Cara Memperbaiki Mic HP

Biasanya mic digunakan untuk keperluan telepon atau video call yang memerlukan suara yang jelas agar pengguna lain bisa mendengarkan suara kamu dengan nyaman.

Namun mic juga sering kali mengalami masalah yang tentunya akan merepotkan karena fungsi HP sendiri menjadi berkurang.

Mic yang mengalami kerusakan bisa jadi karena beberapa hal seperti terjatuh atau sudah terlalu kotor. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara memperbaiki masalah pada mic di HP.

Kendala/Masalah Pada Mic HP

Masalah yang paling sering ditemukan pada komponen mic di HP adalah nggak berfungsinya mic untuk merekam suara.

Contohnya kalau kamu sedang menelepon, dengan kondisi mic nggak berfungsi tentunya orang yang kamu hubungi nggak bisa mendengar suara yang kamu ucapkan.

Penyebab Mic HP Tidak Berfungsi

Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, kamu juga akan bisa mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi pada mic HP yang digunakan.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa permasalahan yang sering terjadi:

#1. HP Terkena Air

Komponen HP yang kemasukan air dalam jumlah yang banyak sangat rawan terjadi kerusakan, Kamu bisa mengecek kerusakan mic dengan mencoba merekam suara melalui fitur recorder.

Kalau setelah merekam suara masih bisa masuk, artinya mic masih dalam kondisi normal. Namun kalau suara tidak bisa masuk ke perangkat HP, artinya mic mengalami kerusakan.

#2. Serangan Virus

Komponen mic yang mengalami kerusakan juga bisa jadi akibat dari serangan virus seperti malware.

Kamu bisa mengenali gejalanya dengan suara mic yang nggak bisa didengar oleh orang lain, suara mic menjadi kecil, hingga proses recorder suara nggak bisa dilakukan.

Speaker HP bermasalah (Bunyi Kresek), Cek Solusinya

#3. HP Terjatuh

Penyebab lainnya yang dapat merusak mic adalah karena HP terjatuh.

Terlebih kalau posisi terjatuhnya tepat mengenai komponen mic, tentunya hal tersebut akan membuat mic langsung rusak dan kemungkinan nggak bisa digunakan lagi.

#4. Mic Tertutup Debu dan Kotoran

Walaupun debu dan kotoran yang menutupi mic memiliki kemungkinan kecil untuk bisa membuat kerusakan, namun kalau dibiarkan terlalu lama hingga debu dan kotoran sampai menumpuk, tentu akan mengganggu fungsi mic itu sendiri.

Kamu perlu cek juga penyebab HP tidak keluar suara

Cara Memperbaiki Masalah Pada Mic

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, sekarang kamu harus mengetahui cara memperbaiki masalah pada mic yang tepat dan benar.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut langkah-langkahnya:

1. Restart

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah pada komponen mic adalah dengan melakukan restart pada HP.

Cara ini adalah cara yang paling mudah karena kamu hanya perlu menekan tombol power dan memilih opsi restart lalu membiarkan HP melakukan reboot.

Setelah melakukan restart, kamu bisa mencoba melakukan panggilan atau melakukan perekaman suara untuk mengecek apakah kondisi mic sudah kembali normal atau tidak.

2. Matikan Sementara

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, mic HP yang nggak berfungsi bisa jadi karena terjadinya error pada sistem HP.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menonaktifkan HP dan menunggu sekitar 1-2 menit sebelum dinyalakan kembali.

Cara ini digunakan agar sistem dapat melakukan refresh dan memperbaiki secara otomatis data yang mengalami error.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Adanya aplikasi pihak ketiga yang mengalami error juga bisa menjadi penyebab kinerja komponen mic di dalam HP menjadi berkurang.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menghapus atau uninstall sementara semua aplikasi yang sekiranya mencurigakan. Setelah itu, kamu bisak mengecek kondisi dari mic sudah berfungsi atau belum.

4. Bersihkan Mikrofon

Untuk membersihkan mic dibutuhkan trik khusus, yaitu dengan menggunakan peniti atau jarum kecil yang akan dimasukkan ke lubang mic di dekat konektor USB.

Perlu kamu perhatikan, jangan sekali-kali menggunakan kain katun untuk membersihkan mikrofon. Karena dapat menambah kotoran dengan serat kain yang dimilikinya.

5. Nonaktifkan Pengurangan Noise

Setiap HP android pasti memiliki fitur noise yang berfungsi untuk membuat suara menjadi jernih ketika melakukan panggilan atau merekam suara.

Namun fitur ini terkadang menyebabkan sistem HP mengalami bug dan berakibat berkurangnya fungsi dari mic.

Oleh karena itu, kamu bisa menonaktifkan pengurangan noise dengan cara berikut:

  • Buka menu pengaturan
  • Pilih opsi Panggilan
  • Cari opsi Pengurangan Noise
  • Nonaktifkan opsi tersebut dan lakukan restart HP.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, kamu bisa memastikan kembali dengan melakukan panggilan suara.

6. Periksa Izin Mic di Aplikasi

Untuk mengaktifkan fitur mikrofon, kamu bisa pergi ke menu pengaturan lalu cari opsi aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin diaktifkan fitur mic.

Kalau sudah masuk ke halaman aplikasi, kamu bisa pergi ke menu izin lalu pilih “Aktifkan izin microphone” untuk aplikasi tersebut.

7. Cek Menggunakan Mic Eksternal (Bisa Pake Headset)

Kalau dengan menggunakan mic HP suara yang dihasilkan masih kurang jelas, kamu bisa menggunakan mic eksternal, seperti headset.

Cara ini juga bisa kamu lakukan kalau kamu tidak berniat untuk melakukan servis HP karena mengeluarkan biaya yang tidak murah.

8. Factory Reset

Factory reset sendiri adalah sebuah mode yang berfungsi untuk mengembalikan sistem HP menjadi setelan awal pabrik nya dengan menghapus semua data di HP tersebut.

Dengan menggunakan cara ini, data sistem yang menyebabkan mic menjadi error akan terhapus.

Dan nantinya akan digantikan dengan data sistem baru yang tentunya akan mengembalikan fungsi mic seperti semula.

HP Muncul Mode Headset, Ketahui Solusinya

9. Servis

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki masalah pada mic adalah dengan membawanya ke service center.

Dengan membawanya ke service center, kamu tentunya membutuhkan waktu dan juga biaya supaya mic dapat berfungsi kembali.

Penutup

Masalah pada mic dapat menyebabkan beberapa aplikasi komunikasi seperti WhatsApp dan Line tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Dengan memahami cara memperbaiki masalah pada mic di atas, kamu dapat dengan mudah mengembalikan fungsi mic seperti semula.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^