diinginkan.
  4. Setelah itu pilih opsi “ZIP” pada kolom “Archive format” dan untuk kolom “Compression Method” Kamu bisa memilih “Store” lalu klik “OK”.
  5. Jika proses compress file tersebut sudah berhasil, Kamu bisa mencoba untuk membuka file ROM tersebut.
  6. Langkah terakhir yaitu menyalin seluruh file ROM tersebut ke kartu memori HP, lalu coba kembali melakukan flashing. Error 7 yang terjadi di TWRP yang sebelumnya ditemui akan menghilang.

#2. Solusi Melalui HP (Tanpa PC)

Berikut Updetan jelaskan cara mengatasi error 7 di TWRP dengan menggunakan HP.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Kamu perlu mengunduh file TWRP versi terbaru seperti TWRP Orange Fox atau TWRP batik sesuai keinginan.
  2. Pastikan kalau file TWRP yang diunduh tersimpan ke ruang penyimpanan internal perangkat HP yang Kamu gunakan.
  3. Lakukan update TWRP dengan masuk ke file TWRP lalu pilih tombol “Install”.
  4. Setelah itu cari dan pilih file TWRP yang ingin dipasang pada perangkat HP, biasanya file memiliki format .zip atau .img.
  5. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih file “Recovery” lalu pilih tombol “Install Zip”.
  6. Jika halaman selanjutnya sudah muncul, pilih “Recovery” pada kolom “Select Partition to Flash Image” lalu geser ke kanan pada opsi “Swipe to confirm flash” dan tunggu hingga proses selesai.
  7. Jika prosesnya sudah selesai dan sudah muncul notifikasi “Successful” pada image flashed, pilih tombol “back” untuk kembali ke halaman awal TWRP.
  8. Setelah kembali ke halaman awal TWRP, pilih opsi “Reboot” lalu pilih opsi “Recovery” untuk melakukan reboot pada perangkat agar TWRP melakukan update ke versi terbaru.
  9. Jika HP yang digunakan sudah menyala kembali, Kamu bisa melakukan flashing file custom ROM yang sudah dipilih sebelumnya.
  10. Setelah proses flashing berhasil dan tidak terdapat error 7 di TWRP, lakukan reboot HP kembali untuk dapat menikmati custom ROM yang telah di flashing.

Kesimpulan

Cara mengatasi error 7 pada TWRP di atas dapat diterapkan di seluruh jenis HP dengan sistem operasi android, seperti Samsung, Oppo, Lenovo, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan HP maupun PC untuk memperbaiki file custom ROM yang menjadi penyebab error 7 pada TWRP.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^