Daftar Platform Terbaik Untuk Membuat Aplikasi

Platform Buat Aplikasi

Jika kalian pernah ingin membuat aplikasi setelah terpikir suatu ide, kalian berada di tempat yang tepat. Membuat aplikasi yang berguna, dan sekaligus ringan adalah impian banyak orang. Menciptakan sesuatu yang inovatif juga, tentu akan mendatangkan keuntungan dengan sendirinya.

WinRAR misalnya, software yang sangat ringan ini bekerja dengan metode yang sederhana, namun dengan fungsi yang luar biasa. Untuk menzip dan unzip files, tentu nama WinRAR bukanlah sesuatu yang asing. Bisa dibilang untuk hal ini, WinRAR adalah software terbaik, dan mudah untuk di download. Nah, bisakah kalian menjadi inovator untuk software seterkenal Winrar ini?

Kebanyakan orang, cenderung mengalami masalah di bagian coding. Ya, membuat aplikasi memang butuh coding. Meskipun sekarang ada program khusus yang bisa mempermudah, tapi tetap terkadang ada saja kendala-kendala tertentu.

Nah, kabar baiknya di pasar smartphone saat ini, membuat aplikasi bisa dikatakan lebih mudah. Bahkan kamu tidak memerlukan pengetahuan atau pengalaman coding. Juga apapun tujuan kamu membuat aplikasi, untuk informasional, komersil dan lain-lain, kamu bisa melakukannya. Asalkan planning yang dilakukan sudah tepat.

Berikut ini akan dibahas daftar situs atau tools yang bisa dipakai untuk kamu yang ingin memulai membangun aplikasi. Silahkan disimak.

1. Appery.io

Appery adalah salah satu platform cloud untuk membuat aplikasi, yang bisa kamu pakai untuk membuat aplikasi multi-device, seperti Android dan iOS.

Karena platformnya menggunakan basis dengan sistem cloud, kamu tidak perlu mendownload atau memasang aplikasinya. Bukan itu saja, platform Appery ini juga memiliki visual editor untuk membangun UI dengan sistem drag and drop.  Sehingga prosesnya jadi lebih mudah.

Appery memiliki kemampuan untuk menghasilkan kode untuk komponen apa pun yang kalian masukkan. Kalian dapat terhubung ke REST API dan menggunakannya di aplikasi kalian, serta bisa langsung menambahkan database cloud dan backend ke aplikasi jika kalian memang perlu menyimpan data.

Kalian juga dapat menambahkan fungsionalitas tertentu dengan plugin Appery, atau membuat plugin pribadi kustom sendiri. Jadi, jika kalian bekerja dengan tim, kalian dapat berkolaborasi, dan bertukar pikiran secara real time. Meskipun dengan biaya tambahan, tapi tenang saja, jumlahnya tidak begitu banyak.

Untuk harganya, satu paket dihargai mulai dari $60 setiap bulannya untuk pilihan paket Pro, $135/bulan untuk kalian yang bekerja secara tim, dan ada harga khusus yang disediakan untuk level perusahaan.

2. Mobile Roadie

Mobile Roadie adalah tool yang tepat bagi siapa saja yang ingin membuat sebuah  aplikasi iOS atau Android mereka sendiri. Menariknya dari tool ini ialah, proses pembuatan aplikasinya yang disajikan dengan interface visual yang apik dan cantik.

Mobile Roadie ini mendukung semua jenis media, dan juga dilengkapi dengan pengimporan otomatis untuk Twitter, Google News, atau bahkan RSS. Ada juga fan wall yang selalu diperbarui secara real time (otomatis) untuk pengguna.

Kalian dapat meninjau aplikasi yang kalian buat secara akurat melalui back-end Mobile Roadie, seperti yang dilakukan pengguna di perangkat mereka masing-masing. Mereka juga akan memandu proses publishing di App Store, dengan Mobile Roadie yang akan selalu memeriksa kualitas dan kesesuaian konten kalian.

Mobile Roadie juga memberi kalian opsi untuk mengirimkan pemberitahuan notifikasi. Ini bisa berupa konten dari situs kalian sendiri atau melalui platform itu sendiri. Jadi, pengguna bisa selalu update dengan konten, berita, atau informasi yang disajikan dari aplikasi kalian.

3. TheAppBuilder

TheAppBuilder menyediakan rangkaian aplikasi yang sesuai dengan karyawan, klien, serta perusahaan melalui pendekatan yang berbeda. Ini mungkin platform untuk digunakan jika kalian mendesain aplikasi sebagai karyawan perusahaan.

Kalian dapat membangun aplikasi menggunakan sebuah kit yang bisa diunduh secara online, dan nanti akan ada pelatihan yang diberikan sebagai pedoman awal untuk pembentukan dan pengembangan aplikasi, beserta dengan konten apa yang sekiranya menarik bagi pengguna.

Ada juga AppLibrary khusus, yang berguna untuk memberi pengguna jendela ke beberapa aplikasi dan menyesuaikannya dengan aplikasi kalian sendiri. Kalian juga bisa membentuk jaringan yang leih aman dengan nama dan kata sandi pribadi, yang dibagikan melalui toko aplikasi. Dalam melalukan langkah ini, salah satu fitur TheAppBuilder, yakni Active Directory bisa dimanfaatkan.

4. Appy Pie

Appy Pie bukanlah nama dari sebuah jajanan. Apple Pie disini adalah salah satu tools untuk membuat aplikasi dengan sistem cloud, yang memungkinkan kalian untuk membangun aplikasi sendiri, meskipun tanpa adanya kemampuan yang tinggi dalam hal pengodean.

Karena memang basisnya cloud, pengguna tidak perlu lagi mengunduh dan menginstall data-data dalam jumlah besar. Semua halaman bisa diakses secara online, tanpa ada masalah apapun. 

Semua revisi dilakukan secara real time, dengan adanya fitur push notification, memonetisasi dengan iklan, melihat analitik langsung, dan melacak lokasi dengan menggunakan sistem berbasis GPS. 

Kalian juga dapat mengintegrasikan beberapa media, entah itu dalam bentuk web, radio, atau apapaun, sekaligus. Saat menggunakan platform ini, kalian akan disuguhkan dengan tema yang berbeda, mulai dari restoran hingga stasiun radio. 

Mereka juga memiliki alat penjadwalan tersendiri, yang sangat berguna untuk bisnis seperti dokter, salon, atau spa dengan fitur kontak seperti panggilan. Dengan menggunakan halaman kode, kalian juga dapat menyematkan kode khusus dan menyematkan iframe.

Dengan berbagai pilihan di atas, nampaknya sudah tidak ada alas an lagi untuk mengembangklan kreativitas kalian. Gunakan salah satu platform untuk mengembangkan ide kalian, agar suatu aplikasi yang cemerlang bisa tercipta.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^