Cara Memperbaiki IC Power HP

Cara Perbaiki IC Power HP

Salah satu komponen yang memiliki peran penting di dalam sebuah HP untuk dapat beroperasi dengan normal adalah IC Power.

IC power sendiri berfungsi untuk menyalurkan daya dari HP ke seluruh komponen di dalam sebuah HP.

Namun IC power juga dapat dikatakan sebagai komponen yang paling rawan rusak entah karena kesalahan penggunanya atau pemakaian yang sudah terlalu lama.

Rusaknya IC power dapat menyebabkan beberapa masalah pada perangkat HP, seperti indikator tegangan yang nggak berubah, sinyal yang sering hilang secara tiba-tiba, hingga yang paling parah adalah mati total.

Dengan IC power HP rusak tentunya akan merepotkan penggunanya terlebih jika sedang digunakan untuk keperluan yang penting.

Sekilas Tentang IC Power

IC Power adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam bagian HP yang berfungsi untuk memberikan tegangan daya ke komponen lain yang mendukung beroperasinya sebuah HP, seperti layar, sinyal, hingga PCB.

Maka dari itu jika IC Power pada sebuah HP rusak maka akan berpengaruh ke komponen lainnya.

Ciri-ciri Umum IC Power HP Rusak

Terdapat beberapa tanda yang dapat diketahui jika IC Power HP mengalami rusak, berikut adalah diantaranya.

1. Mati Total

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, IC Power memiliki fungsi untuk menghantarkan daya ke seluruh komponen yang ada di dalam HP.

Jika HP mengalami mati total dan nggak bisa merespon, bisa jadi IC Power di dalam HP Kamu mengalami kerusakan.

Berbeda halnya jika HP yang mengalami kerusakan pada sistem, HP akan merespon dengan tanda getar.

2. Sinyal Hilang

Ciri-ciri dari IC Power yang rusak juga dapat dilihat dari sinyal HP yang sering mengalami hilang secara tiba-tiba walaupun kartu SIM sudah coba untuk diganti berulang kali.

Sinyal bisa jadi juga mengalami hilang dan muncul kembali dalam frekuensi yang sering. Selain itu, kartu SIM yang nggak terbaca sama sekali juga bisa jadi gejala dari IC Power HP yang rusak.

3. Tidak Bisa Dicas

Akibat dari IC Power HP yang rusak juga dapat mempengaruhi komponen baterai sehingga HP tidak dapat melakukan pengisian daya.

Nah, berbeda dengan ciri-ciri IC Power yang rusak pada nomor 1, pada kasus ini baterai tidak dapat terisi sama sekali bahkan notifikasi lampu LED tidak aktif ketika Kamu coba sambungkan dengan charger.

4. Indikator Tegangan Tidak Berubah

Untuk mengecek indikator tegangan, Kamu bisa menggunakan multimeter atau power supply. Cara ini digunakan untuk melakukan pengecekan tegangan yang dikeluarkan oleh HP.

Caranya adalah dengan menyambungkan multimeter/power supply pada konektor baterai setelah itu Kamu bisa menyalakan HP dengan tombol power.

Langkah selanjutnya cek indikator tegangan yang dihasilkan pada multimeter yang digunakan.

Jika indikator menunjukan tidak ada perubahan, bisa jadi IC Power di dalam HP tersebut memang sudah rusak.

Cara Memperbaiki IC Power yang Rusak

Untuk mengatasi IC Power HP yang rusak, Kamu bisa membawa ke service center dan menggantinya dengan yang baru.

Namun jika kerusakan pada HP sudah parah, bisa saja Kamu juga mengganti motherboard HP secara keseluruhan.

Adapun untuk biaya penggantian IC power HP yang rusak dapat bervariasi sesuai dengan jenis dan tipe HP yang Kamu gunakan.

Rata-rata biaya penggantian IC power dapat berkisar antara 100 ribu hingga 600 ribu rupiah.

Penyebab IC Power Rusak

1. Umur HP yang Sudah Terlalu Tua

Seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian yang terus menerus dari sebuah HP, tentunya akan berpengaruh kepada kondisi komponen-komponennya tidak terkecuali pada IC power.

Daya kerja yang menurun pada sebuah HP akan membuat IC Power sangat rentan mengalami kerusakan.

Biasanya hal ini ditemukan pada perangkat HP yang sudah memiliki usia pemakaian lebih dari 5 tahun.

2. HP yang Dicas Terlalu Lama

Walaupun sebagian besar HP keluaran terbaru sudah memiliki teknologi yang dapat memutus pengisian daya ketika sudah terisi penuh, namun masih terdapat juga beberapa jenis HP yang belum menggunakan fitur tersebut.

Nah, jika proses pengisian daya terlalu lama walaupun indikator HP sudah full, hal tersebut dapat juga menjadi akibat dari IC Power HP yang rusak.

3. HP yang Sering dalam Keadaan Terlalu Panas/Overheat

Chipset HP yang dalam keadaan terlalu panas karena pemakaian terlalu lama atau kondisi suhu sekitar yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan IC power HP rusak.

Nggak cuma bisa buat IC power HP menjadi rusak, HP yang dalam kondisi overheat akan mempengaruhi kinerja dari seluruh komponen yang ada di dalamnya.

4. HP yang Terkena Air

HP yang terkena air dalam jumlah yang banyak tentunya dapat membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi rusak, tidak terkecuali IC Power.

IC Power yang sudah terkena air harus segera dikeringkan agar tidak cepat mengalami korosi.

Kamu bisa membuka casing dan melepas seluruh komponennya untuk dikeringkan namun hindari terkena kontak sinar matahari secara langsung.

Kesimpulan

Kerusakan pada IC Power sering kali terjadi pada HP terlebih perangkat HP dengan usia penggunaan yang sudah tua.

Ciri-ciri kerusakan IC Power pun dapat bermacam-macam, namun salah satu ciri-ciri yang paling dapat ditandai adalah perangkat HP yang sama sekali tidak bisa dinyalakan.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^