Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Di era yang serba digital seperti saat ini penggunaan internet tentunya begitu penting bagi setiap orang. Hanya dengan menggunakan HP saja kamu sudah bisa mendapatkan informasi yang sangat up to date.

Namun pemilihan layanan kartu SIM yang bagus tersebut akan percuma kalau terjadi error yang menyebabkan kartu SIM memunculkan pesan “Tidak Ada Layanan”.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan tersebut agar HP dapat digunakan kembali.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Bukan hanya nggak bisa berselancar di internet, kalau kartu SIM muncul pesan tidak ada layanan artinya kamu juga tidak bisa melakukan aktivitas komunikasi lainnya seperti telepon atau SMS.

Tentunya hal ini membuat penggunanya sangat direpotkan terlebih kalau sedang dalam kondisi penting.

Nah, ada beberapa penyebab kartu SIM menjadi tidak ada layanan yang bisa kamu ketahui dibawah ini:

#1. Sistem yang Mengalami Bug atau Error

Bug di dalam sebuah sistem operasi HP biasanya terjadi karena beberapa hal, salah satunya file cache yang sudah terlalu penuh.

File cache yang dibiarkan dan nggak pernah dihapus akan mengganggu kinerja sistem yang mengakibatkan kartu SIM menjadi tidak ada layanan.

#2. Komponen HP yang Rusak

Komponen HP yang berhubungan dengan fungsi kerja kartu SIM seperti konektor atau IC PA yang mengalami kerusakan mempengaruhi kartu SIM.

Sehingga sinyal sering tiba-tiba hilang bahkan akibat terburuknya adalah HP nggak bisa menangkap sinyal itu.

#3. Kartu SIM Rusak

Kartu SIM yang menjadi tidak ada layanan bukan hanya disebabkan karena masalah pada HP saja.

Bisa jadi permasalahannya disebabkan karena memang kartu SIM tersebut yang sudah rusak dan menyebabkan fungsinya berkurang.

#4. Jaringan di Lokasi Sekitar HP Sedang Gangguan

Nah hal yang sering menjadi penyebab kartu SIM menjadi tidak ada layanan adalah karena jaringan di lokasi sekitar perangkat memang sedang gangguan.

Hal ini berkaitan langsung dengan provider yang kamu gunakan, jadi kamu bisa meminta bantuan kepada CS provider tersebut.

#5. Melewati Masa Tenggang

Jika kartu SIM yang kamu gunakan sudah melewati masa tenggang, secara otomatis provider akan memblokir kartu SIM kamu dengan memunculkan pesan “Tidak Ada Layanan”.

Kalau sudah seperti itu, kamu harus pergi ke customer center dari provider tersebut untuk mengaktifkan kembali kartu SIM yang kamu gunakan.

Baca Juga: Solusi Kalau HP Tidak Bisa Menerima Panggilan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Nah setelah memahami berbagai penyebab-penyebabnya, sekarang bagaimana cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan?

Terdapat beberapa cara untuk mengatasinya yang bisa dikatakan cukup mudah dan efektif untuk membuat kartu SIM dapat digunakan kembali.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa memahami cara memperbaikinya dibawah ini:

Catatan: Kalau HP tidak ada jaringan, baca ini

#1. Restart HP

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu.

Cara ini cukup efektif untuk membuat kartu SIM bisa normal kembali, terlebih kalau HP yang kamu gunakan sudah lama nggak melakukan restart.

Kalau perlu, kamu juga bisa menonaktifkan HP dan melepas baterai beberapa saat lalu coba nyalakan kembali.

#2. Lepas Kartu SIM, Coba Lagi

Kartu SIM yang longgar atau posisinya nggak pas pada konektor juga bisa membuat kartu SIM memunculkan pesan tidak ada layanan.

Nah untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu melepas kartu SIM tersebut, lalu memasangkannya kembali dengan benar.

Pastikan kalau kartu SIM sudah sesuai dengan posisi konektor agar konektor dapat membaca adanya kartu SIM yang masuk di perangkat HP.

#3. Coba dengan Kartu SIM Lain

Kalau dengan menggunakan kartu SIM lain perangkat HP dapat menerima sinyal dengan baik, artinya kartu SIM yang kamu pakai sebelumnya mengalami masalah atau memang tidak ada jaringan di lokasi tempat kamu berada.

Tapi kalau dengan menggunakan kartu SIM lain masih muncul pesan tidak ada sinyal, artinya terdapat kerusakan pada komponen di perangkat HP yang kamu gunakan.

#4. Nyala dan Matikan Mode Pesawat

Sistem yang mengalami bug atau error dan menyebabkan fungsi kartu SIM menjadi terganggu juga bisa diatasi dengan menyalakan dan mematikan kembali mode pesawat.

Caranya sangat mudah, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat dan tunggu selama 15 hingga 30 detik.

Dengan menggunakan cara ini, sistem akan melakukan refresh agar jaringan secara otomatis dapat muncul kembali.

#5. Clear Cache

Kalau sistem yang mengalami bug disebabkan karena file cache sudah memenuhi ruang penyimpanan HP, artinya file cache tersebut harus dihapus.

Nah pada masalah kartu SIM yang menjadi tidak ada layanan, file cache yang harus kamu hapus adalah Dalvik cache dan Partition cache.

Untuk menghapus kedua file tersebut, kamu harus masuk ke mode recovery terlebih dahulu.

Untuk masuk ke mode recovery, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol power dan tombol volume up/down secara bersamaan dan mengikuti petunjuk cara masuk mode recovery pada HP yang kamu gunakan.

#6. Bersihkan Konektor Kartu SIM

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kerusakan pada konektor akan membuat fungsi dari kartu SIM di HP menjadi berkurang atau bahkan nggak bisa dipakai sama sekali.

Kerusakan pada konektor bisa jadi karena konektor tersebut memiliki debu atau kotoran yang menumpuk.

Kotoran yang menumpuk pada konektor akan membuat kartu SIM nggak bisa terbaca, kamu bisa membersihkan konektor secara rutin dengan menggunakan tisu atau kain yang lembut.

#7. Minta Bantuan CS Provider Kartu SIM

Jaringan provider yang mengalami gangguan tak jarang juga menjadi penyebab kartu SIM tidak ada layanan atau sinyal hilang.

Gangguan tersebut biasanya ditandai dengan sinyal yang penuh tapi tidak bisa mengakses aplikasi komunikasi atau sinyal menjadi hilang secara tiba-tiba.

Terdapat dua cara untuk mengatasi hal tersebut, yang pertama adalah menunggu beberapa saat hingga sinyal dapat muncul kembali dan cara yang kedua adalah dengan menghubungi call center provider yang kamu gunakan.

Rata-rata provider di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Axis, atau Indosat sudah memiliki call center untuk menanggapi keluhan penggunanya, jadi kamu nggak perlu capek-capek datang langsung ke customer center-nya.

#8. Factory Reset (Setelan Pabrik)

Kalau cara-cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi kartu SIM yang tidak ada layanan, kamu bisa mencoba melakukan factory reset pada HP yang kamu gunakan.

Mengaktifkan fitur factory reset memiliki cara yang berbeda-beda pada setiap HP, tergantung tipe dan merknya.

Namun pada dasarnya untuk melakukan factory reset langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan back up data dengan masuk ke menu pengaturan lalu pilih opsi setelan tambahan lalu pilih opsi Buat Cadangan dan Reset. Proses back up perlu dilakukan terlebih dahulu agar data-data penting nggak ikut terhapus.
  2. Kalau proses back up data sudah berhasil, kamu bisa kembali ke halaman Buat Cadangan dan Reset lalu pilih opsi Factory Data Reset dan setelah itu tab opsi Reset Phone.
  3. Kamu bisa menunggu terlebih dahulu hingga HP yang digunakan akan otomatis merestart dan mengaktifkan mode recovery di sistem barunya.

#9. Bersihkan Kartu SIM

Selain karena konektor yang kotor, kartu SIM yang menjadi tidak ada layanan juga bisa disebabkan karena kartu SIM tersebut yang sudah terlalu banyak debu dan kotoran, terlebih kalau sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Kotoran yang menumpuk akan menyebabkan kartu SIM akan susah terbaca oleh konektor dan menyebabkan sinyal susah masuk ke perangkat HP.

Untuk cara mengatasinya mirip dengan membersihkan konektor, kamu hanya perlu menyiapkan tisu atau kain yang lembut dan membersihkan kartu SIM secara perlahan.

#10. Servis HP

Cara terakhir untuk mengatasi kartu SIM tidak ada layanan internet adalah dengan membawanya ke service center.

Hal ini harus dilakukan biasanya karena terdapat komponen di HP yang sudah rusak dan harus diganti agar fungsi kartu SIM bisa normal kembali.

Biasanya komponen yang sering mengakibatkan kartu SIM tidak berfungsi adalah konektor atau IC PA. Untuk biaya servisnya tergantung dari tingkat kerusakan dan komponen apa yang harus diganti, berkisar mulai dari 50 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Kesimpulan

Sebelum kamu menggunakan cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di atas, kamu terlebih dahulu perlu mengetahui penyebabnya.

Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa menggunakan cara yang tepat untuk memperbaiki kartu SIM yang menjadi tidak ada layanan atau no signal.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^