Cara Mengatasi Tanda Silang WiFi di HP Android

Sebagian besar jaringan WiFi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan koneksi jaringan data seluler, salah satunya adalah kecepatan koneksinya.

Tapi jaringan WiFi juga tidak terlepas dari yang namanya masalah, salah satunya adalah munculnya tanda silang di HP android.

Adanya tanda silang tersebut artinya WiFi tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Hal ini lah yang membuat kamu harus tahu cara mengatasi tanda silang wifi android.

Kenapa Ada Tanda Silang di WiFi HP?

Jaringan WiFi yang muncul tanda silang di HP biasanya diakibatkan karena gangguan pada sistem HP atau terdapat komponen router atau HP yang rusak sehingga tidak bisa menangkap jaringan WiFi yang masuk.

Kamu juga perlu untuk mengetahui beberapa penyebab dari tanda silang di WiFi HP agar bisa menggunakan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari munculnya tanda silang di jaringan WiFi pada HP:

1. Provider WiFi Mengalami Gangguan

Bisa jadi penyebab tanda silang yang terjadi di HP android disebabkan karena provider WiFi yang Kamu gunakan sedang mengalami gangguan.

Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena faktor cuaca atau jaringan memang sedang mengalami perawatan atau maintenance.

Kamu bisa menanyakan terkait gangguan tersebut di call center provider yang kamu gunakan. Biasanya pihak provider akan segera menindaklanjuti gangguan pada jaringan WiFi yang kamu gunakan.

2. Sinyal WiFi Terlalu Lemah

Sinyal WiFi yang terlalu lemah juga bisa menyebabkan HP tidak mendeteksi adanya jaringan WiFi di sekitarnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mendekatkan perangkat HP ke router/modem WiFi agar sinyal dapat terdeteksi oleh HP dengan jelas.

baca juga cara mengatasi WiFi tidak bisa ON di HP Android

3. Router atau Modem yang Sudah Terlalu Tua

Munculnya tanda silang bukan hanya disebabkan karena faktor perangkat HP ada sinyal dari provider yang digunakan, namun juga bisa jadi karena router atau modem yang kamu gunakan sudah rusak karena faktor usia.

Router yang sudah terlalu tua akan menyebabkan kinerja dari jaringan WiFi menjadi berkurang dan sinyalnya susah untuk dideteksi oleh perangkat HP.

Kalau penyebabnya disebabkan karena router yang sudah terlalu tua, tentu Kamu harus menggantinya dengan router yang versi terbaru.

4. Sistem HP yang Mengalami Bug

Bug atau error yang terjadi pada sistem HP bukan hanya membuat proses kinerja HP menjadi lebih lambat, tapi juga berpengaruh dalam fungsi menangkap jaringan WiFi.

Biasanya bug atau error disebabkan karena beberapa hal, seperti file cache yang sudah full atau terdapat aplikasi yang error dan berefek samping pada fitur WiFi pada perangkat HP android.

baca juga cara mengatasi WiFi tidak tersambung

Cara Mengatasi Tanda Silang WiFi di Android

Walaupun masalah ini jarang sekali terjadi, tapi sekalinya terjadi cukup merepotkan penggunanya.

Terlebih kalau penggunanya memang menggunakan jaringan WiFi di HP untuk keperluan pekerjaan yang cukup penting.

Nah, ada beberapa cara mengatasi tanda silang WiFi di HP android yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat seperti berikut ini:

1. Periksa Koneksi WiFi

Kadang kala koneksi WiFi mengalami gangguan disebabkan karena faktor cuaca yang buruk atau faktor perawatan jaringan (maintenance).

Jika koneksi buruk, tentunya WiFi nggak bisa menyambung dengan semua perangkat, termasuk juga perangkat HP. Kamu bisa menunggu hingga koneksi WiFi dari provider yang Kamu gunakan kembali menjadi normal.

Tapi kalau gangguan sudah terlalu lama, kamu bisa menanyakan langsung ke call center provider tersebut untuk menanyakan informasi pada jaringan WiFi yang kamu gunakan.

2. Cek Kuota Internet (Untuk Pengguna MIFI)

Bagi kamu pengguna MiFi, Kalau jaringan WiFi nya muncul tanda silang di HP bisa jadi kuota internetnya sudah habis.

Tentunya kuota adalah syarat agar kamu bisa terhubung dengan jaringan internet.

Untuk bisa tersambung kembali ke jaringan internet, kamu bisa mengisikan kuota internet kembali ke kartu MiFi yang kamu gunakan tersebut.

3. Restart HP

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tanda silang WiFi yang muncul di HP android bisa disebabkan karena sistem yang mengalami bug atau error.

Nah untuk mengatasi sistem yang mengalami bug tersebut, salah satu caranya adalah dengan melakukan restart HP.

Dengan melakukan restart HP, sistem akan kembali menjadi lebih fresh dan data-data yang membuat sistem menjadi bug akan menghilang.

4. Atur Ulang Tanggal dan Waktu

Cara mengatasi tanda silang WiFi di HP android selanjutnya adalah dengan mengatur tanggal dan waktu secara manual di HP.

Pengaturan waktu dan tanggal di dalam HP juga bisa mempengaruhi jaringan internet baik menggunakan data seluler maupun jaringan WiFi.

Kamu bisa mengatur tanggal dan waktu secara manual di menu pengaturan lalu setelah itu lakukan restart. Cek kembali apakah jaringan data seluler sudah kembali seperti normal dan apakah tanda silang pada jaringan WiFi sudah menghilang.

5. Reset Modem/Router

Kesalahan pengaturan pada modem/router yang kamu gunakan juga bisa mengakibatkan jaringan WiFi nggak terdeteksi oleh perangkat HP.

Pengaturan pada modem/router sendiri meliputi hal-hal dasar, dari username WiFi hingga pengaturan IP address.

Jika terjadi kesalahan ketika melakukan setting modem/router, kamu bisa melakukan reset agar data-data yang telah di setting sebelum akan terhapus dan kembali ke setelan awal.

Nah disana kamu bisa mengatur ulang modem/router agar tidak ada konfigurasi yang salah.

baca juga cara atasi masalah autentikasi di HP Android

6. Factory Reset HP

Cara lain untuk mengatasi tanda silang WiFi yang muncul di HP kalau penyebabnya sistem yang error adalah dengan melakukan factory reset.

Cara untuk menggunakan fitur factory reset sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu pengaturan lalu pilih opsi “Setelan tambahan”.

Setelah itu kamu bisa memilih menu “Buat Cadangan dan Reset” dan pilih opsi “Factory Data Reset” untuk memulai prosesnya.

7. Bawa ke Tempat Servis

Kalau semua cara di atas sudah kamu coba dan jaringan WiFi masih memunculkan tanda silang, artinya terdapat komponen di dalam HP yang mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki atau mengganti komponen tersebut, tentunya ahli profesional yang harus melakukannya.

Adapun untuk biaya servisnya tergantung dari tingkat kerusakan dan komponen apa yang mengalami kerusakan tersebut.

Kalau HP yang kamu gunakan masih dalam masa garansi, sebaiknya kamu menggunakan fasilitas garansi tersebut supaya nggak mengeluarkan biaya servisnya.

Kesimpulan

Beberapa cara mengatasi tanda silang WiFi pada hp android di atas bisa digunakan untuk semua jenis dan merk HP android seperti Samsung, Sony, Vivo, Oppo, dan masih banyak lagi.

Cara-cara tersebut pun cukup mudah dan efektif dalam mengatasi munculnya tanda silang WiFi di HP android.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^