Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung/No Internet Access

Hampir semua aktivitas saat ini menggunakan jaringan internet sebagai salah satu medianya.

Salah satu cara untuk mendapatkan akses internet adalah dengan menggunakan jaringan WiFi. Jaringan WiFi sendiri dapat ditemukan di berbagai tempat dari perkantoran hingga dirumah.

Namun dibalik fungsinya, WiFi juga memiliki beberapa masalah, seperti jaringan yang tidak tersambung. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara mengatasi WiFi tidak tersambung/No Internet Acces di Android.

Kenali Penyebab WIFI Tidak Tersambung/No Internet Access

Penyebab dari munculnya no internet access pada WiFi memang sulit ditebak, oleh karena itu kamu nggak perlu terburu-buru untuk memperbaikinya.

Kamu bisa menelusuri secara detail apa yang menyebabkan jaringan WiFi menjadi tidak tersambung atau no internet access.

Kalau kamu terburu-buru dan menggunakan cara yang salah, bisa jadi jaringan WiFi akan semakin semakin error dan malah lebih susah untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi WIFI Tidak Tersambung/No Internet Access

Nah setelah kamu menemukan penyebabnya, langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui cara mengatasi WiFi tidak tersambung ke HP dengan tepat.

Cara-cara yang akan saya jelaskan di bawah adalah cara yang cukup efektif untuk mengembalikan jaringan WiFi kembali menjadi normal.

Kamu bisa mengikuti beberapa cara serta langkah-langkah untuk memperbaiki jaringan WiFi yang tidak tersambung di bawah ini:

1. Restart HP

Untuk cara pertama untuk mengatasi WiFi no internet access di android cukup sederhana, kamu hanya perlu melakukan restart HP.

Tujuan melakukan restart adalah agar beberapa data yang mengalami error pada sistem dapat ter-refresh dan HP dapat menangkap sinyal WiFi dengan baik.

Kalau hanya dengan melakukan restart jaringan WiFi masih belum bisa terdeteksi oleh HP, Kamu bisa menonaktifkan HP lalu melepas beberapa komponen seperti kartu SIM, memori, dan baterai lalu diamkan beberapa saat.

Tujuannya agar sistem tidak mendapatkan daya terlebih dahulu supaya ketika HP diaktifkan kembali sistem menjadi lebih fresh dan data yang mengalami bug atau error sudah hilang.

2. Ubah Setelan IP Address

Cara selanjutnya untuk mengatasi WiFi no internet access di android adalah dengan mengubah setelah IP address.

Namun untuk melakukan hal ini Kamu harus memiliki izin untuk mengakses jaringan WiFi tersebut dan memastikan jaringan WiFi yang digunakan bersifat publik atau pribadi.

Nah untuk mengubah setelan IP address jaringan WiFi, kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke menu pengaturan lalu pilih opsi “WiFi”.
  • Setelah masuk ke menu “WiFi”, pilih jaringan WiFi yang ingin kamu gunakan dengan menekan dan menahannya hingga masuk ke halaman pengaturan WiFi tersebut.
  • Kemudian kamu bisa memilih opsi “Ubah Jaringan” lalu mengubah IP address menjadi 1.1.1.1.
  • Kalau di HP yang kamu gunakan terdapat kolom “Gateway”, “DNS 1”, atau “DNS 2”, biarkan kolom tersebut kosong, lalu Kamu bisa tab opsi “Simpan”.
  • Kalau semua langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, kamu bisa melakukan proses tersebut kembali dari awal namun dengan mengubah setelah IP statik menjadi DHCP yang tujuannya untuk mendapatkan IP address tersebut.
  • Untuk langkah terakhir, kamu bisa mencoba kembali jaringan WiFi tersebut untuk mengecek apakah jaringan sudah bisa digunakan atau tidak.

3. Cek Koneksi Wifi

Penyebab dari WiFi yang tidak bisa tersambung ke HP bisa jadi disebabkan karena koneksi WiFi yang kamu gunakan terlalu lemah.

Hal ini mungkin saja dikarenakan terdapat gangguan pada provider atau layanan internet yang kamu gunakan hingga membuat WiFi menjadi tidak tersambung.

Jaringan WiFi yang mengalami gangguan dapat terjadi karena faktor cuaca atau faktor non teknis lainnya. Jika permasalahannya seperti itu, kamu bisa menunggu beberapa saat hingga jaringan WiFI kembali menjadi normal.

Tapi kalau gangguan tersebut sudah terlalu lama, kamu bisa menelpon call center layanan provider WiFi yang digunakan.

4. Restart Modem

Modem/router yang digunakan secara terus menerus tanpa henti tentu akan mempengaruhi kinerja dari modem/router itu sendiri.

Modem yang tidak pernah melakukan restart bisa menyebabkan jaringan WiFi sering putus secara tiba-tiba, lebih lemot, hingga tidak bisa tersambung ke HP.

Modem yang terus digunakan tanpa henti juga akan membuat suhu modem menjadi panas yang juga akan mempengaruhi koneksi WiFi tersebut.

Oleh karena itu, kamu bisa mematikan modem selama beberapa detik lalu mencoba menyalakannya kembali agar modem menjadi lebih fresh.

5. Mode Pesawat untuk Beberapa Saat

Mode pesawat sendiri berfungsi untuk menonaktifkan mobile data yang berguna agar HP tidak bisa mendeteksi adanya sinyal provider operator seluler maupun WiFi.

Nah kalau WiFi yang kamu gunakan tidak bisa tersambung, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat selama beberapa menit lalu kembali menonaktifkannya. Setelah itu kamu sambungkan kembali dengan jaringan WiFi yang ingin digunakan.

Biasanya cara mengatasi WiFi no internet access yang satu ini efektif digunakan untuk semua jenis HP android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan masih banyak lagi.

6. Coba di Perangkat Lain

Cara selanjutnya untuk mencoba memperbaiki jaringan WiFi yang tidak bisa tersambung adalah dengan menggunakan perangkat lainnya, seperti HP lain atau perangkat laptop/komputer.

Kalau dengan menggunakan perangkat lain jaringan WiFi berfungsi dengan baik, artinya yang bermasalah adalah pada perangkat yang Kamu gunakan sebelumnya.

Tapi kalau dengan perangkat lainnya WiFi masih belum bisa tersambung, artinya yang harus diperbaiki adalah pada jaringan atau modem yang digunakan WiFi tersebut.

7. Coba WiFi Lain

Kamu juga bisa mengatasi WiFi yang tidak bisa tersambung/no internet access dengan mencoba menggunakan jaringan WiFi lainnya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa mengetahui letak masalah yang mengakibatkan masalah tersebut terjadi.

Kalau menggunakan jaringan WiFi lain perangkat yang kamu gunakan dapat mendeteksinya, artinya masalah yang menyebabkan HP tidak bisa tersambung ke jaringan adalah pada WiFi yang digunakan sebelumnya.

Tapi kalau sudah menggunakan jaringan WiFi lain dan perangkat android masih belum bisa tersambung ke jaringan WiFi tersebut, artinya terdapat komponen yang sudah mengalami kerusakan pada perangkat android yang kamu gunakan.

8. Forget Password WiFi

Selain masalah pada provider WiFi, kesalahan password juga bisa mempengaruhi jaringan WiFi yang tersambung ke perangkat android.

Tentunya password yang dimasukan dengan password yang sudah di-setting pada modem harus sama agar perangkat bisa terhubung.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mengganti password di modem/router WiFi yang ingin disambungkan ke perangkat android dan melakukan “Forget WiFi” pada pengaturan jaringan WiFi yang biasa kamu gunakan.

Setelah masuk ke menu pengaturan WiFi, kamu bisa memasukan kembali password baru untuk jaringan WiFi tersebut yang sebelumnya sudah diubah.

9. Pastikan Tidak Diblokir oleh WiFi

Kalau perangkat android yang kamu gunakan bisa terkoneksi dengan jaringan WiFi lain namun tidak dengan yang lainnya, mungkin ini salah satu tanda kalau perangkat yang kamu gunakan sudah diblokir oleh user jaringan WiFi tersebut.

Perangkat android yang kamu gunakan sebenarnya masih bisa tersambung dengan sinyal WiFi tersebut, namun tetap nggak bisa digunakan untuk berinternet.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus melakukan unblock pada setting jaringan WiFi tersebut.

Untuk solusi lainnya, kamu bisa melakukan reset router yang tujuannya adalah untuk menghapus seluruh konfigurasi yang sebelumnya sudah tersimpan pada jaringan WiFi tersebut.

10. Factory Reset

Jika cara-cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi masalah WiFi yang tidak tersambung, kamu bisa menggunakan fitur factory reset yang tersedia di HP android.

Factory reset sendiri digunakan untuk mengembalikan setelan HP menjadi bawaan pabrik dengan menghapus semua data sistem.

Dengan dihapusnya semua data sistem yang sebelumnya sudah terpasang, maka data-data error yang menyebabkan sistem menjadi bug juga menghilang.

11. Upgrade OS

Operasi Sistem (OS) yang sudah terlalu lama dan nggak pernah di update sama sekali juga akan berpengaruh kepada kinerja HP tersebut.

Jika OS pada suatu HP nggak pernah di update, fungsi dari HP tersebut juga akan berkurang, salah satunya adalah fungsi dalam mendeteksi WiFi.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan upgrade ke OS yang versi lebih tinggi dengan secara rutin mengecek di opsi “System update” pada menu pengaturan.

12. Setting Ulang Waktu dan Tanggal

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki jaringan WiFi kembali menjadi normal adalah dengan setting ulang waktu dan tanggal HP.

Setting waktu dan tanggal dapat mempengaruhi koneksi internet karena waktu yang ada di HP berbeda dengan waktu regional yang terdapat di provider yang digunakan.

Nah maka dari itu kamu perlu melakukan setting secara manual waktu dan tanggal dan menyesuaikan dengan lokasi Kamu berada.

Kesimpulan

WiFi yang tidak bisa tersambung/no internet access tentunya akan merepotkan penggunanya karena harus tethering ke pengguna lainnya untuk mendapatkan akses internet.

Beberapa cara mengatasi WiFi tidak tersambung/no internet access di atas bisa kamu gunakan dengan mudah dan cukup efektif untuk membuat jaringan WiFi kembali dapat tersambung ke perangkat android.

Faiz Rahman
Pengguna HP dari jaman PDA, user Windows dan Linux ^^