WIFI Connect Tapi Tidak Bisa Browsing

WiFi Connect Tidak Bisa Browsing

WiFi Windows 10 bisa connect. Tapi waktu kita coba internet justru tidak bisa browsing. Hal ini bisa disebabkan sebab berikut:

  • Modem/router yang Kamu pakai memang sedang error
  • Atau komponen perangkat yang bermasalah.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut akan dijelaskan cara mengatasnya.

Mengapa WiFi Windows 10 Connect Tapi Tidak Bisa Browsing?

 Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Browsing?

Untuk mengecek penyebabnya, kamu bisa coba untuk menyambungkan jaringan WiFi ke perangkat lainnya, seperti smartphone atau laptop lain.

  • Kalau pada perangkat lain jaringan WiFi dapat melakukan browsing, artinya masalah terdapat di perangkat yang kamu pakai.
  • Tapi kalau nggak berhasil terkoneksi dengan jaringan WiFi walaupun sudah menggunakan perangkat lain, itu berarti modem/router yang Kamu gunakan sedang error.

Khusus no internet access bisa baca artikelnya ya

Mengatasi Masalah WiFi Tidak Bisa Browsing (Dari Router)

Modem/router yang tidak bisa menyambung ke jaringan internet biasanya karena memiliki versi yang terlalu lama atau sudah terlalu lawas.

Jadi antara modem/router dan perangkat yang digunakan tidak terjadi sinkronisasi jaringan WiFi yang normal. Atau kamu juga bisa pakai beberapa solusi berikut:

#1. Melakukan Reset Modem/Router

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan merestart modem/router yang Kamu gunakan.

Kamu bisa menonaktifkan jaringan modem/router dan tunggu hingga sekitar 10 detik lalu aktifkan kembali.

Dengan cara ini biasanya modem/router dapat terkoneksi dan perangkat yang Kamu gunakan bisa melakukan browsing kembali.

#2. Mengganti Channel Modem/Router

Mengganti Channel Modem/Router

Untuk mengubah channel router, pastikan terlebih dahulu Kamu sudah memasang menu settings router di perangkat yang digunakan.

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan membuka menu settings pada router yang Kamu gunakan, lalu klik menu ‘Wireless”.

Di menu “Wireless” terdapat pengaturan channel yang dapat Kamu sesuaikan dan nanti jaringan WiFi yang digunakan dapat melakukan browsing kembali.

Mengatasi WiFi yang Tidak Bisa Browsing di Windows 10 [Dari Sistem]

#1. Restart PC/Laptop

Restart PC/Laptop

Nah untuk cara pertama mengatasi WiFi connect tapi tidak bisa browsing di Windows 10 adalah dengan melakukan restart laptop/PC yang kamu gunakan.

Terlebih kalau perangkat laptop/PC sudah digunakan terlalu lama, cara ini cukup membantu jaringan WiFi untuk dapat terhubung kembali dengan perangkat yang Kamu gunakan.

#2. Cek Provider, Apakah Sedang Gangguan?

Cek Provider, Apakah Sedang Gangguan?

Jaringan WiFi maupun jaringan seluler pasti menggunakan provider dalam memancarkan jaringan internetnya.

Nah, masalah WiFi yang telah terhubung dengan perangkat tapi tidak bisa digunakan untuk browsing di Windows 10, bisa terjadi karena provider yang Kamu gunakan sedang mengalami gangguan.

Untuk mengatasi masalah ini Kamu bisa bertanya langsung kepada pihak provider yang bersangkutan.

#3. Cek Setting Proxy

 Setting Proxy

Cara selanjutnya kamu perlu melihat pengaturan proxy.

Proxy sendiri adalah sebuah pengaturan yang berfungsi sebagai perantara pada jaringan yang terhubung ke internet.

Untuk mengatur proxy pada perangkat laptop/PC, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu Control Panel dengan cara mengetiknya pada kolom search di bagian taskbar windows.
Control panel di menu task bar
  1. Setelah jendela menu control panel terbuka, pilih opsi “Network and Internet” dan masuk ke “Internet Options”.
Internet Options
  1. Kalau sudah masuk ke jendela “Internet Options”, klik tabConnection” lalu pilih tombol “LAN Settings” dan hilangkan centang di kolom “Proxy Server”.
  2. Setelah langkah-langkah diatas sudah Kamu lakukan, coba untuk restart perangkat yang Kamu gunakan untuk melihat apakah koneksi WiFi sudah normal.

#4. Pastikan Browser Tidak Error

 Pastikan Browser Tidak Error

Terkadang ketika mengunduh sebuah Add-ons tertentu pada browser, pengaturan pada browser tersebut akan ikut berubah dan mengakibatkan jaringan WiFi nggak terdeteksi oleh browser.

Kamu bisa atasi dengan cara atur kembali ke settingan default pada browser:

  1. Masuk ke pengaturan “Network” yang terdapat pada masing-masing browser
  2. Klik “Settings” pada kolom jaringan.
  3. Setelah halaman “Settings” terbuka, pastikan bahwa settings proxy pada browser sudah tidak di centang.

Tutup browser lalu buka lagi.

#5. Pastikan Tidak Terhubung Menggunakan VPN

Pastikan Tidak Terhubung Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) memiliki fungsi untuk membuat sebuah koneksi jaringan berbeda dari jaringan publik yang disediakan oleh jaringan operator.

Namun penggunaan VPN pun memiliki dampak negatif bagi perangkat yang Kamu gunakan, salah satunya adalah jaringan WiFi yang tidak bisa digunakan untuk browsing di Windows 10.

Agar jaringan WiFi yang Kamu gunakan kembali normal, pastikan terlebih dahulu jaringan VPN di telah digunakan sebelumnya agar dinonaktifkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Muncul Tanda Silang

#6. Setting DNS

Setting DNS

Salah satu pengaturan jaringan yang tersedia dalam sistem operasi Windows adalah DNS.

Biasanya DNS sudah di setting secara otomatis kalau Kamu sedang terhubung ke jaringan internet.

Namun kalau jaringan internet tidak bisa berjalan walaupun sudah terkoneksi, Kamu perlu melakukan setting ulang secara manual pada menu control panel.

  • Buka menu Control Panel melalui kolom Taskbar
  • Kalau menu control panel sudah terbuka, masuk ke opsi “Network and Internet” lalu buka “Network and Sharing Center” pada halaman selanjutnya.
  • Kalau jendela “Network and Sharing Center” sudah terbuka, pilih “Change Adapter Settings” lalu klik kanan dan pilih “Properties” pada jaringan yang sedang Kamu gunakan.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengatur DNS menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
  • Langkah terakhir yaitu disconnect terlebih dahulu jaringan WiFi yang sedang digunakan lalu connect kembali dengan jaringan WiFi yang sama.

#7. Flush DNS

Flush DNS

Kalau dengan melakukan settings DNS masih belum berhasil, Kamu bisa menggunakan cara selanjutnya untuk mengatasi jaringan WiFi yang nggak bisa melakukan browsing, yaitu dengan flush DNS.

Flush DNS, kalau di Windows 10 sendiri berfungsi untuk mengatur kembali informasi pada domain yang akan dituju baik itu name server atau sejenisnya dengan data yang baru.

Untuk menggunakan cara flush DNS, Kamu perlu membuka menu CMD terlebih dahulu dan masukan perintah “ipconfig/flushdns” lalu tekan Enter.

Kalau proses flush DNS telah berhasil, lakukan restart perangkat yang Kamu gunakan agar jaringan WiFi dapat digunakan kembali untuk melakukan browsing.

#8. Gunakan Fitur ‘Troubleshoot

 Gunakan Fitur 'Troubleshoot'

Dengan menggunakan fitur troubleshoot Kamu bisa mengatasi mengetahui letak kesalahan sistem dan mengatasi jaringan WiFi yang tidak bisa melakukan browsing.

Lengkapnya:

  1. Buka menu control panel pada perangkat laptop/PC
  2. Masuk ke opsi “Network and Internet”.
  3. Kalau jendela “Network and Internet” telah terbuka pilih opsi “Network and Sharing Center” lalu klik “Troubleshoot Problems” dan pilih jenis masalah yang Kamu alami.
  4. Setelah itu Kamu bisa melakukan restart perangkat yang Kamu pakai agar jaringan WiFi dapat normal kembali.

#9. Reset Modem/Router

Router memiliki fungsi sebagai media untuk menyambungkan jaringan WiFi ke perangkat.

Namun router juga terkadang tidak jarang mengalami gangguan yang menyebabkan jaringan WiFi terganggu.

Maka dari itu, tidak ada salahnya Kamu mencoba untuk menonaktifkan jaringan WiFi tersebut selama 10 detik lalu aktifkan kembali.

#10. Pastikan Driver WiFi Sudah Paling Update

 Pastikan Driver Paling Update
  1. Untuk memastikan driver yang Kamu gunakan sudah update, Kamu bisa membuka menu Device Manager lalu buka opsi “Network Adapters”.
  2. Setelah itu pilih driver WiFi yang sedang Kamu gunakan lalu klik kanan dan pilih opsi “Update driver”.
  3. Kalau versi driver yang Kamu gunakan belum update, maka secara otomatis driver akan melakukan update setelah Kamu memilih opsi “Update driver” tersebut.

#11. Install Ulang Windows

 Install Ulang Windows

Cara terakhir yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi WiFi yang tersambung tapi nggak bisa melakukan browsing adalah melakukan install ulang Windows.

Dengan melakukan install ulang, seluruh file system yang terdapat di perangkat laptop/PC akan diperbaharui tidak terkecuali pada file driver WiFi yang berfungsi untuk mengkoneksikan jaringan.

Kesimpulan

Beberapa cara mengatasi WiFi Connect tapi tidak bisa browsing di Windows 10 tadi cukup mudah dipahami dan dapat dilakukan sendiri.

Selain perlu memahami cara mengatasinya, Kamu juga perlu memahami penyebab dari permasalahan tersebut agar dapat mengambil cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Baca Juga Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^