Cara Menyambung Headset Putus

Cara Memperbaiki Headset Putus

Headset saat ini menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki sebagai pendamping HP karena fungsinya yang sangat banyak.

Selain sebagai media untuk mendengarkan musik, headset pun bisa digunakan untuk media dalam melakukan panggilan telepon atau video agar suara menjadi lebih jelas.

Namun kalau digunakan secara terus menerus, headset juga sangat rentan menjadi rusak, bisa karena terdapat komponen terlepas atau yang paling buruk adalah kabelnya yang putus.

Oleh karena itu disini Saya akan menjelaskan tentang cara memperbaiki headset putus rusak.

Cara Memperbaiki Headset Putus dan Rusak

Banyak orang yang nggak mengetahui bahwa kabel headset yang putus bisa diperbaiki kembali dan nggak perlu membeli headset baru.

Walaupun saat ini sudah banyak headset dengan harga yang cukup murah, namun tentunya kualitas suara yang dihasilkan akan sebanding dengan harga headset tersebut.

Dengan mengerti cara memperbaiki headset yang putus dan rusak, Kamu akan menghemat biaya karena nggak perlu melakukan penggantian headset.

Baca Juga: Begini Cara Memperbaiki Mode Headset di HP

Ketahui Dulu, Apa Yang Rusak?

Headset yang rusak bisa disebabkan karena 2 hal, yaitu terdapat kabel yang putus atau sambungan ke konektor headset yang terlepas.

Kalau headset tertekan tertalu keras, bagian sambungan tersebut sangat rawan terlepas, Jadi Kamu perlu berhati-hati dalam meletakannya.

Kalau kabel headset sampai putus, sudah dipastikan suara nggak bisa terdengar, bisa dari keduanya atau hanya keluar pada sebelahnya saja.

Untuk masalah ini, satu-satunya cara adalah dengan menyambungkan kembali kabel yang terputus.

Alat dan Bahan yang Harus Dipersiapkan

Untuk memperbaiki headset yang putus, Kamu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan nantinya.

Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang harus Kamu siapkan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah headset yang rusak.

  • Solder
  • Timah
  • Selotip khusus kabel, bisa ditemukan di toko alat-alat elektronik
  • Kalau diperlukan, gunakan selotip bening untuk membungkus pemisah kabel
  • Korek api
  • gunting

Langkah-langkah Kalau Konektor yang Rusak

Terdapat 2 cara memperbaiki headset yang putus dan rusak kalau masalahnya terdapat pada konektornya yang rusak.

Berikut ini adalah kedua cara tersebut.

  • Kalau permasalahannya terdapat pada konektor yang putus, Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan konektor jack berukuran 3.5 mm. Kamu bisa menemukannya di toko alat listrik dengan harga hanya 3 ribuan saja.
  • Kalau yang terputus adalah kabel ke konektor kepala headset nya, Kamu bisa memperbaikinya dengan melakukan solder ulang pada sambungan yang terputus.

Kalau ingin lebih mudah, Kamu bisa menyiapkan headset lain tapi konektornya masih normal dan menggunakan headset tersebut untuk dapat disambungkan ke headset yang ingin diperbaiki.

Kalau Kabel yang Putus/Rusak

  1. Langkah pertama yaitu Kamu bisa menyambungkan headset yang rusak ke perangkat HP dan coba dengarkan musik dengan volume suara yang cukup keras.
  2. Setelah itu Kamu bisa mengecek sumber kabel yang mengalami kerusakan dengan cara menekuk kabelnya dari ujung konektor hingga ujung kepala headset.
  3. Kamu bisa melakukan hal ini sambil mendengarkan suaranya sampai keluar kembali.
  4. Gunting Kabel yang menjadi sumber kerusakan lalu lupas bagian kulit kabelnya hingga bagian dalam kabel sudah terlihat. Kalau pada headset HP biasanya terdapat 2 kabel dengan warna yang berbeda, biasanya berwarna merah dan juga kuning.
  5. Sebelum menyambungkan kembali kabel yang putus, Kamu perlu membakar pelindung kabel dengan menggunakan korek api yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Kalau sudah dibakar, Kamu sudah bisa menyambungkan kabel sesuai dengan warnanya menggunakan selotip kabel.
  7. Kalau headset sudah tersambung, Kamu bisa melakukan tes suaranya kembali. Kalau suaranya masih belum terlalu jelas, Kamu bisa membongkar kembali sambungan tadi, lalu membakar kembali pelindung kabel tersebut.
  8. Setelah itu Kamu bisa menyambungkannya kembali sesuai dengan warna dari kabel tersebut.
  9. Nah kalau suara dari headset tersebut sudah normal, Kamu bisa menyolder sambungan kabel tersebut yang tujuannya supaya kabel nggak cepat putus lagi.
  10. Setelah selesai di solder, lapisi dengan selotip kabel dan kalau perlu lapisi lagi dengan selotip bening yang sudah disiapkan sebelumnya.

Tips Merawat Headset Supaya Awet

Adapun untuk merawat headset agar tahan lama Kamu bisa menggunakan cara-cara dibawah ini.

#1. Menghindari Volume Maksimal

Tips pertama yang bisa Kamu lakukan agar headset bisa tahan lama adalah dengan menghindari menggunakan headset dalam volume maksimal.

Terlalu sering menggunakan headset dalam volume yang keras bukan hanya bisa merusak telinga, namun juga bisa merusak komponen.

Kalau Kamu menggunakan headset dengan terlalu keras juga akan membuat suara headset menjadi bocor dan suara headset bisa kecil.

#2. Menggulung Kabel dengan Benar

Kabel headset yang panjang mengharuskan Kamu untuk selalu menggulungnya dengan benar. Hal ini perlu dilakukan supaya kabel nggak kusut dan terbelit-belit yang kalau dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan kabel cepat putus.

Maka dari itu Kamu perlu mempelajari cara menggulung kabel headset yang benar dengan cara-cara dibawah ini.

  • Menggunakan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis untuk menggulungkan kabel memutar tiga jari tersebut.
  • Lebih baik jangan menggulung semua kabel, Kamu bisa menyisakan kurang lebih sepanjang 10 cm.
  • Setelah itu Kamu bisa melepas ketiga jari tangan dari gulungan lalu kemudian Kamu bisa menggulung sisa kabel tadi untuk dijadikan sebagai pengikat dan masukan jack audio headset di bagian tengah gulungan tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki HP yang Tidak Keluar Suara

#3. Membersihkan Headset Secara Rutin

Headset yang sering digunakan juga harus dibersihkan secara rutin selain untuk menjaga kebersihan headset juga bisa menjaga agar headset memiliki umur yang panjang.

Kamu bisa membersihkan bagian kabel yang terkena noda dengan menggunakan alkohol agar noda dan bakteri bisa menghilang.

Selain itu, Kamu bisa membersihkan bagian earbud pada headset dengan menggunakan cotton bud yang sudah menggunakan alkohol 70%.

Selain menggunakan earbud, Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan headset agar suara yang dihasilkan kembali nyaring dan nggak sumbang.

Kesimpulan

Cara memperbaiki headset putus rusak dan tips-tipsnya dapat Kamu lakukan sendiri dengan mudah. Bahan-bahan untuk memperbaiki dan merawatnya pun cukup mudah untuk didapatkan.

Walaupun rata-rata memiliki umur pemakaian yang lama, headset harus tetap dirawat agar suara yang dihasilkan kualitasnya tetap terjaga.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^