Cara Mengatasi Konektor HP Rusak/Longgar

Daya tahan baterai menjadi sudah menjadi salah satu parameter dalam memilih sebuah HP agar bisa menggunakannya lebih lama. Selain daya tahan baterai yang tinggi, faktor pengecasan yang cepat juga dapat menjadi poin plus untuk HP.

Walaupun sudah menggunakan HP dengan spesifikasi tersebut, tentunya HP tidak bisa terlepas dari yang namanya kerusakan, salah satunya kerusakan pada konektor HP yang membuat daya baterai tidak bertambah ketika dicas.

Oleh karena itu, kamu harus memahami cara mengatasi konektor HP rusak.

Ketahui Dulu Penyebabnya

Kamu perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu supaya bisa mengetahui cara yang tepat untuk memperbaiki konektor HP yang rusak.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab dari konektor HP yang mengalami kerusakan dan mengakibatkan HP tidak bisa di cas:

#1. Port Charger Sudah Karatan

Port charger yang memiliki kotoran sangat banyak atau bahkan sudah berkarat tentunya akan mempengaruhi kinerja pengisian daya baterai.

Karat yang ditimbulkan di dalam port charger akan membuat arus listrik yang akan masuk baterai menjadi terganggu.

#2. Kemasukan Air

Konektor adalah komponen yang sangat sensitif, kalau sampai terbantung atau bahkan kemasukan air tentunya akan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhkan perangkat HP dari lokasi yang banyak memiliki air akan memperkecil resiko konektor kemasukan air.

#3. Lubang Port Charger Sudah Longgar

Lubang port charger yang longgar juga bisa membuat daya baterai tidak terisi ketika melakukan pengecasan.

Port charger yang sudah longgar biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti sering menggunakan charger yang bukan bawaan HP atau memang usia HP yang sudah tua.

Ciri-ciri Konektor HP Rusak/Longgar

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, kamu juga harus mengetahui ciri-ciri jika konektor HP sudah mengalami kerusakan.

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa dijadikan sebagai indikasi kalau konektor HP sudah mengalami kerusakan seperti dibawah ini:

1. Baterai Tidak Bisa Dicas

Kalau ketika melakukan pengisian daya baterai nggak bisa dicas, artinya ada indikasi kalau konektor mengalami kerusakan.

Kamu bisa mengecek kerusakan memakai kabel charger dengan menggunakan perangkat HP lain.

Kalau kabel charger tersebut dapat berfungsi untuk mengecas baterai di perangkat HP lain, artinya memang konektor pada HP yang kamu gunakan sudah rusak.

2. Charger Sering Lepas Sendiri

Port charger yang longgar otomatis akan membuat charger sering lepas sendiri ketika melakukan pengisian daya. Biasanya kalau dalam kondisi normal, walaupun HP digerakan charger tidak akan lepas dengan mudah.

Tapi kalau port charger sudah longgar, biasanya charger sering lepas sendiri atau tiba-tiba tidak mengisi padahal charger hanya digerakan sedikit.

3. Proses Pengisian Daya yang Lama

Walaupun waktu pengisian daya tergantung dari adapter, kabel charger, dan spesifikasi HP yang kamu gunakan, tapi kalau proses pengisian daya sudah terlalu lama hingga berjam-jam hal tersebut dapat menjadi ciri-ciri konektor HP yang rusak.

Contohnya saja ketika kamu sudah melakukan pengisian daya selama 1 jam, tapi hanya terisi sebesar 10%, hal tersebut tentunya tidak masuk akal.

Baca juga cara perbaiki HP dicas malah berkurang

Cara Mengatasi Konektor HP yang Bermasalah / Rusak

Terdapat 2 cara yang biasanya digunakan sebagai cara mengatasi konektor cas HP yang rusak.

2 cara tersebut adalah dengan membersihkan konektor dan memperbaiki arahnya (kalau disebabkan karena konektor sudah terlalu kotor dan longgar) serta mengganti konektor charger kalau sudah rusak.

Nah untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Jika Konektor Kotor

Konektor yang memiliki debu atau kotoran yang sudah menumpuk tentunya akan mengganggu kinerja HP yang mengakibatkan pengisian daya akan menjadi lebih lama atau bahkan baterai nggak bisa terisi sama sekali.

Nah untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan pembersihan konektor dengan menyiapkan jarum yang digunakan untuk mengambil kotoran yang menumpuk di konektor.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggosok bagian atas dan bagian bawah konektor secara perlahan menggunakan jarum tersebut hingga konektor benar-benar sudah bersih dari tumpukan debu atau kotoran.

2. Jika Konektor Mudah Lepas/Longgar

Jika konektor sudah terlalu longgar dan tidak berada di posisinya, baterai tidak akan terisi walaupun di charger dengan waktu yang lama.

Untuk mengatasi konektor yang rusak akibat longgar, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan benda kecil yang berukuran panjang dan tipis seperti jarum yang bisa masuk ke dalam port charger.
  • Setelah itu, gunakan jarum tersebut untuk mengubah posisi konektor yang longgar. Kamu bisa mengarahkan agar posisinya berada tepat ditengah.
  • Langkah terakhir adalah dengan pastikan bahwa konektor sudah tidak longgar dengan mencoba melakukan pengisian daya.

Kalau kabel charger masih mudah lepas, berarti posisi konektor masih belum pas.

Sudah Diperbaiki, Tapi Tidak Bisa Ngecas?

Nah kalo sudah diperbaiki masih belum bisa melakukan pengisian daya, terdapat cara memperbaiki konektor HP rusak lainnya, yaitu dengan mengganti komponen pada HP.

Salah satu Komponen yang sering mengalami kerusakan adalah IC Charger dan kalau sudah rusak komponen ini harus segera diperbaiki atau kalau sudah parah harus diganti.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah penjelasan tentang cara memperbaiki dan mengganti IC Charger:

1. Perbaiki IC Charger

IC charger sendiri berfungsi sebagai penghantar daya dari konektor ke baterai, termasuk menampilan indikator daya baterai. Nah kalau kerusakannya belum parah, kamu bisa melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum mengganti IC charger.

Biaya perbaikan pun lebih murah kalau dibandingkan dengan harus mengganti IC charger yang harganya cukup mahal.

Karena untuk memperbaiki IC charger langkah-langkahnya cukup rumit, jadi lebih baik kamu menggunakan bantuan orang yang sudah ahli.

Baca juga kabel data rusak atau longgar

2. Ganti IC Charger

Kalau IC charger kerusakannya sudah terlalu parah hingga menyebabkan konektor nggak berfungsi, kamu harus mengganti IC Charger tersebut.

Kalau sudah terlalu parah dan hanya diperbaiki saja, kemungkinan terjadi kerusakan kembali sangat besar.

Jadi walaupun harga IC charger cukup mahal, HP yang kamu gunakan akan normal kembali dan masalah pengisian daya dapat teratasi.

3. Servis

Cara mengatasi konektor charger HP rusak yang terakhir adalah dengan melakukan servis keseluruhan untuk mengetahui letak kerusakan.

Kalau kamu melakukan servis terutama di service center, tentunya HP akan diperbaiki dengan ahlinya langsung dan akan langsung dilakukan penggantian komponen original kalau mengalami kerusakan.

Dengan kualitas yang diberikannya, tentu kamu perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan servis tersebut. Biaya yang kamu bayarkan adalah biaya jasa dan biaya penggantian komponen kalau ada komponen yang diganti.

Kesimpulan

Beberapa cara mengatasi konektor HP rusak di atas dapat digunakan untuk semua jenis dan merk HP, seperti Samsung, Xiaomi, iPhone, dan masih banyak lagi.

Cara-cara tersebut pun cukup sederhana dan sangat mudah untuk dipahami.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^