Di zaman yang serba digital seperti ini penggunaan HP tentunya akan menjadi lebih sering. Hal ini tentu akan secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja dari baterai tersebut.

Pemakaian HP dengan waktu yang terus menerus tanpa henti akan membuat baterai menjadi terlalu panas. Akibatnya, HP bisa jadi akan mengalami:

Suhu baterai yang panas bukanlah satu-satunya penyebab dari kerusakan pada HP. Suhu baterai yang terlalu rendah pun dapat membuat baterai menjadi rusak dan berpengaruh ke komponen lainnya yang terdapat di dalam HP.

Maka dari itu, sangat penting untuk Kamu mengetahui cara perbaiki suhu baterai terlalu tinggi, rendah, dijeda.

Kode Notifikasi Baterai HP

Permasalahan suhu baterai yang terlalu tinggi atau rendah bisa terjadi pada seluruh merk HP android, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan merk-merk android lainnya.

Biasanya ketika suhu baterai mulai nggak normal, HP akan memunculkan notifikasi peringatan. Berikut ini adalah beberapa kode notifikasi baterai HP yang perlu Kamu perhatikan.

  • Notifikasi bahwa baterai tidak dapat mengisi daya yang biasanya berbunyi “Pengisian baterai dijeda, suhu baterai terlalu tinggi”.
  • Informasi bahwa pengisian daya baterai dijeda karena suhu HP terlalu rendah.
  • Informasi yang berbunyi “Charging paused, battery temperature too low”.
  • Notifikasi peringatan yang berbunyi “Charging paused, battery temperature too high”.
  • Kalau suhu baterai sudah terlalu tinggi, biasanya akan muncul notifikasi yang berbunyi “Power off: Battery temperature is over 60, your device will shut down in 1 seconds”.

kalau suhu baterai terlalu panas hingga menyebabkan HP menjadi tiba-tiba mati, itu artinya baterai pada HP tersebut sudah mengalami kerusakan dan kemungkinan ketika dinyalakan kembali hanya akan muncul logo termometer saja.

Cara Mengecek Suhu Baterai

Untuk sebagian besar perangkat HP android belum memiliki fitur untuk mengecek suhu baterai yang sedang digunakan.

Maka dari itu, untuk menghindari suhu baterai yang terlalu tinggi atau rendah Kamu perlu mengunduh aplikasi untuk mengecek dan menampilkan suhu baterai.

Tidak hanya suhu baterai saja, aplikasi ini juga dapat mengecek suhu CPU pada HP yang sedang Kamu gunakan.

  1. Download dan install aplikasi Cool Tool yang terdapat pada playstore.
  2. Setelah aplikasi Cool Tool sudah terinstall pada perangkat yang Kamu gunakan, Kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan pilih simbol titik tiga pada layar utama lalu pilih opsi “Izinkan menarik di atas aplikasi lain”.
  3. Setelah itu Kamu bisa mengecek notifikasi suhu CPU dan baterai di perangkat HP yang sedang digunakan

Penyebab Baterai Suhunya Terlalu Tinggi / Rendah

Baterai yang suhunya sangat panas / rendah tidak hanya karena faktor kondisi lingkungan sekitar.

Bisa jadi penyebab dari masalah tersebut terdapat pada komponen hardware di dalam HP yang sudah rusak.

Kamu tentunya harus memahami penyebab dari baterai yang suhunya terlalu panas agar dapat menggunakan cara yang tepat.

#1. Charger yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Perangkat HP yang baterainya memiliki suhu terlalu panas bisa jadi karena kapasitas output daya charger yang digunakan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan HP tersebut.

Hal ini dapat terjadi karena HP tidak menggunakan charger bawaan pabrik yang telah disesuaikan dengan spesifikasi daya yang dibutuhkan HP tersebut.

#2. Konektor Charger Rusak

Salah satu penyebab dari baterai HP yang terlalu panas bisa jadi karena komponen konektor pada HP tersebut sudah rusak.

Konektor sendiri berfungsi sebagai penghubung antara charger dan baterai yang terdapat di dalam baterai. kalau konektor rusak, otomatis baterai tidak  bisa menerima daya yang disalurkan oleh charger.

#3. Baterai Sudah Rusak

Kalau kedua komponen diatas dalam kondisi normal, bisa jadi baterai yang Kamu gunakan lah yang sudah mengalami kerusakan.

Baterai tentunya juga memiliki masa pakai yang kalau sudah melewati batas masa pakainya akan mengalami kerusakan.

Kerusakan pada baterai juga bisa disebabkan karena pemakaian perangkat HP yang terus menerus tanpa henti.

Tambahan: Bisa Nggak Sih Baterai Tanam Kita Ganti

Cara Perbaiki Suhu Baterai yang Terlalu Tinggi/Rendah/Dijeda

Setelah memahami penyebabnya, Kamu tentunya juga harus mengetahui cara mengatasi suhu baterai yang terlalu tinggi dan rendah.

Cara-cara yang akan saya jelaskan cukup simpel dan dapat Kamu lakukan sendiri.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki suhu baterai yang terlalu rendah dan terlalu tinggi untuk perangkat HP android yang Kamu gunakan.

#1. Ganti Charger HP

Kalau penyebab dari suhu baterai yang terlalu tinggi/rendah adalah dari charger itu sendiri, tentunya satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti charger HP tersebut.

Biasanya charger yang membuat baterai bermasalah memiliki tegangan output yang nggak sesuai dengan spesifikasi dari HP tersebut.

Maka dari itu, Kamu perlu mencari charger yang tegangan outputnya sesuai dengan spesifikasi dari HP yang digunakan.

#2. Ganti Baterai

Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya, baterai yang sering menjadi panas padahal baru digunakan bisa jadi karena baterai tersebut memang sudah rusak.

Hal ini bisa terjadi karena tegangan nggak stabil yang mungkin saja disebabkan karena umur baterai yang sudah terlalu tua. Maka dari itu, sebaiknya Kamu mengganti baterai original dari merk HP tersebut supaya awet. 

#3. Gunakan Charger Desktop

Jika ketika pengisian daya terdapat notifikasi “pengisian baterai dijeda”, Kamu bisa menggunakan charger desktop untuk melanjutkan pengisian daya baterai.

Namun perlu Kamu perhatikan kalau cara ini hanya bisa digunakan untuk HP dengan tipe baterai removable atau baterai yang dapat dilepas dari casing HP.

#4. Reset HP

Baterai HP yang sering mengalami panas tiba-tiba bisa jadi karena terdapat kerusakan sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, Kamu bisa melakukan reset HP agar data sistem yang mengalami kerusakan dapat terhapus dan mengganti dengan sistem yang baru.

Namun kalau melakukan reset masih belum mengatasi masalah tersebut, Kamu bisa melakukan flashing ulang.

#5. Servis HP

cara mengatasi suhu baterai terlalu rendah dan tinggi yang terakhir adalah dengan membawanya ke service center.

Hal ini bisa Kamu lakukan kalau semua cara sebelumnya masih belum bisa memperbaiki suhu baterai yang terlalu tinggi/rendah.

Di dalam HP sendiri terdapat sebuah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi suhu, yaitu termistor. Nah untuk mengecek termistor sendiri harus membongkar komponen-komponen lainnya yang harus dikerjakan oleh ahlinya.

Maka dari itu, untuk menjaga keamanan komponen lainnya lebih baik Kamu membawanya ke service center.

Kesimpulan

Cara memperbaiki suhu baterai yang terlalu tinggi/rendah tergantung dari penyebab dari masalah tersebut. Jadi Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari suhu baterai yang sering menjadi tidak stabil.

Cara yang sudah saya jelaskan diatas dapat digunakan untuk semua perangkat dan tipe HP android seperti Xiaomi 4a, Samsung M2, Oppo A5S, dan masih banyak lagi.

Author

Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^

Write A Comment